Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Membedah Section Speaking pada TOEFL iBT

Lister – Pada TOEFL iBT akan diujikan section speaking yang akan menguji kemampuan berbicara peserta dalam bahasa Inggris. Bagian inilah yang biasanya menjadi yang paling ditakutkan oleh para peserta TOEFL.

Berbicara dalam bahasa asing memang bisa sangat sulit, apalagi jika kalian belum terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebelumnya. Supaya tidak grogi saat ujian, sebaiknya kalian mempersiapkan diri dengan mempelajari materi-materi yang akan diujikan dalam section speaking.

Memahami struktur ujian speaking dalam TOEFL

Task 1 dan 2: Independent task

Pada task pertama dan kedua ini, kalian akan diberikan 15 detik untuk mempersiapkan pidato sepanjang 45 detik. Yang akan dinilai adalah kemampuan kalian untuk berbicara dengan jelas dalam bahasa Inggris tentang topik yang familiar.

Ide yang kalian gunakan haruslah datang dari pengalaman pribadi kalian, bukannya dari bahan akademik yang diberikan. Pertanyaan biasanya memiliki dua komponen, yaitu apa yang harus dibicarakan dan bagaimana harusnya penyampaiannya.

Contoh pertanyaannya adalah:

If you could live anywhere in the world, what place would you choose? Use reasons and examples to support your response.

Dari pertanyaan di atas, topiknya adalah best place to live in the world, dan dalam menjawabnya kalian harus menjelaskan alasan (reason) dan contoh (example). Jika hanya menggunakan salah satunya, kalian bisa kehilangan poin.

Tips menjawab:

  • Karena waktunya tidak banyak, kalian harus bisa berpikir cepat
  • Tidak perlu terlalu memikirkan detail pada 15 detik waktu persiapan, kalian bisa memikirkan detailnya sambil berbicara
  • Jika waktu masih ada tapi kalian sudah tidak tahu mau mengatakan apa, karanglah sesuatu. Tidak ada aturan kalian hanya harus mengucapkan fakta, dan yang terpenting adalah kalian tetap berbicara

Task 3 dan 4: Integrated task (reading, listening, dan speaking)

Pada bagian ini, kalian akan diberikan waktu 45 detik untuk membaca bacaan sepanjang 100 – 120 kata tentang topik akademik. Lalu kalian akan diperdengarkan bacaan sepanjang kira-kira 1 menit tentang topik akademik juga.

Selanjutnya, kalian akan diberi waktu 30 detik untuk persiapan, dan 1 menit untuk berbicara tentang hubungan dari bacaan yang kalian baca dan yang kalian dengarkan. Saat membaca dan mendengarkan, sebaiknya kalian mencatat poin-poin utama dari tiap bacaan sehingga nantinya bisa lebih mudah untuk bisa menemukan hubungan antara keduanya.

Tips menjawab:

  • Perhatikan baik-baik perbedaan informasi antara bacaan yang tertulis dan yang diperdengarkan. Perbedaan ini biasanya bisa menjadi bagian penting dalam jawaban kalian
  • Pernyataan yang kalian buat saat menjawab juga sebaiknya memiliki bukti, baik dari bacaan yang tertulis maupun dari yang diperdengarkan. Ini supaya bisa menunjukkan bahwa kalian memahami informasi yang diberikan dan bisa membuat argumen yang kuat

Task 5 dan 6: Integrated task (listening dan speaking)

Pada task 5 kalian akan diperdengarkan percakapan selama sekitar 2 – 3 menit. Lalu pada task 6 kalian akan diperdengarkan bagian dari kuliah akademik dengan durasi yang sama.

Selanjutnya kalian akan diberi waktu 20 detik untuk persiapan dan 1 menit untuk berbicara tentang poin atau topik utama dari semua yang sudah kalian dengar sebelumnya.

Tips menjawab:

  • Karena tidak ada bacaan yang perlu dibaca, klip audio yang diperdengarkan akan lebih panjang, jadi penting untuk bisa dengan cepat menyimpulkan poin intinya. Kalian bisa menuliskannya dalam catatan singkat, sehingga bisa langsung siap berbicara begitu waktunya tiba
  • Dalam jawaban kalian, kalian bisa menyebutkan bagian atau kalimat tertentu dalam audio klip. Ini bisa menguatkan argumen dan keseluruhan jawaban kalian

Kriteria penilaian section Speaking dalam TOEFL

Berikut adalah beberapa kriteria penilaian yang biasanya digunakan dalam TOEFL section speaking:

Jawaban dari pertanyaan

Kriteria ini akan menilai kemampuan kalian untuk memahami perintah yang diberikan dan berbicara secara relevan sesuai dengan topik yang disediakan. Misalnya, jika disuruh memberikan alasan dan contoh, kalian harus bisa memberikan keduanya dengan tepat.

Bisa dimengerti

Kriteria ini mengacu pada seberapa baik perkataan kalian bisa dipahami oleh penilai. Jika perkataan kalian bisa mudah diikuti dan dimengerti, kalian kemungkinan akan bisa mendapatkan skor yang tinggi

Keteraturan

Jika jawaban kalian terkesan rapi, teratur, dan disusun dengan baik, kemungkinan kalian akan mendapat skor yang tinggi berdasarkan kriteria ini.

Fluency

Fluency dalam bahasa Inggris biasanya dinilai jika kalian tidak ragu dalam berbicara dan menggunakan pilihan kata, selain itu jika kalian bisa menjawab dengan kalimat-kalimat yang terkesan mengalir dengan lancar.

Pengucapan atau pronunciation

Kalian bisa mendapatkan skor bagus dalam kriteria ini dengan mengucapkan tiap suara dengan tepat, melakukan penekanan pada kata yang tepat, dan memiliki intonasi yang baik. Ingatlah bahwa pengucapan ini tidak berkaitan dengan aksen yang kalian gunakan.

Grammar

Kriteria ini akan menilai kemampuan kalian dalam menggunakan struktur grammar tingkat tinggi dan level keakuratannya.

Vocabulary

Pemilihan vocabulary yang kalian gunakan saat berbicara juga akan menjadi salah satu kriteria yang dinilai dalam section speaking ini. Tidak hanya banyaknya saja yang dinilai, tapi juga ketepatan dalam penggunaannya.

Strategi ampuh saat ujian speaking TOEFL

Gunakan waktu persiapan dengan baik

Pada setiap task-nya, kalian akan memiliki waktu 15 – 30 detik untuk persiapan, pastikan kalian menggunakannya dengan baik. Tulis saja poin-poin inti dari apa yang akan katakan, tidak perlu menuliskan semuanya dengan lengkap karena waktu kalian tidak akan cukup.

Selain itu, kalian bisa beresiko hanya mengandalkan apa yang sudah kalian tulis saat berbicara sehingga bisa terkesan kaku dan tidak natural. Pastikan juga kalian mencatatnya dengan cepat sehingga begitu timer dimulai kalian langsung bisa berbicara.

Bicara dengan tempo yang stabil

Banyak orang yang merasa nervous saat ujian TOEFL, terutama pada bagian speaking ini, ditambah dengan keinginan untuk berbicara sebanyak mungkin sebelum waktu habis. Jadi akhirnya banyak orang yang berbicara terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat saat ujian.

Dua situasi ini tentunya tidak baik, berbicara terlalu cepat hingga tidak jelas pengucapannya ataupun berbicara terlalu lambat karena kebingungan memilih kata, bisa membuat kalian kehilangan poin. Karena itu penting untuk bisa berbicara dengan tempo stabil dan normal.

Supaya bisa tenang saat ujian, kalian bisa banyak berlatih sebelum ujian supaya bisa menilai tempo berbicara kalian sendiri. Jika tetap gugup saat ujian, kalian bisa melatih teknik pernapasan untuk menenangkan diri.

baca juga

Tetap fokus

Total keseluruhan bagian speaking hanya memakan waktu 20 menit, tapi kalian harus melakukan banyak hal, mulai dari berbicara, mendengarkan, membaca, hingga mencatat. Inilah yang bisa menyebabkan kalian kehilangan fokus jika tidak hati-hati.

Jika kalian kehilangan fokus walaupun hanya beberapa detik saja, kalian bisa beresiko tidak bisa menangkap semua informasi dari klip audio, tidak mencatat dengan baik dan tidak punya persiapan untuk berbicara, atau menjadi diam atau blank saat waktunya berbicara.