Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mengenal 5 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

konsep ekonomi

Pada kenyataannya, ilmu ekonomi sangat penting untuk dipahami oleh semua orang karena banyaknya manfaat yang diperoleh. Namun, tak semua orang yang sadar akan hal ini. Selain itu, topik yang dinilai berat dengan istilah-istilah rumit dan membingungkan ini, terkadang membuat orang jarang melirik.

Padahal pengetahuan ini dapat membantu kita mengelola uang lebih bijak, membuat keputusan pembelian yang cerdas, menjelajahi opsi investasi, dan memahami model ekonomi lokal dan nasional.

432628469

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari semua perilaku manusia yang bertujuan untuk melestarikan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Lebih lanjut, ekonomi juga diartikan sebagai usaha untuk menghasilkan barang atau jasa alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas.

Fungsi Ilmu Ekonomi

Perekonomian memegang peranan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan dasar sosial/masyarakat. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang untuk berperilaku sosial, sadar, dan ekonomis. Gelar ekonomi dapat melatih seseorang untuk menggunakan atau mengelola nilai-nilai wajah dengan baik dan bijaksana.

Pembagian (Jenis) Ilmu Ekonomi

Berikut adalah lima konsep ekonomi yang harus diketahui semua orang

Penawaran dan permintaan

Banyak dari kita telah melihat kurva terkenal dan berbicara tentang ekuilibrium di kelas mikro dan makroekonomi kita, tetapi berapa banyak dari kita yang menerapkan informasi itu dalam kehidupan kita sehari-hari?

Penawaran dan permintaan lebih dari sekadar dua garis yang berpotongan; itu mempengaruhi kita dalam setiap aspek kehidupan kita. Dari bahan makanan yang kita beli untuk memasak makanan sehari-hari hingga bensin untuk kendaraan, ada banyak kekuatan yang bekerja yang membentuk penawaran dan permintaan barang atau jasa tertentu.

Teori dasar di balik penawaran dan permintaan menyatakan bahwa ada “titik harga di mana konsumen dan produsen sama-sama cocok; pada dasarnya, setiap barang atau jasa memiliki titik unik di mana pembeli dan penjual setuju untuk melakukan pertukaran.”

Pasokan dan permintaan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti spekulasi perkembangan masa depan, kemajuan teknologi dan kekurangan dan surplus di pasar domestik dan internasional.

Kelangkaan

Konsep ini berjalan seiring dengan penawaran dan permintaan. Artinya,“masalah ekonomi dasar yang muncul karena orang memiliki keinginan yang tidak terbatas tetapi sumber daya yang terbatas.”

Contoh sumber daya yang langka termasuk waktu, uang dan sumber daya alam; pada dasarnya segala sesuatu yang terbatas termasuk dalam kategori ini.

Alasan mengapa konsep ini penting untuk dipahami adalah karena konsep ini membantu kita memberi nilai pada barang atau jasa. Semakin langka sumber daya dan semakin tinggi permintaannya, semakin mahal harganya.

Kemungkinan biaya
Banyak dari kita pernah mendengar ungkapan, “Tidak yang benar-benar gratis dalam hidup ini.” Saat mencoba memahami konsep ini, kita juga harus akrab dengan istilah “tradeoff.” Tradeoff berarti bahwa untuk mendapatkan sesuatu, kamu harus mengorbankan sesuatu yang lain.

Triknya adalah mampu mengidentifikasi kapan kamu melepaskan sesuatu, dan ingat: kelambanan juga biaya. Misalnya, setiap kali kita melewatkan jam kelas untuk tidur, ingatlah, apa yang langsung kita bayarkan untuk biaya kuliah untuk kelas itu hangus.

Nilai waktu dari uang
Konsep ini sebenarnya dapat membantu kita yang ingin mengelola uang mereka secara efektif. Teori di balik nilai waktu uang menyatakan bahwa, dalam istilah ekonomi murni, satu dolar hari ini bernilai lebih dari satu dolar besok.

Pelajari istilah – istilah ekonomi yang lain di sini.

Hal ini mencerminkan bahwa menginvestasikan satu dolar hari ini akan menghasilkan semacam pengembalian bunga yang akan memberi kita lebih dari satu dolar besok.

Nilai waktu dari uang memandu kita untuk melakukan beberapa hal. Selain mendorong kita untuk menginvestasikan uang kita untuk mengalahkan suku bunga pasar, ini juga memberitahu kita untuk memperhitungkan konsep inflasi.

Daya Beli

Kita harus ingat bahwa kekayaan itu relatif terhadap seberapa banyak kita dapat membeli dengannya. Jika harga terus naik dan semua tetap sama, daya beli kita menurun.

Cara untuk melawan ini adalah untuk membuat uang kita tumbuh. Investasikan dalam dana yang mengambil risiko yang diperhitungkan dan cari pengaturan investasi yang memberi kita pengembalian lebih tinggi daripada tingkat inflasi.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Pada intinya, mempelajari ilmu ekonomi akan sangat berguna untuk kehidupan kita sendiri, salah satunya seperti di bawah ini:
1. Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, oleh karenanya ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia.

2. Ilmu ekonomi memiliki peran yang strategis bagi suatu daerah, baik kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia.

3. Ilmu ekonomi sangat berperan dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial/masyarakat.

4. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih jiwa sosial dan lebih bersifat teliti (cermat) serta ekonomis.

5. Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar mampu mengatur atau mengelola nilai nominal dengan baik dan bijak.

Itulah pembahasan tentang ilmu ekonomi, konsep, dan manfaatnya untuk kehidupan kita. Semoga bermanfaat!

Kelas bahasa Inggris bisnis lister
Kelas bahasa Inggris bisnis lister

Referensi:

Five economic concepts that everybody should know – www.kstatecollegian.com

Freepik.com