Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Mau Kuliah Murah Tapi Sistem Pendidikan Tetap Di akui? Ini Dia 5 Negara yang Cocok Untuk Kamu

lister.co.id – Kuliah keluar negeri tentunya memakan biaya yang tidak sedikit terutama jika kamu tidak mengikuti program beasiswa tertentu atau hanya terdaftar dalam program beasiswa parsial.

Baca juga: Mentoring Beasiswa Online

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Sebagai mahasiswa internasional, sudah pasti ada beberapa fasilitas-fasilitas finasial tertentu yang tidak bisa kita nikmati tapi bisa dinikmati oleh mahasiswa negara tersebut, misalnya student loans atau subsidi pemerintah yang dapat meringankan beban pembayaran kuliah. Belum lagi biaya hidup di negara-negara maju, yang biasanya menjadi tujuan kuliah, yang konversi mata uangnya saja sudah membuat rupiah berasa tidak berharga.

Tapi jangan khawatir, fellas! Ada banyak universitas-universitas di negara-negara berikut yang menawarkan biaya kuliah yang bersaing dengan biaya kuliah universitas Indonesia loh! Bahkan, di negara-negara ini, biaya hidupnya juga tidak semahal biaya hidup di negara-negara destinasi favorit studi seperti Amerika dan Inggris yang bisa mencapai 200 juta sampai 325 juta pertahun.

Tentu saja, mencari destinasi kuliah keluar negeri yang murah tidak berarti mengorbankan kualitas sekolahnya ya, fellas. Kalau kalian demi kuliah keluar negeri murah tapi kualitas universitasnya di bawah universitas-universitas yang ada di Indonesia, untuk apa kuliah keluar negeri kalau seperti itu? Nah, ini dia beberapa negara dengan biaya hidup dan kuliah termurah yang bisa kalian pertimbangkan!

Norwegia

Pemerintah Norwegia memiliki kebijakan untuk menggratiskan pendidikan d tingkat apapun untuk siapapun. Yep, termasuk untuk mahasiswa internasional. Norwegia, seperti negara-negara lain di semenanjung Skandinavia, sangat menjunjung pendidikan adalah hak semua orang. Dengan pola pikir sepert ini, wajar saja jika biaya kuliah di Norwegia tidak diberlakukan dan mahasiswa Internasional hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar 600 NOK atau 1 juta rupiah.

Baca juga: Penting! Ketahui Hal-Hal Ini, Sebelum Kamu Mendaftar Beasiswa LPDP

Untuk biaya hidup, Norwegia masih terbilang murah jika dibandingkan dengan Amerika dan Inggris. Biaya yang kamu keluarkan berkisar antara 15 juta sampai 20 juta perbulannya tergantung apakah kamu tinggal di ibu kotanya atau tidak. Pemerintah Norwegia juga banyak memberikan diskon untuk pelajar seperti diskon transportasi umum dan lain-lain.

Menarikkan? Dengan biaya sejumlah di atas dan kuliah gratis sampai tamat, kalau dihitung-hitung sudah sama atau bahkan lebih murah dari biaya hidup di Jakarta yang ditambah uang kuliah.

Kuliah di Norwegia tidak hanya gratis dan murah, tapi juga berkualitas. Ada University of Oslo yang menduduki peringkat 113 QS World University Ranking 2021, University of Bergen, Norwegian University of Science and Technology, dan Univerity of Tromso The Arctice University of Norway yang semuanya masuk Top 500 QS World University Ranking 2021.

Baca juga: Panduan Beasiswa Luar Negeri

Jerman

Ini dia salah satu negara destinasi favorit mahasiswa Indonesia yang biaya kuliahnya termasuk yang termurah. Berjajaran dengan Amerika, Inggris, dan Australia sebagai negara pilihan favorit, ternyata biaya kuliah dan biaya hidup di Jerman jauh lebih murah dari pada di negara-negara lain yang sudah di sebutkan tadi. Biaya kuliah di Jerman sangat terjangkau karena hanya berkisar antara 7 juta sampai 8,5 juta per tahun. Yep, per tahun, yang artinya persemester kamu hanya membayar sekitar 3,5 – 4,25 juta. Btw, harga smartphone-mu berapa?

Tidak hanya itu, dibandingkan negara-negara eropa lain, biaya hidup di Jerman juga bisa dibilang cukup terjangkau. Perbulannya, kamu kira-kira membutuhkan 13,5 juta sampai 14,5 juta dengan pengeluaran terbesar adalah residential atau tempat tinggal.

Universitas-universitas di Jerman juga tidak kalah saing dengan universitas-universitas di negara lain. Ada Technical University of Munich yang berada di peringkat ke 50 QS World University 2021, Heidelberg University, dan University of Bonn yang dua-duanya masuk dalam top 100. Selain itu, masih ada banyak universitas lain yang tidak kalah berkualitasnya.

Baca juga: Cerita Tutor Inspiratif Ala Lister: Erina Prastyani, Meraih Beasiswa Studi ke Swedia

Taiwan

Siapa bilang negara super urban pasti biaya hidup dan biaya sekolahnya mahal? Nih, Taiwan adalah salah satu negara paling maju di Asia Timur bersama dengan Jepang dan Korea Selatan. Tetapi, berbeda dengan Jepang dan Korea Selatan yang biaya hidup mereka masuk dalam daftar biaya hidup tertinggi di dunia, biaya hidup di Taiwan perbulannya hanya berkisar 7 juta sampa 12 juta rupiah. Tidak kalah saing dengan Jakarta yang biaya hidupnya mulai dari 7 juta rupiah.

Nah, untuk biaya kuliahnya sendiri, Taiwan sedang menggalakkan program kuliah terjangkau untuk mahasiswa internasional dengan target 150.000 mahasiswa internasional per tahun 2020. Karena tujuan mereka ini, biayai kuliah di Taiwan tentunya sangat terjangkau, berkisar 25 juta sampai 30 juta untuk sarjana dan magister. Selain itu, pemerintah dan universitas-universitas di Taiwan juga menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswa international.

Kamu bisa memilih untuk berkuliah di universitas-universitas terkemuka Taiwan seperti National Taiwan University yang menduduki peringkat ke 66 QS World University Ranking 2021, Tsing Huang University, dan masih banyak lagi.

Perancis

Kalau kamu berhasil masuk universitas negeri di Perancis, kamu akan ikut kebagian subsidi yang dibagikan oleh Pemerintah Perancis. Setiap tahunnya, kamu hanya perlu membayar 3 juta sampai 4,5 juta untuk biaya kuliah. Universitas-universitas negeri terbaik di Perancis di antaranya adalah University of Strasbourg, University of Lorraine, University of Bordeaux, ENS de Lyon, dan masih banyak lagi.

Sebelum memilih universitas negeri pilihanmu, kamu harus tahu dulu berapa biaya hidup di Perancis. Jika dibandingkan dengan biaya hidup negara-negara di Eropa lainnya, biaya hidup di Perancis termasuk terjangkau. Mulai dari 12 juta sampai 17 juta per bulannya, tergantung dari lokasi tempat kamu tinggal dan gaya hidupmu.

Austria

Yang terakhir adalah Austria. Negara unik satu ini juga memiliki kesamaan dengan Prancis dimana biaya hidupnya mulai di angka 13 juta perbulannya.

Walaupun biaya hidup Austria bisa dibilang cukup murah, kualitas universitasnya tidak murahan. Ada University of Vienna yang berada di peringkat ke 150 QS World University Ranking, Vienna University of Technology, Universitaat of Innsbruck, dan masih banyak lagi.

Persemesternya, kuliah di Austria mengharuskan kamu membayar 6,5 juta sampa 7 juta. Wah, sudah berasa seperti kuliah di dalam negeri ya?

Nah, itu dia 5 negara dengan biaya kuliah dan biaya hidup murah yang kualitas pendidikannya tidak murahan. Gimana? Sudah tahu mau kuliah dimana?

Baca juga: Mentoring Beasiswa Chevening