Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pengertian Teks Pidato Bahasa Asing, Struktur, hingga Contohnya

teks pidato

Kita sering sekali mendengar teks pidato disampaikan dalam acara-acara formal seperti upacara atau acara penting lainnya. Namun sudahkah kamu tahu bagaimana menyusun teks pidato yang baik? Berikut penjelasannya.

Pengertian Teks Pidato

Pidato adalah ucapan formal yang disampaikan kepada audiens dengan tujuan mempersuasi, menginspirasi, atau memberi informasi. Pidato juga dapat disebut sebagai kegiatan menyampaikan pendapat atau memberi gambaran tentang suatu hal.

Sementara itu teks pidato adalah bentuk tertulis dari pidato yang disampaikan.

Tujuan Teks Pidato

Ada beberapa tujuan seseorang menyampaikan pidato. Berikut penjelasannya.

Informatif

Bertujuan memberikan informasi kepada audiens.

Argumentatif

Bertujuan meyakinkan pendengar.

Rekreatif

Bertujuan menghibur orang lain.

Persuasif

Bertujuan meyakinkan orang lain agar mau melakukan sesuatu yang dikehendaki pembicara.

Inspiratif

Bertujuan memberikan inspirasi kepada audiens.

Struktur Teks Pidato

Umumnya pembuatan pidato dimulai dari teksnya. Walaupun begitu, ada orang yang sudah sangat ahli berpidato sehingga mampu melakukannya secara impromptu. Berikut ini penjelasan tentang struktur teks pidato.

Pembukaan

Biasanya pidato diawali dengan salam pembuka. Salam pembuka harus berupa ucapan yang mampu menarik perhatian audiens.

Kemudian ucapan penghormatan yang bertujuan menyapa audiens yang hadir. Yang terakhir adalah kata-kata pembuka yang akan mengantar ke topik utama.

Isi

Isi pidato harus berupa informasi penting. Sebaiknya informasi tersebut disertai alasan yang logis dan mendetail. Gunakan sumber yang terpercaya dan contoh yang logis. Dengan begitu, audiens dapat lebih mudah memahaminya.

Penutup

Kata-kata penutup setelah menyampaikan informasi utama, dapat berupa kesimpulan, lalu salam penutup.

Metode Membuat Teks Pidato

Gaya orang saat menyampaikan pidato berbeda-beda. Ada yang bisa melakukannya secara spontan, ada yang harus mempersiapkan teks terlebih dahulu. Simak penjelasan di bawah ini.

Impromptu

Metode pidato yang dilakukan secara spontan tanpa banyak persiapan.

Memoriter

Metode pidato dengan cara menghapal teks yang sudah dipersiapkan.

Naskah

Metode pidato dengan cara membacakan teks yang sudah dipersiapkan.

Ekstemporan

Metode berpidato dengan mempersiapkan konsep pidato secara garis besar lalu membuat catatan kecil.

Contoh Teks Pidato Bahasa Asing

Berikut ini contoh teks pidato dalam bahasa Inggris. Yang pertama adalah aktivis hak sipil Martin Luther King Jr yang disampaikan pada 1863.

I have a dream that one day down in Alabama, with its vicious racists, with its governor having his lips dripping with the words of interposition and nullification – one day right there in Alabama little black boys and black girls will be able to join hands with little white boys and white girls as sisters and brothers.

I have a dream today.

I have a dream that one day every valley shall be exalted and every hill and mountain shall be made low, the rough places will be made plain, and the crooked places will be made straight, and the glory of the Lord shall be revealed and all flesh shall see it together.”

Mengapa pidato tersebut terkenal? King menggunakan kata benda abstrak seperti dream (mimpi) yang begitu emosional. Mimpi dapat merujuk kepada fantasi, imajinasi, dan pengalaman yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. King mengulangi kata-kata “I have a dream” beberapa kali untuk menggambarkan dunia yang setara di mana kebebasan nyata.

King juga menggunakan bahasa yang sederhana dan tulus. Hal ini membuat orang terpengaruh oleh persuasinya.

King menggunakan future tense seperti “will be able“, “shall be“, dan “will be made” yang membuat mimpinya tampak nyata dan dapat diraih.

Itu tadi penjelasan tentang teks pidato, beserta contohnya. Jika kamu tertarik mempelajari bahasa asing, kamu dapat mendaftarkan diri untuk kursus di Lister, sebuah platform online untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris dan kemampuan public speaking.

Dengan waktu yang fleksibel, cara belajar yang menyenangkan, dan tutor yang bersertifikat, kamu dapat belajar sampai mahir. Untuk lebih lengkapnya, klik di sini: Kursus Public Speaking.