Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Macam Majas Bahasa Asing yang Perlu Kamu Tahu

bahasa asing majas

Dalam proses komunikasi sosial, manusida tidak terlepas dari bahasa sebagai saran untuk berkomunikasi. Penggunaan bahasa hampir digunakan pada setiap lini kehidupan untuk bercakap-cakap pada teman sebaya ataupun dalam situasi formal. Manusia menggunakan kalimat sebagai saran menyampaikan pemikiran-pemikiran sesuai dengan gaya dan ciri khas masing-masing pribadi.

Nah, secara umum kalimat terbagi menjadi dua yaitu kalimat konotasi dan denotasi. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, seperti kalimat konotasi itu bermakna tersirat sedangkan denotasi lebih ke sebenarnya.

Terkadang seseorang menyampaikan pemikirannya menggunakan kalimat konotasi dengan varian gaya bahasa untuk menarik perhatian lawan bicara atau pembaca.

Gaya bahasa yang digunakan itulah dinamakan MAJAS.

Majas sering dianggap sebagai sinonim dari gaya bahasa, namun sebenarnya majas termasuk dalam gaya bahasa.

223744029

Pengertian Majas

Menurut kaidah bahasa Indonesia, majas adalah pemanfaatan kekayaan bahasa dan ragam untuk mendapatkan efek tertentu pada pembaca yang biasanya memengaruhi kondisional emosional pembaca. Pada intinya, majas merupakan bentuk kalimat yang indah yang mengandung sisi imajinatif pembacanya.

Jenis Majas

Berbicara mengenai jenis majas, majas bahasa Indonesia dan bahasa Inggris itu hampir sama dikarenakan adanya kesamaan fungsi dari majas itu sendiri. Selain untuk membuat ungkapan menjadi indah, majas juga bertujuan membuat pembaca atau penikmat karya sastra bisa merasakan emosi yang terdapat dalam setiap karya. Dengan menggunakan majas, penyampaian kalimat menjadi lebih menarik dan tidak membuat bosan orang yang membaca.

Pada intinya, bahasa Inggris juga memiliki majas yang dikenal  figure of speech. Figure of speech ini terdiri dari beberapa jenis yang bisa kamu pelajari, khususnya kamu yang suka berpidato, menulis puisi, maupun membuat karya sastra lainnya agar karya sastramu memiliki efek retoris yang jelas. Penasaran apa saja?

Personification (memberikan sifat manusiawi kepada benda)

Plants also prayed during that extreme disaster. (Tumbuh-tumbuhan pun ikut berdoa di bencana yang dahsyat itu)

Hyperbole (melebih-lebihkan)

I’ve told you to clean your room a million times! (Saya sudah memberi tahu kamu berulang kali)

Irony (menyindir secara halus)

Majas ironi digunakan saat ada kontras yang ditandai antara apa yang dikatakan dan apa yang dimaksud, atau antara penampilan dan kenyataan. Dalam kata lain, ironi adalah gaya bahasa bersifat menyindir secara halus.

“How nice!” she said, when I told her I had to work all weekend. (“Betapa menyenangkannya!”, katanya saat saya memintanya untuk bekerja di hari libur.)

Metaphor (Perbandingan Implisit)

Majas ini merupakan kiasan yang membuat perbandingan implisit dan tersirat antara dua hal yang tidak terkait, tetapi yang memiliki karakteristik atau sifat serupa. Dengan kata lain, kemiripan dari dua objek yang kontradiktif atau berbeda dibuat berdasarkan pada satu atau beberapa karakteristik umum.

Books are keys to your imagination. (Buku adalah kunci imajinasi)

A light in a sea of darkness. (Cahaya dalam lautan kegelapan)

Oxymoron (saling bertentangan)

This is amazingly awful (Sangat buruk)

Attending her birthday ceremony is definitely maybe (Pasti mungkin)

Impossible solution (Solusi yang tidak mungkin)

Jumbo shrimp (Pengecut sekali)

Seriously funny (Sungguh lucu)

Weirdly normal (Anehnya normal)

Walking dead (Orang mati berjalan / zombie)

Working vacation (Bekerja saat liburan)

Simile (perumpamaan)

They fought like cats and dogs (Mereka berkelahi seperti kucing dan anjing).

Academic English
Academic English