Mengenal Dan Memahami Parts of Speech.

KBI.or.id – Sebelum belajar lebih jauh mengenai Bahasa Inggris alangkah lebih dulu tau apa hal yang perlu di pelajari saat awal belajar Bahasa Inggris. Parts of speech menjadi dasar dalam belajar Bahasa Inggris apa yang di maksud parts of speech bagian-bagian mendasar dari kalimat bahasa Inggris yang harus dipahami.

Bagian itu ada 8 part of speech, yaitu: noun (kata benda), pronoun (kata ganti), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), conjunction (kata hubung), dan interjection (kata seru). Nah, itu lah hal mendasar dari Bahasa Inggris jadi belajar itu bukan hanya tau kata melainkan tahu tata Bahasa. Sehingga Bahasa yang kita pahami bukan sekedar bisa kosakat Bahasa Inggris melainkan tepat dan sesuai dengan gramatical. 

Yang pertama kita harus tahu apa itu noun (kata benda) membicarakan noun bukan berarti kata benda seutuhnya melainkan orang juga termasuk kedalam kata benda. Ada beberapa fungsi kata benda yang pertama noun sebagai subject, subject/object complement, direct / indirect object, dan object preposition.

Contoh dari noun sebagai subject                  : Herdi has been a writer since 2015

noun sebagai subject/ object complement    : He is a dentist

direct / indirect object                                    : The lecture gave the students advice

object preposition                                           : Mira was walking on the sidewalk

itu hanya basic dalam noun masih banyak lagi akan kita bahas tentang noun di postingan berikutnya. Berikutnya dalam Bahasa inggris ada pronoun atau kata ganti nah yang seperti apa kata ganti itu dan fungsinya adalah untuk menghindari pengulangan kata yang monotone. Ada macam-macam pronoun yaitu personal pronoun, reflexive pronoun, possessive pronoun, interrogative pronoun, demonstrative pronoun, dan indefinite pronoun.

Peronal pronoun itu yang biasa menjadi subject seperti I, You, We, They, He, She, It sementara possessive ronoun merupakan kata ganti kepemilikan seperti My, Your, Our, His, Her, dan It. Untuk pronoun yang lebih dalam kita akan ulas di tulisan berikutnya. Namun ini perupakan pengetahuan dasar yang wajib dipahami oleh peserta didik yang akan belajar Bahasa Inggris.

Dalam parts of speech berikutnya ada verb atau kata kerja, nah ini merupakan bagian yang harus banyak diketahui karena kemampuan menulis, berbicara akan ditentukan oleh banyaknya vocabulary yang diketahui. Makin banyak kata kerja yang dipahami maka akan semakin mudah kita dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Dalam kata kerja atau verb banyak sekali pola yang harus dipahami selain hanya dengan menghafal karena ada irregular verb, regular verb maka dari itu kita harus paham pola. Setelah verb ada adjective atau kata sifat sama kata sifat pun harus banyak kita hafal karena ini merupakan bagian dari vocabulary yang sering muncul dalam sentences. Nah kata sifat ini pasti menjadi bagian dari kalimat nominal.

Setelah verb dan adjective bagian dari parts of speech berikutnya ada adverb atau kata keterangan atau kata bantu yang berfungsi memberikan informasi mengenai suatu verb atau adverb itu sendiri ada beberapa macam adverb yakni, adverb of time, adverb of place, adverb of degree, adverb of manner, dan adverb frequency.

adverb of time                       : early, sometimes, every etc

adverb of place           : home, somewhere, inside

adverb of degree        : enough, very, too etc

adverb of manner       : easily, beautifully, carefully etc

adverb frequency        : never, seldom, often etc

Materi berikutnya yang menjadi bagian dari Parts of speech adalah preposition atau kata depan yang Kata ini menunjukkan hubungan antara object of preposition dengan elemen kata lain di dalam suatu kalimat. Objek of preposition dapat berupa noun, pronoun, gerund, atau noun clause.

Ada beberaa aturan preposition :

  1. Preposition tidak bisa diikuti oleh verb. Jika ingin menggunakan verb, harus menggunakannya dalam bentuk gerund.

Contoh: He’s been banned from football asia for seven months.

  • Ketika object of preposition berbentuk interrogative pronoun (What, Who, Whom, Which, Where, dll), preposition biasanya berada pada awal atau akhir kalimat.

Contoh Preposition: What are you thinking of?

  • Ketika object of preposition berbentuk Relative Pronoun ‘that’, preposition berada pada akhir kalimat.

Contoh Preposition: Here is the newspaper that you asked for.

  • Ketika object of preposition berbentuk infinitive (to + verb), preposition berada setelah infinitive.

Contoh Preposition: I need a pen to write on.

  • Dalam beberapa kalimat, preposition dilekatkan dengan verb.

Contoh Preposition: I hate being laughed at.

  • Di beberapa kasus, preposition berada di depan kalimat. Biasanya berupa kalimat tanya.

Contoh Preposition: For whom is this cake?

Nah itulah singkatnya pengetahuan mengenai preposition jika dilihat ternyata Bahasa Inggris itu luas maka diperlikan belajar yang terus-menerus.

Selanjutnya ada conjunction atau kata penghubung yakni kata yang menghubungkan antara suatu frase dengan frase yang lain dalam kalimat Bahasa Inggris contohnya : also, furthermore,  not only, moreover dan masih banyak lagi. Tanpa kalimat penghubung ini kalimat ataupun paragraph akan menjadi rancu ataupun monotone karena tidak banyak variasi kata yang digunakan. Maka dari itu penguasaan  atau pengetahuan mengenai conjunction sangat penting.

Berikutnya yang terakhir dalam parts of speech adalah interjection, Secara umum, interjection adalah kata-kata apapun yang dapat membuat kalimat menjadi lebih ekspresif. Jadi, kita memerlukannya sehingga perasaan semacam marah, sedih, kesal, senang, terkejut, dan sebagainya dari seseorang atau kelompok orang menjadi lebih mudah tersampaikan.

Kategori interjection yang paling dikenal adalah yang berbentuk sound, misalnya, “umm…”, “hmm..”, “ouch”, “wow”, dan masih banyak lagi. Ada juga interjection yang bentuknya adjective, seperti, “sweet”, “perfect”, dan lain-lain. Selain itu, noun juga termasuk dalam kategori interjection, seperti “congratulations”, “greetings”, “hey (there)”, dan lain-lain.

Contoh Penerapan Interjection Dalam Kalimat

Masing-masing contoh kalimat yang terdapat pada poin ini memperlihatkan ketiga kategori interjection yang ada, yakni sound, adjective, dan noun. Agar memudahkan, kami menandai interjection dengan bold serta menyediakan arti bahasa Indonesia untuk tiap contoh kalimat.

Tiap contoh kalimat di bawah ini juga memiliki penjelasannya tersendiri, yang dapat kita gunakan untuk belajar tentang interjection:

1. Hmmm… This isn’t the right answer that I want (Hmmm… Bukan ini jawaban yang aku minta)

Penjelasan: Adanya “hmmm…” sebagai interjection berkategori sound dalam contoh kalimat ini menunjukkan ekspresi penolakan secara halus, karena “hmmm…” digunakan untuk orang yang berpikir dahulu dalam beberapa lama sebelum mengungkapkan penolakannya atas jawaban yang didapat.

2. Sklills that unexpecting? Perfect! (kemampuan yang diluardugaan? Sempurna!)

Penjelasan: Terkadang, sebuah interjection juga dapat ditaruh di bagian belakang kalimat, seperti “perfect!” (sempurna) yang merupakan interjection berkategori adjective ini. Kalau seperti contoh kalimat ini, maka kesan perasaan yang ditimbulkan adalah senang dan girang setelah mengetahui kemampuan yangdiluar dugaan.

Itulah singkatnya parts of speech yang menjadi bagian terpenting dan mendasar dalam Bahasa Inggris sebelum melangkah kepada materi berikutnya alangkah lebih baik pahami dulu part of speech.