Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pengertian dan Jenis Summary Versi Lengkap

summary

Menulis summary terkadang menjadi tugas yang cukup membingungkan jika belum terbiasa. Ada detail yang harus diperhatikan seperti proporsi dan kualitas penulisannya. Narasi yang terlalu pendek dikhawatirkan mengurangi informasi dan nilai keprofesionalitas seseorang. Sebaliknya, narasi yang terlalu panjang bisa membuat lelah pembaca. Oleh karena itu, sebelum menulis sebuah summary yang baik dan sesuai, ada baiknya kamu membaca jenis-jenis summary di bawah ini dulu supaya mendapat gambaran!

summary, Lister

Macam-Macam Summary

Executive Summary

Executive summary adalah jenis summary yang pertama yang akan kita bahas. Jadi, jenis summary ini berisi ringkasan singkat terkait rencana bisnis yang ingin diutarakan kepada orang lain seperti investor dan lain-lain. Informasi yang ada di dalamnya berisi informasi yang menggambarkan bisnis, mulai dari produk yang diproduksi, anggaran keuangan, target pasar, dan lain sebagainya.

Broker Summary

Broker summary adalah ringkasan dari nilai jual beli dalam jangka waktu tertentu yang berbasis kode broker.

Job Summary

Job description atau uraian gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas. Uraian ini berisi gambaran apa yang harus dilakukan oleh pemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antar posisi tertentu baik di dalam maupun luar organisasi demi mencapai suatu tujuan bersama. Apabila job description telah tersusun dengan baik, maka job spesification atau spesifikasi jabatan akan mulai dikembangkan.

Account List Summary

Account list sumaru berisi ringkasan dari kegiatan/aktivitas di perusahaan agar tidak membuat akuntan merasa kebingungan dengan perusahaan. Selain itu, account list juga berguna untuk memasukkan saldo awal akun, dan proses penjurnalan transaksi serta laporan lainnya.

Professional Summary

Ringkasan resume adalah pernyataan profesional di bagian atas resume. Ini menggambarkan pengalaman, keterampilan, dan prestasi kandidat yang relevan. Tujuan ringkasan karir ini adalah untuk menjelaskan kualifikasi untuk pekerjaan tersebut dalam 3-5 kalimat dan meyakinkan manajer untuk membaca seluruh dokumen resume.

Contoh Summary

Summary dalam Bahasa Inggris

Receptionist with over 5 years’ experience working in both the public and private sectors. Diplomatic, personable, and adept at managing sensitive situations. Highly organized, self-motivated, and proficient with computers. Looking to boost students’ satisfactions scores for ABC University. Bachelor’s degree in communications.

Summary dalam Bahasa Indonesia

Insinyur Sipil dan PE yang berorientasi pada detail dengan pengalaman 5 tahun dan semangat untuk memecahkan masalah yang kompleks. Mencari untuk menggunakan manajemen proyek dan keterampilan desain yang telah terbukti untuk meningkatkan metrik kualitas, biaya, dan waktu untuk Teknik NEP.

Contoh Executive Summary

  • Project proposals (proposal projek)
  • Research documents (dokumen riset)
  • Environmental studies (projek lingkungan)
  • Market surveys (survei pasar)
  • Project plans (rencana projek)
  • Business plan (rencana bisnis)
Contoh executive summary di Lister

Ref:

Executive Summary Example – www.asana.com