Pentingnya Menguasai Bahasa Asing dalam Dunia Kerja

https://lister.co.id/ Cakupan dunia kerja saat ini sudah semakin luas. Tidak ada lagi batasan geografis antara satu negara dengan negara lain. Apalagi di era world trade yang membebaskan jalur perdagangan lintas negara, siapa saja dapat menjadi bagian dari ekonomi global. Oleh karena itu, menguasai bahasa negara lain akan sangat memberikan benefit bagi Anda.

Di Indonesia semakin banyak perusahaan multinasional yang membutuhkan SDM untuk menghandle pekerjaan di cabang luar negeri. Pada kondisi semacam ini, bahasa Inggris sudah bukan lagi opsi untuk dipelajari, melainkan sebuah keharusan. Di samping bahasa Inggris, tidak ada ruginya mempelajari bahasa lain yang paling banyak dipakai seperti bahasa China, bahasa Jerman, dan sebagainya.

Dalam lingkup profesional, kemampuan bahasa seseorang menjadi aspek penting yang patut dipertimbangkan. Ibarat ada 10 kandidat karyawan yang akan dijadikan manager cabang sebuah perusahaan multinasional. Maka orang yang mempunyai kemampuan bahasa (khususnya penguasaan asing) akan menjadi prioritas untuk dipilih. Inilah pentingnya menguasai bahasa asing dalam dunia kerja yang dapat Anda jadikan semangat untuk belajar bahasa lain sebanyak-banyaknya.

Memperluas Kesempatan Kerja

Orang yang mahir berbahasa asing akan mendapatkan kesempatan kerja lebih luas. Kemampuan komunikasi menjadi modal utama untuk merambah dunia kerja secara internasional, sehingga orang-orang yang dapat berkomunikasi dengan baik (setidaknya speaking dan listening) menggunakan bahasa asing tidak akan bermasalah dengan perbedaan bahasa.

Orang yang menguasai bahasa asing juga bisa melamar kerja di tempat lebih banyak, tidak hanya terbatas perusahaan nasional saja. Apalagi jika kemampuan berbicara asingnya mahir, pasti tidak akan sulit mendapatkan kerja di perusahaan internasional. Bahkan tidak menutup kemungkinan ia bisa melamar langsung ke perusahaan di luar negeri.

Banyak perusahaan saat ini yang mengharuskan karyawan maupun calon karyawan untuk menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris. Semakin bagus kemampuan bahasa asing, Anda akan menjadi karyawan yang diperhitungkan. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, semakin banyak opsi perusahaan yang dapat dimasuki.

Peluang Pengembangan Karir Lebih Luas

Ketika sudah diterima kerja di sebuah perusahaan, tentu Anda tidak ingin stuck di satu titik saja kan? Hampir seluruh karyawan menginginkan pengembangan karir atau kenaikan pangkat agar bisa mendapatkan posisi yang lebih baik. Menguasai bahasa asing ternyata dapat membuka peluang pengembangan karir yang lebih luas.

Pengembangan karir ini pun tidak hanya berhenti di satu cabang dalam negeri saja. Tidak menutup kemungkinan Anda akan ditempatkan di cabang luar negeri. Menguasai bahasa asing pun bisa menambah pengalaman kerja Anda karena bisa bertemu lebih banyak orang dalam bahasa yang berbeda. Menarik sekali, bukan?

Jika Anda ingin belajar bahasa asing pilihlah kursus yang tepat agar hasilnya maksimal. Lister.co.id ialah kursus bahasa asing yang menerapkan pembelajaran online dengan banyak opsi bahasa. Tidak hanya bahasa Inggris, ada juga bahasa Jepang, Rusia, Perancis, Korea, Arab, dan lain-lain. Bayangkan jika Anda menjadi ‘mulilingual genius’ yang menguasai banyak bahasa, tentu kesempatan pengembangan karir kian terbuka lebar.

Semakin Banyak Koneksi

Menguasai bahasa asing dapat membantu Anda memperluas koneksi hingga ke luar negeri. Jika selama ini keterbatasan komunikasi lintas negara adalah pada perbedaan bahasa, berbeda cerita kalau Anda menguasai bahasa asing. Komunikasi tidak akan terkendala. Anda pun bebas menjalin relasi dan koneksi ke banyak orang di berbagai negara belahan dunia.

Memudahkan Akses Berbagai Informasi

Semakin banyak bahasa yang Anda kuasai, semakin banyak sumber informasi yang bisa Anda akses. Untuk memajukan karir Anda harus memperbanyak skill dan informasi. Anda pun perlu belajar banyak hal seputar kerjaan Anda. Dengan menguasai bahasa asing, Anda dapat mengakses informasi dari sumber banyak bahasa.

Bayangkan jika Anda hanya paham bahasa nasional saja, tidak mungkin hal ini bisa dilakukan. Referensi Anda pun hanya terbatas pada sumber berbahasa Indonesia saja. Dengan bahasa asing, Anda pun siap bersaing secara global. Setidaknya dari aspek bahasa sudah memenuhi kriteria sebagai SDM berdaya saing global yang mumpuni dari segi skill dan kompetensi.

Membuka Cakrawala Pengetahuan Budaya Luar

Belajar bahasa asing secara tidak langsung juga mempelajari budayanya, karena bahasa merupakan produk budaya. Jadi, semakin banyak bahasa asing yang Anda pelajari, Anda pun sekaligus dapat belajar keanekaragaman budaya berbagai negara. Cakrawala pengetahuan semakin terbuka luas, Anda pun dapat menilai suatu hal dari perspektif yang beragam.

Pengetahuan tentang budaya luar ini penting Anda miliki dalam dunia kerja. Misalnya ketika Anda harus bermitra dengan rekan dari negara Korea. Tentu Anda harus paham bagaimana culture orang Korea jika menyambut tamu, bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, serta bagaimana harus bertutur kata yang baik. Jadi akan sangat menguntungkan apabila Anda paham banyak bahasa asing beserta budayanya.

Memudahkan Saat Perjalanan Bisnis

Dalam dunia kerja perjalanan bisnis adalah hal lumrah. Karyawan yang menguasai bahasa asing biasanya sering ditugaskan untuk keluar negeri, apalagi jika kemampuan bahasanya baik. Anda tidak akan kesulitasn berinteraksi dengan orang yang beda bahasa karena telah menguasainya. Anda pun tak harus pusing ketika tidak paham yang dimaksudkan lawan bicara.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri akan meningkat ketika seseorang menguasai bahasa asing. Baik ketika melamar maupun saat sudah bekerja, orang yang bisa bahasa asing akan lebih percaya diri. Sering terjadi selama proses interview yang menggunakan bahasa Inggris, non-penutur kesulitan menjawab. Bahkan tidak paham apa pertanyaan yang dimaksudkan HRD. Kondisi ini tidak akan terjadi kalau menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris.

Pada saat negosiasi pun Anda bisa lebih percaya diri kalau menguasai bahasa asing. Bayangkan jika harus berhadapan dengan klien dari luar negeri dan Anda tidak bisa bahasa Inggris, apa yang akan terjadi? Bisa dipastikan situasi menjadi awkward yang menghambat negosiasi. Lain jika Anda sudah mahir komunikasi bahasa Inggris, kepercayaan diri Anda meningkat dan negosiasi pun berjalan lancar.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh di dunia kerja jika menguasai bahasa asing. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sedini mungkin dengan belajar bahasa asing di tempat kursus yang kredibel. Lister.co.id merupakan kursus bahasa asing berbasis online yang dapat membantu Anda mempelajari bahasa asing secara fleksibel dari segi tempat dan waktu. Metode belajar yang digunakan akan menunjang kemampuan Anda berbahasa asing secara efektif sesuai jenjang kemampuan.

baca juga

Lister.co.id tidak sekadar menyediakan kursus online untuk bahasa asing, tetapi memberikan kualitas yang dibimbing langsung oleh tutor ahli. Ada juga tutor dari native speaker sehingga pembelajar akan merasakan pengalaman langsung berbicara dengan penutur asli bahasa yang dipelajari. Proses belajarnya bisa disesuaikan dengan tingkatan kemampuan yang diinginkan. Lister.co.id menggunakan standar kurikulum CEFR sebagai indikator pembelajaran yang inovatif. CEFR ini dapat memvisualisasikan kemampuan pembelajar dalam menuturkan dan memahami bahasa asing. Tak hanya itu, CEFR ini pun membuat klasifikasi pembelajar menjadi tiga golongan dasar hingga master. Dengan demikian pembelajar dapat belajar bahasa asing sesuai levelnya