Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Perbedaan TOEFL, IELTS, TOEIC, PTE

perbedaan toefl, ielts, pte, toeic

Sebelum mempersiapkan diri untuk menghadapi tes seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, dan PTE, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu perbedaan dari masing-masing tesnya. Sehingga akan memudahkan proses belajar nantinya. Tunggu apa lagi? Simak penjelasannya berikut ini!

Hand with pen over application form Free Photo

TOEFL ITP (TOEFL Institusional TestingProgram)

Seri Penilaian TOEFL ITP® menawarkan kesempatan kepada perguruan tinggi dan universitas, program bahasa Inggris, dan organisasi lain untuk melakukan penilaian keterampilan bahasa Inggris yang nyaman, terjangkau, dan terpercaya.

Tes TOEFL ITP Level 1 dan Level 2 dapat digunakan untuk penempatan, pemantauan kemajuan, evaluasi, pengujian keluar dan situasi lainnya. Dengan menggunakan tes TOEFL ITP, seorang guru dapat menjaga siswanya tetap pada jalur dan memiliki keyakinan akan penerapan kemampuan bahasa ke dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajari juga panduan TOEFL dan IELTS di sini.

TOEFL IBT (Internet Based Test)

TOEFL iBT adalah tes yang paling banyak diminta oleh lembaga internasional dan saat ini dipilih oleh 96% dari mereka yang mengajukan penilaian TOEFL.

Format pengujian TOEFL iBT dibagi dengan empat parameter penilaian: membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Masing-masing bagian ini memiliki skor 0-30, yang jika dijumlahkan semuanya dapat mencapai skor maksimum 120 poin.

Pelajari contoh-contoh TOEFL Test di sini.

IELTS (The International English Language Testing System)

(IELTS) adalah ujian bahasa Inggris standar yang semakin diakui akhir-akhir ini. Tes IELTS digunakan untuk menilai tingkat bahasa Inggris dari orang-orang yang ingin melanjutkan belajar atau bekerja di lingkungan berbahasa Inggris.

Sebagian besar pelamar adalah siswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri dan individu yang ingin memulai karir internasional. Saat ini, lebih dari 10.000 organisasi, publik dan swasta, menerima IELTS.

Lebih dari 3 juta orang mengikuti tes setiap tahun, menurut situs web French British Council, menjadikan tes IELTS sebagai salah satu tes bahasa paling populer di seluruh dunia.

IELTS ada dalam 2 versi:

IELTS Academic ditujukan bagi siswa yang ingin memasuki institusi pendidikan tinggi di luar negeri.
IELTS General Training memungkinkan para profesional yang ingin bekerja di luar negeri untuk mengesahkan tingkat bahasa Inggris mereka.

Pelajari fakta-fakta tentang IELTS Test di sini.

TOEIC (Test of English for International Communication)

TOEIC adalah tes yang diujikan di perusahaan maupun di sekolah. Skor tes ini dibagi menjadi dua bagian dan peringkatnya dari 0 hingga 999 poin.

Mengapa penting untuk lulus ujian?

TOEIC adalah tes bahasa Inggris profesional. Hal ini memungkinkan institusi untuk mengetahui level peserta dan apakah peserta tersebut memiliki keterampilan bahasa yang diharapkan oleh posisi tertentu atau tidak.

Pelajari juga tips menghadapi TOEIC Test

PTE (Tes Pearson Akademik Bahasa Inggris)
PTE Academic adalah tes bahasa Inggris akademik berbasis komputer yang ditujukan untuk penutur asli bahasa Inggris yang ingin belajar di luar negeri. Ini menguji Membaca, Mendengarkan dan Berbicara & Menulis.

Pertanyaan sering menguji 2 keterampilan bersama-sama, seperti mendengarkan dan membaca atau membaca dan berbicara. Seluruh tes dilakukan dalam satu sesi, berlangsung selama 3 jam dan dilakukan dengan duduk di depan komputer dalam lingkungan pengujian yang aman. Bagian berbicara dari ujian dilakukan di depan komputer. Suara peserta akan direkam dan dikirim untuk ditandai.

Salah satu keuntungan dari tes ini adalah akan mendapatkan hasil dengan sangat cepat; biasanya dalam waktu 48 jam setelah mengambil tes.

PTE juga diterima untuk aplikasi migrasi.

Ada tiga bagian tes: berbicara dan menulis (bersama), membaca dan mendengarkan.

Ada jeda 10 menit opsional antara bagian membaca dan mendengarkan.

Harga standar tes adalah $205

PTE Academic adalah tes multi level, seperti IELTS, TOEFL dan TOEIC.

Demikian pembahasan tentang masing-masing dari bentuk test preparation yang memiliki fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat!

Kamu juga dapat mempersiapkan diri lebih matang dengan tutor terbaik di Lister, daftar sekarang juga!

Lister Flyer 2 03 2