Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mudah! Cara Membaca Kalimat Bahasa Inggris

bahasa Inggris teks

Membaca dalam bahasa asing memang susah-susah gampang. Apalagi untuk pemula, harus siap-siap otak berpikir dua kali karena selain membaca juga berusaha memahami makna bacaan dengan variasi tata bahasa dan kosakata yang berbeda. Meski begitu, kalau sudah terbiasa dengan membaca, ada banyak hal positif yang akan kita dapatkan. Selain mendapatkan informasi yang berguna juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

Berikut ini tips mudah membaca kalimat atau teks bahasa Inggris yang bisa kamu coba. Harapannya, setelah ini, bertemu teks bahasa Inggris tidak lagi menjadi momok yang menakutkan!

240 F 310395027 iVFfVOCWFUONEIoRiTk7WqU7GLTOf3QE

Pilih Bacaan yang Menantang

Saat kamu memutuskan untuk belajar membaca dalam bahasa Inggris, pilihlah bacaan yang memiliki level di atas kemampuan membaca yang kamu miliki.

Ini artinya kamu bisa mulai membaca artikel atau buku yang agak sulit. Beberapa kata dan kalimat yang akan menantang karena masih asing, tetapi kamu masih bisa memahami apa yang dimaksud teks tersebut.

Mengapa kita sebaiknya membaca teks di luar zona nyaman?

Hal ini karena membaca sesuatu yang mudah tidak akan membuat kita berkembang. Sesuatu yang mudah memang menyenangkan, tapi tidak akan mendorong kita ke tingkat selanjutnya, bukan? Pada akhirnya, bacaan yang tepat adalah yang bisa menantang diri untuk belajar lebih banyak hal lagi.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Sebelum Mulai Membaca

Sebelum lanjut membaca, ada baiknya kamu cek dulu hal yang bisa kamu lakukan supaya makin nyaman membaca!

  • Pilih waktu paling aktif, apakah kamu termasuk morning person atau tidak?
  • Tentukan goal membaca. Apakah hanya mencari informasi baru? Belajar kosa kata? atau memahami semuanya?
  • Gunakan teknik skimming dan scanning
  • Pilih pencahayaan yang terang dan tempat yang nyaman
  • Hindari kebisingan, kamu bisa sambil mendengarkan menggunakan earphone alunan reading music yang tersedia di internet.

Lanjut ke tips membaca efektif ya!

Lakukan Book Read and Review (BRR)

Dalam suatu perkuliahan di jurusan bahasa asing, ada satu mata kuliah yang menarik yaitu Book Read and Review (BRR). Apa sih maksudnya?

Book Read and Review adalah pembelajaran dimana kita dituntut untuk membaca 10-20 buku sesuai dengan genre yang diminati selama satu semester. Pembelajaran itu sangat berguna untuk melatih kemampuan membaca seseorang lho. Setelah selesai membaca satu jenis buku, kita diminta untuk menuliskan summary (ringkasan) lalu melakukan presentasi atau menceritakan kembali dalam grup kecil.

Look! Dalam satu aktivitas saja, sudah ada beberapa keahlian yang dilatih bukan? Ada kemampuan membaca, menulis, dan berbicara. Jadi tunggu apa lagi? Berani coba?

Ubah Kalimat Kompleks Menjadi Sederhana

Sekarang, setelah kamu memahami satuan kata, saatnya mencoba kalimat yang lebih kompleks. Kalimat yang memiliki struktur yang lebih rumit, selain itu kosa katanya juga lebih asing. Cara membaca dan memahaminya adalah dengan memecah kalimat kompleks menjadi sederhana (potongan – potongan kecil).

Simak contoh teks berikut ini!

“Experiments demonstrate that readers of ideograms, such as the Chinese, develop a mental circuitry for reading that is very different from the circuitry found in those of us whose written language employs an alphabet.”

Kemudian, cara mengubahnya seperti ini:

  • Experiments demonstrate that — studies show that (penelitian menunjukkan)
  • readers of ideograms — people who read characters (which show meaning instead of sounds) – (orang yang membaca karakter)
  • such as the Chinese — Chinese people are an example of ideogram readers (Orang Tionghoa adalah contoh pembaca ideogram)
  • develop a mental circuitry for reading — create paths in their brains when they read (menciptakan jalur di otak mereka ketika membaca)
  • that is very different from the circuitry — which are not like the paths (yang tidak seperti jalur biasanya)
  • found in those of us whose written language employs an alphabet — found in people who use an alphabet (ditemukan pada orang-orang yang menggunakan alfabet).

Dari potongan-potongan di atas, kita dapat memahami kalimat tadi dengan lebih baik bukan?

Kurang lebih pemahamannya seperti ini:

Studies show that people who read characters instead of an alphabet (like Chinese people, for example) have very different brain paths for reading than those of people who do use an alphabet. (Penelitian menunjukkan bahwa orang yang membaca karakter ketimbang alfabet (seperti orang Cina, misalnya) telah memiliki jalur otak yang sangat berbeda saat membaca daripada mereka yang menggunakan alfabet).

Itulah cara membaca kalimat atau teks bahasa Inggris yang bisa kamu coba di rumah ya! Sekarang, kamu juga bisa melatih 4 kemampuan bahasa Inggris (membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara) untuk keperluan berbagai test seperti IELTS, TOEFL ITP/IBT lho. Tertarik mencoba? Klik banner di bawah ini untuk mendaftar!

Kursus IELTS Online
Kursus IELTS Online

Gambar: freepik.com