lister

Kursus Persiapan Test Potensi Akademik Terbaik No.1 di Indonesia

Kursus Online Persiapan TPA

Test Potensi Akademik (TPA)

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan tes yang sangat terkenal di Indonesia. Tes ini bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti syarat masuk perguruan tinggi maupun syarat melamar pekerjaan di perusahaan swasta, BUMN, dan instansi pemerintah. Tes TPA menyerupai GRE (Graduate Record Examination) dalam dunia internasional. Tujuan dari tes TPA itu sendiri adalah untuk mengukur tingkat kecerdasan (intelektual) seseorang yang berkaitan dengan objek kata, angka, dan gambar.

Lister Siap Membantu Kamu
Meningkatkan Skor TPA !

Apakah Anda ingin mengikuti Kursus Persiapan TPA (Tes Potensi Akademik) hingga sukses?

Kami siap membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri dengan penguasaan materi TPA! 

Dengan metode Lister, yang telah teruji, kami siap memberikan semua yang Anda butuhkan untuk belajar dengan mudah!

Belajar di mana saja dan kapan saja via desktop atau smartphone Anda

Materi belajar Lister berkualitas tinggi dan up to date

Feedback langsung dari tutor dan laporan kemajuan belajar

Harga yang terjangkau: ¼ dari harga pesaing

Lister : Kursus Persiapan TPA

Tes TPA memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk tujuan pendidikan (syarat masuk ke sekolah menengah atau perguruan tinggi) dan untuk tujuan melamar pekerjaan. Tes ini memiliki jenis soal yang berbeda-beda, tergantung dari tujuan dan pihak penyelenggaranya. Sehingga, jenis soal TPA untuk masuk ke perguruan tinggi berbeda dengan soal TPA untuk mengikuti tes penerimaan CPNS maupun BUMN. Namun, secara umum, tes ini menguji 4 hal meliputi kemampuan verbal, numerik, penalaran, dan visual.

Fokus Pembelajaran Test Potensi Akademik
1. Tes verbal, untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal kata-kata dan bahasa, seperti sinonim (persamaan kata), padanan hubungan kata, antonim (lawan kata), pengelompokan kata, analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika umum, dan tes logika cerita.
2. Tes angka, untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal merespon angka dengan kerangka berpikir yang terstruktur dan logis serta matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik, seri angka, seri huruf, angka dalam cerita, dan tes logika angka.
3. Tes figural, untuk mengetahui respon seseorang saat dihadapkan dengan gambar dan bentuk melalui penggunaan simbol dan diagram.

Kenapa Belajar di Lister?

Total Flexibility

Dengan platform belajar yang mudah dan menyenangkan, Kamu akan mendapatkan akses level dan kurikulum yang sesuai dengan kemampuan dan waktu Kamu.

Teknologi

Lister menggunakan teknologi meeting tatap muka secara langsung sehingga mampu menghadirkan kualitas pembelajaran maksimal layaknya belajar di kelas karena dibimbing oleh pengajar yang profesional, asik, dan bersahabat.

Profesional Tutor

Para tutor Lister sudah terbukti berpengalaman dalam mengajar. Cara penyampaian materi yang menarik akan membuat Kamu lebih enjoy dan mudah dalam memahami materi.

Corporate Client Kami

dan lainnya.
(Lister melayani training bahasa asing untuk karyawan perusahaan & Lembaga)

Testimoni

Cerita Jujur Dari Alumni LISTER

Aisyah Nusa Ramadhana
Aisyah Nusa Ramadhana

Bagiku, Lister merupakan wadah belajar Bahasa Inggris yang sangat nyaman dan fleksibel karena bisa belajar secara online dimana saja. Di Lister menerapkan metode pembelajaran yang seru, tidak monoton serta bisa bertemu dengan tutor yang friendly hingga classmate yang kompak dan asyik. Melalui Lister, aku jadi lebih PD speaking in English hingga alhamdulillah mendapat bronze medal pada kompetisi International.

tabitha
Tabita Panggabean

Bahasa Inggris kadang menjadi momok bagi beberapa orang, termasuk Saya. Berbekal niat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, Saya coba mendaftar program belajar bahasa inggris di Lister. Belajar sebulan melalui tatapan muka secara real time plus media interaktif online and it works. Tutor asik dan sangat sabar mengajari Saya dan classmate yang lain. Terima kasih, Lister

yuvina
Yuvina Ariestanti

Lister memberi saya pengalaman belajar yang luar biasa tanpa harus menyita banyak waktu saya karena saya bisa belajar secara live dari mana saja & kapan saja via smartphone atau laptop. Tutor yang berkualitas dan friendly membuat suasana kelas semakin asik dalam kegiatan belajar Selain itu classmate yang kompetitif di Lister membuat saya semakin semangat mengupgrade english skill saya

Ingin Belajar TPA Lebih Mendalam?
Coba Paket Private Regular Course!
(Recommended Program)

TPA
Building

Private Class

Rp 7.980.000

Rp 3.990.000

TPA
Intensive

Private Class

Rp 10.580.000

Rp 5.290.000

TPA
Prime

Private Class

Rp 11.980.000

Rp 5.990.000

TPA
Ultimate
Bronze

Private Class

(Garansi Skor 450)

Berlaku untuk satu orang

Rp 13.980.000

Rp 6.990.000

TPA
Ultimate
Silver

Private Class

(Garansi Skor 500)

Berlaku untuk satu orang

Rp 15.980.000

Rp 7.990.000

TPA
Ultimate
Gold

Private Class

Garansi Skor 550)

Berlaku untuk satu orang

Rp 17.980.000

Rp 8.990.000

TPA
Ultimate
Platinum

Private Class

Garansi Skor 600)

Berlaku untuk satu orang

Rp 18.980.000

Rp 9.990.000

Atau Mau Belajar TPA dalam Waktu Singkat?
Coba Paket Private Short Course!

TPA
Short 1

Private Class

Rp 1.580.000

Rp 790.000

TPA
Short 2

Private Class

Rp 2.180.000

Rp 1.090.000

TPA
Short 3

Private Class

Rp 2.780.000

Rp 1.390.000

TPA
Flash

Private Class

Rp 3.980.000

Rp 1.990.000

TPA
Express

Private Class

Rp 4.780.000

Rp 2.390.000

TPA
Brushup

Private Class

Rp 5.580.000

Rp 2.790.000

Lebih Mudah dengan Pembayaran Online

Terima Pembayaran
Online secara Instan

Lister  bisa menerima pembayaran melalui channel pembayaran digital seperti :

Transfer Bank

Kartu Kredit (VISA & MasterCard)

E-Wallet (GoPay, OVO & DANA)

Claim Your Discount!

Satu Langkah Lagi ... Khusus Untuk Kamu Yang Daftar Hari Ini, Kamu Akan Mendapatkan DISKON 50% Jangan Lewatkan Kesempatan Ini Karena Promo Ini Akan Berakhir Dalam Waktu Dekat!

Ingat Promo ini hanya berlaku sampai
00 days 00 hours 00 minutes 00 seconds

Masih Bingung? Masih Ingin Tanya Lebih Lanjut?

Segera daftarkan diri Anda untuk mulai belajar karena orang sukses adalah orang yang mau mengambil kesempatan!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Temukan Jawaban Anda Mengenai Lister di Sini!

PT Lister Teknologi Edukasi

Gedung Innovation Factory | BLOCK71 Yogyakarta, Jl. Prof. Herman Yohanes No.1212, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Follow Us On :

For further enquiries please contact us through
info@lister.co.id | +6282233589331

Copyright © 2020 lister.co.id | PT Lister Teknologi Edukasi

LULUS DENGAN MENGIKUTI KURUS TPA

 
Mengenal Tes TPA

            Tes TPA atau Tes Potensi Akademik, merupakan tes yang sangat dikenal di Indonesia. Karena tes ini digunakan untuk banyak hal, seperti syarat masuk perguruan tinggi, syarat untuk melamar pekerjaan baik di perusahaan swasta, BUMN, maupun instansi pemerintah. Tes TPA menyerupai dengan GRE (Graduate Record Examination) bila dalam dunia internasional. Tujuan dari tes TPA ini sendiri untuk mengukur tingkat kecerdasan (intelektual) seseorang yang berkaitan dengan objek kata, angka, dan gambar.

            Tes TPA di Indonesia diselenggarakan oleh 3 lembaga, antara lain:

  1. Program Pascasarjana Universitas tertentu, yang dilakukan secara independen. Biaya tergantung pada universitas masing-masing.
  2. Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) yang diselenggarakan oleh Bappenas bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas tertentu atau sering juga disebut sebagai TPA OTO Bappenas. Biaya untuk mengikuti tes ini berkisar antara Rp. 250.000 – Rp. 1.200.000, bergantung pada lokasi tes.
  3. Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dalam koordinasi Pusat Layanan Test Indonesia atau kita sering sebut dengan tes TKDA atau Test Kemampuan Dasar Akademik. Biayanya mulai dari Rp. 250.000.
 

Struktur Soal TPA

 

            Seperti dijelaskan sebelumnya, tes TPA memiliki beberapa tujuan, atau dibagi dalam dua tujuan utama yaitu untuk syarat masuk ke sekolah menengah dan perguruan tinggi (pendidikan) dan untuk syarat melamar pekerjaan. Sehingga, tes TPA ini memiliki jenis soal yang berbeda-beda, tergantung dari tujuan dan pihak penyelenggara tes TPA.

            Soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang bertujuan untuk masuk ke perguruan tinggi berbeda dengan soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang berencana mengikuti tes penerimaan kerja di BUMN maupun CPNS. Sehingga, fokus pembelajarannya pun sudah pasti berbeda. Namun, rata-rata tes TPA yang diadakan di Indonesia, terdiri dari:

  1. Tes verbal yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal kata dan bahasa. Seperti sinonim (persamaan kata), tes padanan hubungan kata, tes antonim (lawan kata), tes pengelompokan kata, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme),  tes logika umum, dan tes logika cerita.
  2. Tes angka yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal merespon angka dengan rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Seperti tes aritmetik, tes seri angka, tes seri huruf, tes angka dalam cerita, dan tes logika angka.
  3. Tes figural untuk mengetahui respon seseorang saat diberi gambar, melalui penggunaan simbol dan diagram.

Jumlah soalnya pun berbeda antara pihak penyelnggara yang satu dengan yang lain. Total soal tes TPA OTO Bappenas yang diselenggarakan oleh Bappenas terdiri dari 250 soal dengan durasi pengerjaan soal 3 jam. Tes TPA ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu, yaitu tes kemampuan verbal, tes numerik, dan tes penalaran.

Sedangkan soal tes TKDA yang diselenggarakan oleh HIMPSI terdiri dari 130 soal dengan durasi pengerjaan selama 90 menit. TKDA juga terbagi menjadi 3 bagia soal yaitu tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik dan tes kemampuan figural.

Skor yang dipersyaratkan setiap instansi atau lembaga atau organisasi berbeda-beda, tergantung dari tujuan tes TPA. Untuk tes TPA secara umum memiliki skor antara dari 200 sampai dengan  800.

Biasanya skor TPA yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh Proyek DUE  adalah 550. Untuk anda yang sedang mengikuti seleksi masuk program pasa sarjana perguruan tinggi, setidaknya harus memiliki skor antara 450-500 dan untuk seleksi program doktoral (S3), skor TPA yang dipersyaratkan adalah 550-600. Dan lain sebagainya, semua tergantung pada tujuan dan pihak penyelenggara tes.

Bagi anda yang berencana mengikuti tes TPA, sebelum anda mempersiapkan diri anda, anda perlu mencari tahu dulu jenis soal tes TPA yang akan anda kerjakan. Misal, bila ingin masuk program pasca sarjana sebuah perguruan tinggi, maka cobalah mencari informasi dan melatih dengan soal-soal yang biasanya memang digunakan untuk syarat masuk program pasca sarjana sebuah perguruan tinggi.

Bagi anda yang berencana untuk mengikuti CPNS atau seleksi penerimaan karyawan BUMN, maka carilah soal dan berlatih soal tes TPA yang khusus CPNS atau khusus penerimaan BUMN, agar anda tidak salah dalam mempersiapkan diri.

 


Kursus TPA Untuk Memfokuskan Persiapan Tes TPA

 

 

Daripada anda salah dalam persiapan yang dilakukan sendiri, ada baiknya anda mengikuti kursus TPA. Lembaga kursus TPA pasti akan menanyakan tujuan anda mengikuti tes TPA. Apakah untuk pendidikan atau pekerjaan? Pendidikan pun akan dibagi lagi menjadi program pasca sarjana atau program doctoral? Dan pekerjaan pun akan terbagi lagi menjadi swasta, BUMN atau CPNS?

Sehingga lembaga kursus TPA bisa mengarahkan anda pada jenis kursus TPA yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap lembaga kursus juga memberikan paket yang berbeda, ada paket kursus kilat 1 hari saja, ada paket kursus yang terbagi dalam beberapa hari. Sekali lagi, tergantung tujuan anda mengikuti tes TPA.

Dengan mengambil kursus TPA, anda akan diberikan modul yang lebih terspesifikasi pada kebutuhan anda. Beberapa lembaga kursus juga ada yang mengadakan simulasi tes TPA kepada para peserta kursusnya. Tujuannya:

  1. Agar calon peserta tes TPA memahami struktur soal yang akan mereka kerjakan saat tes TPA yang sesungguhnya.
  2. Untuk mengetahui dan memetakan kelebihan dan kekurangan peserta kursus TPA, sehingga lembaga kursus TPA bisa memberikan perhatian khusus pada perbaikan kelemahan anda.
  3. Anda pun akan lebih percaya diri saat mengerjakan tes TPA yang sesungguhnya. Karena anda sudah melakukan persiapan yang tepat.
  4. Sebagai investasi masa depan. Bila anda lulus dengan skor yang dipersyaratkan oleh perguruan tinggi atau institusi pekerjaan yang anda tuju, maka anda akan mendapatkan kesempatan yang jauh lebih besar untuk diterima menjadi karyawan BUMN atau PNS.

Bila anda tidak cocok dengan waktu kursus TPA dari lembaga kursus TPA pilihan anda, anda bisa minta untuk mengambil kursus TPA secara privat atau pribadi. Mereka juga menyediakan fasilitas ini. Durasinya pun sama dengan yang paket regular, hanya berbeda pada biaya yang lebih mahal.

Mengikuti kursus TPA, sudah pasti anda akan mendapatkan modul dari lembaga kursus TPA. Modul ini lebih tepat dan fokus dibanding anda membeli sendiri modul tes TPA di toko buku atau mengunduh dari internet.

Ingat, format soal dan durasi pengerjaan soal tes TPA berbeda-beda. Semuanya tergantung pada tujuan anda mengikuti tes TPA tersebut. Jadi, pilihlah yang pasti-pasti saja.

 

Open chat
Need Help?