Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pentingnya Belajar Business Writing Untuk Karier Internasional

Business Writing

Siapa yang tidak ingin bekerja di lingkungan internasional? Bekerja sambil belajar mengenal budaya negara lain? Tapi, takut terkendala bahasa? Begitulah yang dirasakan oleh salah seorang alumni Lister di kelas Business Writing.

Berbicara mengenai business writing untuk karir, apa sih urgensinya?

Masih banyak orang yang meremehkan kekuatan menulis. Banyak juga yang berpikir bahwa keahlian menulis hanya dibutuhkan untuk orang-orang yang bercita-cita ingin menulis buku atau jurnalis. Padahal, ada keahlian menulis sangat dibutuhkan dalam dunia perkuliahan bahkan dunia kerja yang bernama business writing.

Business Writing

Business writing adalah salah satu tipe penulisan yang digunakan dalam dunia kerja dan bersifat formal dan profesional. Tulisan yang ada di dalam business writing bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan sehingga dapat membantu para pembaca dalam mengetahui sesuatu bahkan melakukan sesuatu. Penulisan dalam business writing harus jelas, informatif, kredibel, dan relevan.

Contoh Business Writing

Surat Elektronik

Di era yang serba digital ini, hampir seluruh perusahaan menggunakan email sebagai media utama dalam berkomunikasi. Berkomunikasi lewat email dianggap lebih efektif dan cepat dibandingkan harus bertatap muka. Pengiriman email juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Penulisan email yang profesional berbeda dengan email yang kamu kirimkan kepada teman. Dalam penulisan email resmi, kamu harus tetap memperhatikan ejaan yang benar, pelafalan, dan lain-lain. Terlihat sepele namun sangat penting terlebih untuk perkembangan karir kamu.

Press Release

Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang public relation? Kemampuan menulis press release ini tentu harus kamu kuasai. Dalam press release kamu harus mencatumkan info yang detail serta informasi pendukung lainnya yang ingin ditulis dalam media. Press release harus ditulis secara jelas, singkat, namun tetap rinci. Belajar menulis press release dapat dimulai dengan berlatih ilmu jurnalistik agar lebih mudah. Makin sering belajar menulis, hasilnya akan semakin menarik namun tetap profesional.

Report

Dalam menulis report dalam dunia bisnis isinya tak hanya sekadar angka dan chart. Beberapa bentuk report diharuskan untuk diselipkan opini atau juga input sebagai pembelajaran. Salah satu kegunaan belajar menulis untuk business writing adalah menulis secara objektif. Report harus ditulis secara objektif dan berdasarkan fakta dan tak boleh menyudutkan pihak lain.

Masih ragu akan urgensi dari business writing untuk karir kamu? Simak ulasan dari kak Sylvia di bawah ini!

Woman employee speaking at phone while working at laptop late at night. busy focused freelancer using modern technology network wireless doing overtime for job reading writing, searching taking break Free Photo

Bisa dijelaskan profil kakak?

Nama Saya Sylvia Masri. Saya bekerja di Kementerian Luar Negeri RI, dan saat ini sedang bertugas di KBRI Yangon sebagai Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya.

Apa saja yang kakak dapatkan selama kelas Business Writing?

Sebagai diplomat Indonesia di negara asing, sebagian besar komunikasi dengan rekan-rekan Myanmar saya lakukan dalam Bahasa Inggris. Mengikuti kelas Business Writing Lister membantu saya untuk dapat lebih concise dalam melakukan komunikasi tulis, seperti e-mail, surat, dan nota; sehingga pesan saya dapat lebih mudah pula ditangkap oleh mereka.

Kemampuan saya menangkap inti dari suatu percakapapan atau bacaan juga diasah kembali melalui berbagai latihan mendengar dan membaca. Jadi, tentu sangat bermanfaat.

Selain itu, mengikuti kelas tersebut, merupakan penyegaran dari kegiatan kerja sehari-hari yang menyita waktu dan pikiran. I had fun!

Kelas Business Writing Lister layak direkomendasikan karena kelasnya tidak hanya bermanfaat untuk pekerjaan saya, tetapi juga menyenangkan untuk diikuti.

Bagaimana gaya pembelajaran dari Tutor yang mengajar?

Yang saya sukai adalah gaya pembelajarannya yang seru berpadu serius. Jadi, bisa seru maupun serius sesuai konteks. Bagi kaum profesional seperti saya, hal itu sangat penting karena apa yang saya pelajari berpengaruh bagi pekerjaan saya.

Menurut saya bersifat urgen karena manfaatnya saya praktekkan untuk kegiatan sehari-hari.

Adakah pesan yang sangat berkesan selama kelas?

Karena peserta yang diajar adalah kaum profesional, kami terbiasa untuk terbuka bertanya dan mengemukakan pendapat. Saya senang Pak Yudis sabar menjawab berbagai bertanyaan yang diajukan, dan jawaban yang diberikan berdasar kuat serta mengacu pengalamannya yang relevan. Jadi, semoga itu dapat dipertahankan dan dikembangkan.

Menurut Kakak, apa yang menarik dan unik dari kelas Business Writing ini?

Lebih banyak praktek daripada teori, dan itu justru sangat membantu untuk memahami aturan yang berlaku dalam Bahasa Inggris baku maupun informal.

Pembelajaran Business Writing Lister sangat membantu saya, terutama dalam berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja dari Myanmar.

Setelah membaca ulasan ini, yakin akan melewatkan pengalaman belajar business writing bersama tutor ahli di Lister? Daftar sekarang, klik banner di bawah ini! Sampai jumpa di kelas yaa!

belajar bahasa asing
belajar bahasa asing di Lister

Gambar: freepik.com