Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk Kursus Bahasa Inggris

Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk Kursus Bahasa Inggris

Lister.co.id – Pandemi Covid 19 tidak hanya mempengaruhi sektor ekonomi dan kesehatan masyarakat Indonesia saja melainkan juga mempengarhi sektor pendidikan negara ini. Sebab, dengan adanya pelarangan kumpul masa melebihi 10 orang untuk menghindari penularan, lembaga lembaga pendidikan seperti sekolah dan lembaga kursus terpaksa harus diliburkan.

Hal ini menuntut banyak pihak untuk berinovasi. Salah satu inovasi yang diberlakukan selama masa pandemi adalah pendidikan jarak jauh (PJJ). Meskipun pada dasarnya metode pengajaran ini sudah ditemukan dan digunakan bahkan sebelum pandemi dimulai, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwasannya inovasi dibidang pendidikan yang satu ini baru diterapkan secara intensif semasa pandemi Covid19 berlangsung.

Inovasi ini diterapkan pada semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hinggga perguruan tinggi dan diterapkan pada semua mata pelajaran termasu bahasa Inggris. Oleh karena itu, efektivitas pemakaian inovasi ini patut dipertayakan mengingat tidak semua mata pelajaran akan tersampaikan dengan baik melalui media daring saja.

Pada artikel berikut ini kita akan membahas mengenai peluang dan tantangan penerapan pendidikan jarak jauh di Indonesia khususnya untuk pendidikan dan kursus bahasa Inggris. Namun demikian, alangkah lebih baik jika kita mengerti tentang definisi pendidikan jarak jauh (PJJ) terlebih dahulu.

Pengertian dan karakteristik pendidikan jarak jauh (PJJ)

Dalam buku Panduan Penyelenggaraan Model Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2011[1], definisi pendidikan jarak jauh adalah:

Merupakan sistem pendidikan yang memiliki daya jangkau luas lintas ruang, waktu dan sosioekonomi (Dikti:2011).

Sehingga karakteristik sistem pendidikan ini adalah sebagai berikut[2]:

  1. Keterpisahan geografis antara pengajar (guur, tutor) dan peserta didik;
  2. Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi sebagai instrument pengajaran;
  3. Penekanan terhadap kemandirian belajar siswa namun tetap diawasi oleh institusi;
  4. Keterbatasan pertemuan tatap muka;
  5. Fleksibilitas pembelajaran. Peserta didik dapat mengatur jam belajarnya sendiri sekaligus mengakses materi darimanapun dan kapanpun yang dia mau.

Sistem pendidikan ini memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Keunggulan tersebut antara lain biaya pendidikan yang relatif lebih murah dalam beberapa kasus, materi pembelajaran yang dapa diakses dimanapun dan kapanpun, serta peserta didik dan pendidik yang tidak harus berada pada lokasi yang sama.

Namun demikian, sistem ini juga memiliki beberapa kelemahan antara lain tidak semua daerah di Indonesia memiliki jaringan internet yang stabil, kontrol terhadap proses belajar mengajar yang rendah serta susahnya terbangun relasi pendidikan yang berarti antara siswa dan guru.

Oleh karena itu, peserta didik termasuk siswa sekolah dasar dan menengah dituntut untuk belajar secara mandiri. Belajar secara mandiri ini sendiri akan menimbulkan kelemahan lain dari sistem pendidikan ini yaitu peneraapan sistem pendidikan ini secara berkelanjutan atau lebih dari satu bulan, rawan membuat siswa malas belajar dan guru enggan membuat materi. Untuk mengatasi hal ini mau tidak mau orng tua juga dituntut lebih aktif mengawasi proses belajar mengajar anak mereka.

lembaga kursus bahasa inggris

Peluang dan tantangan pendidikan kursus bahasa Inggris jarak jauh di Indonesia

Mungkin bagi anda yang tinggal di Indonesia bagian barat yang notabene memiliki koneksi internet yang lebih stabil dan paparan konten berbahasa Inggris yang lebih luas, tantangan yang harus anda hadapi untuk belajar bahasa Inggris lebih kecil jika dibandingkan dengan masyarakat Indonesia bagian timur. Sebab, kondisi geografis dan infrastruktur Indonesia bagian timur masih perlu banyak pembangunan agar bisa menangkap sinyal internet dengan baik.

Hal tersebut tentu saja merupakan tantangan besar bagi masyarakat Indonesia timur yang ingin kursus bahasa Inggris menggunakan sistem pendidikan jarak jauh. Terlebih penduduk di daerah ini juga relatif lebih sulit membeli dan mengakses kuota Intenet baik karena kekurangan took pulsa ataupun karena ketidak mampuan secara ekonomi,. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila institusi pemberi beasiswa seperti Australia Awards menerapkan skor profisiensi bahasa Inggris yang berbeda untuk kedua daerah ini.

Selain tantangan pada infrastruktur dan ekonomi, kita juga harus menghadapi kenyataan bahwasanya bahasa Inggris bukan bahasa kedua bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Bahasa ini bisa jadi merupakan bahasa ketiga atau bahkan keempat setelah bahasa daerah, bahasa Indonesia atau bahasa Arab.

Selain tantangan, kursus bahasa Inggris jarak jauh juga bisa menjadi peluang untuk anda  apabila anda adalah salah satu anggota masyarakat Indonesia timur yang berhasil mendapatkan kesempatan belajar bahasa Inggris yang lebih baik. Setelah pulang ke daerah asal anda, anda bisa membuka kursus bahasa Inggris yang kredibel dan memiliki harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar anda.

Namun, apabila anda tidak bisa pulang karena terkendala transportasi akibat Covid19, anda bisa menyediakan laptop atau wifi gratis untuk membantu anak anak kampong halaman anda untuk mengikuti kursus bahasa Inggris jarak jauh yang anda bina.

baca jga

Tips mengajar kursus bahasa Inggris dalam sistem pendidikan jarak jauh

Salah satu karakteristik pendidikan jarak jauh adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta penekanan terhadap kemandirian belajar dari masing masing siswa. Jadi, anda bisa menggunakan teknologi seperti aplikasi meeting online, video dari youtube dan aplikasi lainnya sebagai bahan dan cara ajar.

Anda juga dapat meminta siswa anda untuk menulis teks subtitle dalam sebuah video berbahasa Inggris untuk menambah kosa kata dan melatih kemampuan mendengarkan bahasa Inggris siswa anda.

Sebagai tambahan, anda bisa meminta keterlibatan orang tua untuk mengawasi anak didik anda selama anak tersebut belajar di rumah. Hal ini perlu dilakukan sebab dengan belajar mandiri siswa cenderung menyepelekan pelajaran dan konsentrasinya mudah rusak karena hal hal lain. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk memastikan peran orang tua selama pendidikan jarak jauh demi terciptanya pendidikan jarak jauh yang efektif dan efisien.

baca juga

Sistem pendidikan jarak jauh memang merupakan sistem pendidikan yang inovatif dan memanfaatkan teknologi masa kini. Namun seiring dengan keunggulan yang dimilikinya, sistem ini juga memiliki berbagai kelemahan yang harus diperbaiki. Terlebih untuk negara kepulauan  seperti Indonesia, evaluasi pendidikan jarak jauh perlu dilakukan lebih sering.

Untuk anda sebagai seorang guru atau tutor bahasa Inggris, anda memiliki tantangan yang lebih besar selama pemberlakuan sistem pendidikan jarak jauh. Anda dituntut untuk kreatif dan inovatif agar anak didik anda tetap semangat belajar. Tantangan tesebut mungkin susah dilewati, tetapi susah bukan berari tidak bisa bukan?. Jadi, selamat mencoba!


[1] DIKTI(2011). “Panduan PJJ” Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020.

[2] https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_jarak_jauh#cite_note-11