Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mukbang: Definisi, Asal Usul, dan Artisnya yang Belum Orang Tahu

mukbang korea

Dalam dunia kuliner, ada istilah mukbang di Korea yang sangat terkenal hingga banyak dari masyarakat luar Korea pun ikut memainkan trend ini. Apakah kamu juga penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini.

mukbang

Definisi Mukbang

Mukbang, meokbang atau mokbang (/ mʌkbæŋ, mʊkbæŋ /; Korea: [mʌk̚.p͈aŋ] adalah rekaman visual langsung di mana seorang presenter makan banyak makanan saat berinteraksi dengan audiensnya. Biasanya melalui webcasting internet (platform streaming seperti Afreeca, Youtube, Twitch, dan lain-lain).

Mukbang menjadi populer di Korea Selatan pada tahun 2010. Mereka makan apa saja mulai dari pizza hingga pasta, di depan kamera untuk penonton internet (baik berbayar atau tidak , tergantung pada platform yang ditonton orang tersebut).

Asal Usul Mukbang Korea

Asal usul Mukbang Korea berasal dari bahasa Korea, atau Mukbang (먹방) adalah gabungan dari kata meoknun (먹는) yang berarti makan dan bangson (방송) yang berarti mentransmisikan. Jadi mukbang berarti seseorang yang menyiarkan kegiatan makanannya dan biasanya disiarkan secara langsung.

Nama Youtuber/Artis Mukbang Korea

Acara makan dengan porsi besar sudah menjadi hal umum dan banyak dilakukan orang. Mereka membagikan momen ini di beberapa portal seperti YouTube. Mukbang diperkenalkan oleh warga Korea Selatan yang kini sudah dicoba di seluruh penjuru dunia.

Dorothy

Dorothy telah memulai kariernya di YouTube sejak dulu. Saat ini jumlah subscribers-nya sudah mencapai 3,98 juta dan mempunyai 800 lebih video.

Dorothy’s Mukbang identik dengan makanan pedas. Dia juga disebut Ratu Pedas karena dia bisa memakan makanan pedas ketika banyak yang menganggapnya mematikan.

Eat with Boki

Boki sudah memiliki 4,44 juta pelanggan di salurannya. Terkenal dengan mukbangnya yang bersih dan rapi. Dia selalu makan dengan gigitan besar, tapi tetap terlihat bersih. Inilah yang membuat Boki populer di mata banyak penonton.

Dengan subtitle video yang dibuat dengan kata-kata lucu membuat kanal ini semakin dicintai. Kamu harus banget nonton video-videonya!

Heungsam

Hanya karena memakai huruf hangul bukan berarti kamu tidak bisa menemukan kanal Heungsam. Kamu dapat mengetikkan “Heungsam” pada kolom pencarian untuk menonton video-videonya.

Heungsam telah mempunyai 1,39 juta pelanggan dengan 1000 lebih video! Dia hampir setiap hari mengunggah videonya di YouTube. Uniknya dari kanal ini, dia mengajak kedua orang tuanya untuk mukbang dan makanannya dimasak sang ibu sendiri.

Demikian pembahasan tentang definisi, asal, dan nama-nama youtuber Mukbang Korea. Pelajari juga macam-macam makanan Korea lebih lengkap di sini. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Hu, Elise. “Koreans Have An Insatiable Appetite For Watching Strangers Binge Eat”.