Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mengenal Frasa, Klausa, Kalimat Bahasa Mandarin

bahasa mandarin lister (2)

Sebuah bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi membutuhkan media untuk menyampaikan pesan kepada lawan bicara. Kita berbahasa menggunakan kalimat sebagai media berkomunikasi. Kalimat terdiri dari frasa dan klausa. Nah, kali ini kita akan mempelajari frasa, klausa, dan kalimat dalam bahasa Mandarin. Simak sampai akhir ya!

page with words dictionary 23 2147688631

Pengertian Frasa, Klausa, Kalimat Bahasa Mandarin

Frasa dalam bahasa Mandarin adalah frasa biasanya terdiri dari dua kata tau lebih yang tidak mengandung predikat dan umumnya memiliki fungsi gramatikal dalam sebuah kalimat.

Contoh: Dua orang siswa melanggar aturan sekolah.

Klausa adalah kombinasi kata yang terdiri dari subjek dan predikat. Sepintas, klausa mirip dengan kalimat. Tapi, ada hal yang membedakan antara klausa dengan kalimat, yaitu klausa tidak diakhiri dengan intonasi akhir dan tidak memiliki tanda baca. Intonasi akhir bisa berupa intonasi kata tanya, perintah, maupun dalam berita.

Contoh: Kamu harus keluar (memiliki subjek dan predikat namun masih dikategorikan klausa karena tidak memiliki tanda baca akhir)

Sedangkan kalimat adalah gabungan beberapa kata yang minimal terdiri dari subjek dan predikat. Perlu diketahui pula, kalimat bisa juga terbentuk dari gabungan frasa maupun klausa. Kalimat biasanya diawali dengan huruf kapital, memiliki tanda baca, dan intonasi akhir.

Contoh: Kamu harus keluar dari sini. (Diawali dengan huruf kapital, tanda baca, dan memiliki intonasi akhir).

Contoh Frasa, Klausa, Kalimat Bahasa Mandarin

Contoh kalimat:

妈妈吃一碗饭 ‘Ibu memakan semangkuk nasi’

我跟他打包交 ‘Saya dengan dia mengirim paket’

他是老师 ‘Dia adalah seorang guru’

Contoh Frasa:

Ibu sedang memasak (妈妈在做饭) <- Contoh Klausa

Contoh Klausa:

Bermain Bola (踢足球) <- Contoh Frasa

Oke fellas, selesai sudah materi kali ini. Semoga dapat menambah pengetahuanmu, ya. Jangan lupa gabung di kelas bahasa Mandarin Lister.