Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Manfaat Menjadi Bilingual Untuk Anak Dengan Belajar Bahasa Inggris

Lister – Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan kemajuan jaman, semakin penting pula penguasaan Bahasa Inggris. Karena kini Bahasa Inggris tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi orang-orang Inggris, Amerika atau Australia saja tetapi sudah menjadi bahasa globalisasi.

Oleh karena itu menjadi penting bagi anda untuk mengajari anak anda berbahasa Inggris. Namun tahukah anda bahwa terdapat banyak keuntungan lain dengan menjadikan anak anda sebagai seorang bilingual (menguasai dua bahasa) atau bahkan menjadi seorang Poliglot (menguasai banyak bahasa).

Artikel ini akan membahas berbagai keuntungan yang dapat anda dan anak anda miliki dengan menguasai Bahasa Inggris dan menjadi seorang bilingual. Akan tetapi sebelumnya mari kita pahami apa itu bilingual.

Definisi Bilingual

Bilingual berasal dari Bahasa Inggris yang berarti orang yang mampu menggunakan dua bahasa dengan sama baiknya (Oxford Dictionary:2020).  Menurut website thebrain.mcgill.ca, bilingual terbagi menjadi tiga jenis.

  • Adalah coordinated bilingualism yaitu bilingual yang terjadi secara alami seperti ketika seorang anak memiliki sepasang orang tua yang memiliki bahasa ibu yang berbeda dan hanya berkomunikasi dengan bahasa tersebut kepada anaknya.

Contoh ayah merupakan orang Belanda sementara Ibu orang Surabaya dan ketika berkomunikasi dengan anaknya, sang ayah menggunakan Bahasa Belanda sementara sang Ibu menggunakan Bahasa Jawa.

  • Adalah In compound bilingualism. Bilingual jenis ini terbangun karena seorang anak terlatih mendengarkan bahasa Ibu orang tuanya sekaligus bahasa pengantar orang tua tersebut.

Contoh ketika sang Ibu adalah orang Sunda dan sang ayah adalah orang Jawa. Kedua orang tua tersebut berkomunikasi dengan anaknya memakai bahasa Jawa dan Sunda sekaligus Bahasa Indonesia.

  • Adalah Late Bilingual yaitu ketika kemampuan bilingual seorang anak terbangun ketika anak tersebut telah melewati usia 12 tahun baik melalui sekolah atau komunitas lain.

 

Anak Dengan Belajar Bahasa Inggris
Manfaat Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Manfaat Menjadi Seorang Bilingual

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Dilansir dari laman brainfit.co.id, kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk membangun proses berfikir. Proses tersebut diantaranya proses mengingat sesuatu,pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan lain-lain. Jika anda mampu mengajari anak anda berbahasa Inggris, salah satu keuntungannya adalah meningkatkan kemampuan ini..

Anak akan menjadi terbiasa secara otomatis memproses kosakata berbahasa Inggris yang dia lihat atau dia baca dan menerjemahkannya ke dalam bahasa lainnya seperti Bahasa Indonesia.

Tetapi sebagai akibatnya bisa jadi anak anda akan sedikit lambat dalam mengidentifikasi sesuatu sebab terkadang kedua bahasa yang dia kuasai akan tumpang tindih.

Sehingga anda perlu memberikan pengaturan ekstra agar anak anda tahu kapan harus menggunakan Bahasa Inggris dan kapan harus menggunakan Bahasa Indonesia.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Menurut artikel yang dipublikasikan oleh dana.org, orang yang memiliki kemampuan bilingual sejak kecil cenderung belajar lebih baik daripada orang dewasa yang belajar bahasa asing setelah beranjak dewasa.

Hal ini disebabkan seiring dengan peningkatan kemampuan kognitif anak, kemampuan kemampuannya yang lain seperti kemampuan mengingat akan membantunya untuk memiliki kemampuan belajar yang lebih baik hingga dewasa.

Meningkatkan Kreativitas

Seiring dengan meningkatnya kemampuan kognitif anak dan kemampuan anak tersebut mendapatkan pengetahuan yang baru dalam bahasa asing, maka semakin besar kemungkinan anak tersebut untuk berfikir out of the box.

Pengetahuan tentang kultur dan budaya yang mereka dapatkan dari internet akan mereka olah untuk diaplikasikan di lingkungan sekitar mereka yang notabene masih asing dengan kultur dan budaya lingkungan tersebut.

Terlebih lagi jika anak anda menguasai Bahasa Inggris maka anak anda dapat menyerap pengetahuan dari seluruh dunia sebab banyak negara menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua serta lebih dari 1 miliar orang didunia mampu berbicara dan menulis tulisan berbahasa Inggris dengan baik.

Contoh dari kreativitas ini adalah anak anda mamp menyanyikan lagu anak anak berbahasa Inggris sambil mempraktikkan video musik dari lagu tersebut.

Membuka Kesempatan Baru

Banyak kesempatan baru yang akan terbuka jika anak anda menjadi seorang bilingual terutama jika anak anda menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Kesempatan-kesempatan tersebut seperti kesempatan mendapatkan teman baru dari luar negeri, kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan baik itu pekerjaan dari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu kesempatan ini juga termasuk kesempatan untuk memiliki ide-ide dan pengetahuan baru yang dapat dia aplikasikan kelak di masa depan sebagai wiraswasta. Secara singkat, kesempatan-kesempatan ini meliputi kesempatan yang lebih luas di bidang sosial dan ekonomi.

Dalam hal ini apabila anak anda menguasai Bahasa Inggris sejak dini, maka akan lebih besar kemungkinan bagi anak anda untuk sukses di masa depan. Sebab jumlah penutur Bahasa Inggris terus meningkat seiring waktu terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Anak anda akan memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi dan menjalin koneksi dengan masyarakat luar negeri baik dalam hubungan bisnis maupun hubungan personal.

Pengetahuan yang dimiliki anak anda juga akan meningkat karena sekarang banyak website atau situs situs pembelajaran baik dari dalam maupun luar negeri yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Namun demikian menguasai bahasa lain selain bahasa Inggris tetap menjadi keuntungan tersendiri yang juga patut untuk anda perhitungkan.

Memperlambat Efek dari Penuaan yang Disebabkan Oleh Otak

Manfaat menjadi seorang bilingual dapat anak anda nikmati sepanjang hidup. Jika ketiga manfaat di atas adalah manfaat yang anak anda dapat rasakan ketika masih produktif bekerja, maka manfaat yang terakhir ini akan dia rasakan ketika dia sudah pensiun.

Penelitian banyak menemukan bahwa menjadi seorang bilingual dapat meningkatkan kemampuan kognitif sehingga mengurangi resiko seseorang terkena demensia (kepikunan) dan Alzheimer dihari tua.

Menurut pendapat penulis sebenarnya anak Indonesia sudah secara alami menjadi seorang bilingual kecuali untuk anak anak di beberapa daerah. Sebab umumnya masyarakat Indonesia tidak menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa percakapan sehari hari.

Sebaliknya Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar saat sekolah. Selain itu, banyak anak-anak muslim juga dituntut untuk belajar membaca dan menulis Bahasa Arab untuk keperluan pembelajaran agama. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda mencoba menambahkan satu bahasa asing lagi untuk mereka pelajari yaitu Bahasa Inggris.

Apabila anda tertarik untuk mengajari anak anda Bahasa Inggris secara mandiri, anda dapat melihat artikel-artikel lain dalam laman ini. Sebab laman ini juga menyediakan informasi mengenai cara-cara mengunduh materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak secara online, ide-ide aktivitas belajar untuk anak-anak dan lagu-lagu yang dapat anda mainkan untuk menemani anak anda belajar Bahasa Inggris. Selamat Mencoba!