Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mudah! Begini Cara Mengurus Visa ke China

Visa kuliah ke China

Mengurus visa kini menjadi mudah karena teknologi yang semakin berkembang, bukan? Apalagi banyak yang bilang kalau mengurus visa China itu salah satu yang paling mudah dibanding negara lain. Tingkat disetujuinya tinggi jadi kemungkinan pengajuanmu ditolak itu kecil. Selama kamu bisa memenuhi semua syaratnya. Kalau visa sudah di tangan, segera tancap gas ya!

Untuk kamu yang berkeinginan melanjutkan studi atau bekerja di negara Cina pasti membutuhkan visa ke sana. Belum tau caranya? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu tempuh untuk mengurus visa Cina. Baca artikel ini sampai akhir.

106818627

Cek Kembali Apakah Kamu Membutuhkan Visa

Hal penting yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah kamu memerlukan visa sebelum memulai proses berikut. Selama kamu memenuhi syarat untuk kebijakan bebas visa China, kamu tidak memerlukan visa, tetapi beberapa dokumen seperti paspor , tiket transportasi keluar masuk dan terkadang dana yang cukup masih perlu disiapkan untuk pemeriksaan imigrasi.

Ketahui Tipe Visa yang Kamu Butuhkan

Berdasarkan tujuan perjalanan kamu, tentukan visa mana yang akan kamu dapatkan. Baca jenis visa China untuk memilih salah satu yang paling cocok untuk mu. Untuk turis, visa L cocok.

Siapkan Persyaratan Dokumen

Dokumen yang diperlukan untuk semua jenis visa termasuk paspor dan formulir aplikasi visa yang dilampirkan dengan foto yang baru saja diambil. Selain itu, dokumen pendukung lainnya diperlukan, tetapi bervariasi sesuai dengan jenis visa yang kamu ajukan. Misalnya, jika kamu mengajukan permohonan visa turis L, dokumen pendukung akan mengacu pada tiket pulang-pergi, pemesanan hotel, atau surat undangan dari agen perjalanan China. Lihat Persyaratan Aplikasi Visa China secara rinci.

Pastikan Semua Dokumen Sesuai dengan Syarat kedutaan Cina

Paspor: dengan sisa masa berlaku minimal 6 bulan; memiliki halaman visa kosong.

Formulir Aplikasi Visa: diisi dengan benar; ketik-ditulis tanpa ada yang kosong.

Foto: diambil paling lambat enam bulan; wajah penuh dengan latar belakang terang; ukuran: 48mm x 33mm; tanpa kepala kecuali karena alasan agama.

Syarat-syarat:

Seperti proses pengajuan visa pada umumnya, ada juga beberapa persyaratan visa China yang juga harus kamu penuhi. Persiapkan semua dokumennya sebelum kamu melanjutkan ke proses lainnya.

  • Paspor asli dengan masa berlaku setidaknya enam bulan dan masih ada beberapa halaman visa yang kosong.
  • Fotokopi paspor pada halaman data diri pemegang paspor.
  • Formulir pengajuan visa dan pastikan kamu sudah mengisi formulir tersebut secara lengkap dan juga sudah ditandatangani.
  • Pas foto berukuran 48 x 33 mm sebanyak dua buah yang dilampirkan bersamaan dengan formulir
  • Bukti tiket pesawat dan hotel.
  • Fotokopi akte kelahiran, KTP, dan KK.
  • Fotokopi visa China sebelumnya (jika ada).
  • Itinerary selama berada di China.

Submit Aplikasi Pendaftaran

Kunjungi kedutaan Cina, konsulat atau Pusat Aplikasi Visa Cina (CVASC) yang melayani wilayah tempat tinggal kamu. Kamu dapat melakukan sendiri atau meminta agen untuk melakukannya. Di beberapa kantor konsuler dan CVASC, layanan surat juga tersedia.

Waktu pemrosesan normal adalah empat hari kerja termasuk hari kamu mengirimkan aplikasi dan hari pengumpulan. Ingat mungkin ada hari libur tambahan untuk hari libur nasional Cina. Dengan membayar biaya tambahan, biasanya aplikasi kamu dapat diproses lebih cepat.

Umumnya aplikasi dapat diproses dalam semalam, untuk diambil pada sore berikutnya, meskipun beberapa kantor mungkin menawarkan layanan di hari yang sama jika tiba di kantor segera setelah pembukaan. Secara umum, cobalah untuk melamarnya jauh-jauh hari sebelumnya untuk memungkinkan penundaan.

Beberapa kantor visa China di Indonesia yang dapat kamu pilih (terdekat dengan tempat tinggal):

  • Jakarta: Unit 07-12, 8th Floor East Building Jl, DR Ide Anak Agung Gde Agung Blok E.3.2  Kav 1 South Jakarta 12950.
  • Medan: Royal Condominium Tower B, 2nd, Palang Merah-Sukamulia No.1 Kelurahan Medan Aur, Medan, Sumatera Utara, 20151.
  • Surabaya: SPAZIO – 502 Kompleks Graha Festival Kav No.3, Jalan Mayjend Yono Soewoyo Graha Famili, Surabaya.
  • Denpasar: Jl By Pass Ngurah Rai NO.165 Sanur Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali, (Grand Palace Hotel).

Membayar Biaya Pembuatan Visa

Pergi ke tempat di mana kamu mengajukan permohonan visa China pada tanggal yang ditentukan di slip pengambilan. Bayar biayanya dan kamu akan mendapatkan paspor kembali dengan visa.

Watu Terbaik Untuk Mengajukan Visa Cina

Waktu terbaik untuk mengajukan visa China adalah satu atau dua bulan sebelum tanggal keberangkatan. Biasanya, visa China hanya berlaku selama tiga bulan sejak tanggal dikeluarkan, yang menunjukkan bahwa waktu paling awal yang dapat kamu ajukan adalah tiga bulan sebelum keberangkatan.

Sampai di sini, paham yaa? Semoga membantu kamu yang sedang berjuang mengurus visa Cina ya!

Kursus IELTS Online
Kursus IELTS Online

Ref:

How to Apply for a China Visa – https://www.travelchinaguide.com/embassy/visa/introduction.htm

Gambar: freepik.com