“Perbedaan Lengkap Antara Tes TOEFL dan IELTS”

“Perbedaan Lengkap Antara Tes TOEFL dan IELTS”

lister.co.id – Untuk mendaftar di universitas, melamar pekerjaan, atau melamar beasiswa kalian biasanya akan dimintai sertifikat kemampuan Bahasa Inggris. Sertifikat yang diakui biasanya adalah TOEFL atau IELTS. Karena keduanya bisa diterima secara internasional, banyak orang yang bingung, sebenarnya apa perbedaan dari kedua tes Bahasa Inggris ini dan tes mana yang sebaiknya diambil. Berikut adalah ulasan lengkap tentang perbedaan antara tes TOEFL dan IELTS:

  1. Singkatan

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Sedangkan IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. Keduanya merupakan jenis tes untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris bagi orang yang Bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris.  

  • Penyelenggara

TOEFL diselenggarakan oleh sebuah lembaga dari Amerika Serikat bernama ETS (Educational Testing Service). Sedangkan IELTS diselenggarakan bersama oleh British Council, University of Cambridge Esol Examination, dan IDP Education Australia.

  • Jenis

Tes TOEFL memiliki 3 jenis, PBT (Paper Based Test) atau tes tertulis, CBT (Computer Based Test) atau tes berbasis computer, dan iBT (Internet Based Test) atau tes berbasis online. Tes IBT adalah jenis tes yang biasanya umum digunakan dalam skala internasional, tapi memang ada beberapa negara yang masih menggunakan TOEFL PBT. Selain itu ada satu jenis tes TOEFL lagi yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

Sedangkan untuk tes IELTS memiliki dua pilihan modul yang bisa dipilih, yaitu modul akademik dan modul pelatihan umum. Modul akademik sertifikatnya bisa digunakan untuk mendaftar di universitas. Sementara modul pelatihan umum, sertifikatnya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan, kebutuhan imigrasi, maupun kebutuhan non akademik lainnya.

  • Aspek Penilaian

Pada tes TOEFL jenis IBT, PBT, dan CBT aspek penilaian yang diujikan meliputi Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Dan untuk jenis tes TOEFL ITP, aspek penilaiannya meliputi Listening, Structure and Written Expression. Dan Reading Comprehension. Sementara untuk tes IELTS ada empat aspek yang diujikan, yaitu Speaking, Writing, Listening, dan Reading.

Perbedaan lainnya ada pada jenis soalnya. Untuk bagian Reading, pada tes TOEFL kalian akan diberi 3 – 5 teks bacaan, lalu diikuti dengan pertanyaan pilihan ganda. Sedangkan pada tes IELTS, kalian akan diberi 3 teks bacaan dengan pertanyaan yang bentuknya beragam, tapi jarang muncul pertanyaan pilihan ganda. Untuk bagian Listening, pada kedua tes ini kita akan sama-sama mendengarkan penjelasan dari audio. Tapi pada tes TOEFL bentuk pertanyaannya pilihan ganda, sementara pada tes IELTS berbentuk isian singkat.

Untuk bagian Speaking, pada tes TOEFL kalian hanya tinggal menjawab pertanyaan seperti biasa di komputer atau kertas. Sedangkan pada tes IELTS, kalian harus berbicara dengan dengan penilai secara langsung selama kira-kira 15 menit. Di situ kalian akan diminta menjelaskan tentang diri sendiri dan membahas beberapa topik diskusi. Untuk bagian Writing, pada kedua tes kalian akan sama-sama diminta menulis dua buah esai. Bedanya, pada tes TOEFL esai akan sesuai dengan topik yang ditentukan, dan pada tes IELTS, esai juga akan mengandung penjelasan dalam bentuk tabel atau grafik.

  • Skor Penilaian

Untuk tes TOEFL jenis PBT, nilai maksimumnya adalah 677. Sedangkan untuk jenis tes TOEFL IBT, nilai maksimumnya adalah 120. Pada tes TOEFL nilai akhir merupakan hasil penjumlahan nilai yang didapatkan pada setiap bagian tes. Untuk tes IELTS, setiap bagian tes akan dinilai dengan skala 0 – 9, dan hasil akhirnya merupakan rata-rata dengan skala 0 – 9 juga.

  • Bahasa yang Digunakan

Walaupun keduanya merupakan jenis tes Bahasa Inggris, tes TOEFL menggunakan Bahasa Inggris bergaya Amerika, sedangkan tes IELTS menggunakan Bahasa Inggris dari British. Keduanya sebenarnya mirip, hanya ada beberapa kalimat dan ejaan yang berbeda.

  • Durasi tes

Tes TOEFL memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 4 jam. Sedangkan untuk tes IELTS hanya akan memakan waktu sekitar 2 jam 45 menit.

baca juga

Banyak yang menganggap sertifikat tes TOEFL hanya diterima di Amerika Serikat saja, sedangkan untuk sertifikat tes IELTS hanya diterima di UK dan Australia saja. Untungnya sekarang banyak universitas dan perusahaan yang menerima kedua sertifikat hasil tes ini tanpa membeda-bedakan. Walaupun masih ada juga yang hanya menerima salah satunya. Jadi sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mengambil tes, periksa dulu persyaratan sertifikat yang kalian butuhkan. Semoga sukses!