Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Perbedaan Ospek di Kampus Indonesia Dibandingkan Kampus Eropa

bahasa asing kampus luar negeri

Apa yang muncul di benak kamu jika mendengar istilah ospek?

Image OSPEK di kampus dalam negeri memang belum se-positif yang ada di luar negeri. Kalau di Indonesia, OSPEK identik dengan kegiatan perploncoan dan aksi balas dendam dari senior ke juniornya. Padahal, sejatinya OSPEK adalah kegiatan yang digunakan sebagai masa pengenalan mahasiswa baru dengan lingkungan kampusnya baik dari segi fasilitas kampus, organisasi, ektrakurikuler, dan lain-lain. Kegiatan OSPEK yang diharapkan menyenangkan dan mendidik.

Kamu bisa melihat perbedaan contoh OSPEK bernuansa positif dari negara Perancis berikut ini. Apakah kita akan menemui hal yang sama di Perancis?

ospek di kampus indonesia dan luar negeri

Kegiatan akrab dengan senior

OSPEK di Perancis adalah kegiatan yang benar-benar membuat mahasiswa akrab dengan senior, teman-teman, dan lingkungan kampus barunya.

Di sana, OSPEK bertujuan untuk memberikan informasi sebanyak mungkin kepada mahasiswa agar mereka mengetahui kehidupan kampus sebenarnya.

Tidak ada senioritas antara mahasiswa baru dan lama

Tidak ada budaya hormat yang berlebihan kepada senior di Perancis. Ospek di luar negeri ditujukan untuk memberi informasi sebanyak mungkin yang dibutuhkan oleh mahasiswa baru agar dapat mengetahui pola kehidupan kampus yang sebenarnya.

ospek kampus luar

Sehingga mayoritas senior di sana tidak memedulikan apakah kita datang sebagai mahasiswa junior atau bukan, karena jika kita membutuhkan informasi baru atau tambahan mengenai fasilitas kampus, program studi, acara jurusan, program ektrakurikuler yang ingin diketahui maka para senior akan sangat terbuka membantu. Kondisi ini menjadi sangat berbanding terbalik dengan Indonesia bukan?

Acara opsek dilaksanakan di sebuah kebun raya

Contoh alur acara ospek di kampus Perancis:

Mahasiswa baru datang di sore hari dan disambut oleh kakak kelas menggunakan kostum superhero yang membawa sayur-sayuran. Namun di masa pandemi ini, ospek dilakukan secara sederhana. Agenda ospek yang dilakukan seperti bincang-bincang, mendengarkan pengalaman dan anekdot kakak kelas dan makan minum bersama. Alkohol dilarang di area kampus jadi mahasiswa hanya berhak soda dan jus buah.

Di Perancis, para senior akan memilih 1-2 mahasiswa baru untuk dijadikan adik asuh. Para senior itu bertugas membantu adik asuh secara fisik dan moril saat berada di perkuliahan.

Namun tradisi ini hanya berlaku di sekolah yang menyiapkan mahasiswa untuk seleksi universitas elit. Sedangkan, di Prancis terdapat dua sistem paralel yaitu universitas biasa dan universitas elit.

Ajang untuk hiburan dan berbagi inspirasi

Fakta lain tentang ospek di Prancis adalah ospek sebagai ajang untuk berbagi informasi dan hiburan. Berbagai yayasan dan organisasi mahasiswa akan membuat berbagai stand. Tidak hanya untuk menggaet mahasiswa baru untuk masuk organisasi, banyak informasi penting disediakan, seperti beasiswa, lowongan training ke luar negeri, orientasi kerja, undangan untuk menjadi sukarelawan di organisasi kemanusiaan, dan lain sebagainya. Beberapa kampus menggelar pertunjukan musik, teater, bahkan kompetisi olahraga.

Datang di acara ospek jika berminat

Apakah kamu merasa tidak membutuhkan informasi yang ada di acara ospek? Jika memang tidak membutuhkan dan tidak berminat, maka kamu diperbolehkan untuk tidak mengikuti ospek. Kampus perancis Untuk menjalin keakraban dengan mereka, kamu bisa menjadi anggota klub tertentu, menjadi atlit kampus, menjadi anggota BEM dan lain-lain.

main qimg 257ec334e81c5e73ec1fd22fb5379e76 lq
Etienne glass