Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kutipan Inspiratif Tentang Karir dari Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

“Kejarlah meaning. Jangan kejar karir demi uang. Sebab, kalau kalian kejar uang, kalian tidak akan mendapatkan meaning. Kalau kalian kejar meaning, kalian akan dapatkan position, dan tentu saja uang.”

Sebuah nasihat indah yang pernah diberikan Guy Kawasaki, Co-Founder Apple yang memberi pesan kepada kaum muda. Beberapa kutipan inspiratif lain yang disampaikan Tokoh Ekonomi sekaligus akademisi dari Indonesia, Prof. Renald Kasali Ph.D juga menarik untuk disimak!

PROF RHENALD KASALI, LISTER

Manusia ingin berubah, tetapi tidak mau dirubah

Ketika kita duduk di bangku kuliah, tentu saja ingin menguasai berbagai materi yang diberikan dosen. Tapi apakah kita cukup berusaha untuk mengerjakan tugas dengan maksimal? Sayangnya, tidak. Masih banyak ditemukan fenomena “titip absen” yang sebenarnya merugikan mahasiswa itu sendiri.

Perubahan itu tidaklah mudah untuk dilakukan, bahkan cenderung sulit.

Tanpa belajar, kita akan terperangkap hidup di masa lalu

Perubahan tidak lagi bisa dihindari, seiring berjalannya waktu manusia harus mampu menyesuaikan diri dengan keadaan dan zaman. Tanpa belajar, kita tidak akan mampu mengikuti semua perubahan, yang pada kahirnya akan terjebak di masa lalu.

Mendengarkan merupakan upaya yang memerlukan energi dan konsentrasi

Artinya seperti air yang tidak akan masuk ke dalam gelas yang penuh. Untuk itu kita perlu mengosongkan gelasnya, yaitu meninggalkan keegoisan dan kesombongan yang bersemayam dalam diri.

“Miskin dan kaya itu indikatornya adalah seberapa mampu kita memberi dan berbagi. Semua agama mengajarkan itu bukan?”

Indikator miskin dan kayanya seseorang terlihat dari memberi dan berbagi.

Saat kita melihat dengan hati, kekayaan seseorang tidak lagi soal materi, akan tetapi soal seberapa banyak mereka memberi dan berbagi.

“Tidak apa salah. Kadang itulah awal mula lahirnya sesuatu yang baru! Kita salah jalan, tak disangka ada saja hal baru yang kita temukan.”

Segala sesuatu hal yang terjadi pasti akan mendatangkan hikmah, tergantung dari sudut mana kita dapat melihat itu semua. Kesalahan sekalipun akan mendatangkan kebaikan jika kita benar dalam menyikapinya.

“Impian boleh besar asal dibangun dari fondasi-fondasi kecil.”

Beliau pun mengungkapkan bahwa mimpi yang besar terlahir dari langkah-langkah yang kecil. Semua tidak terjadi langsung begitu saja, ada proses yang harus kita lewati untuk sampai pada tujuan.

Mulailah dengan sesuatu hal yang bisa kita lakukan sekarang, jangan menunggu hari besok apalagi nanti, kerjakanlah apa yang bisa dikerjakan saat ini.

Itulah sedikit kutipan inspiratif dari Prof Renaldi Kasali yang bisa menjadi referensi ya! Semoga mengisnpirasi!