Persiapan Tes

Kursus TPA Bappenas Online

Basic

Ingin Masuk Kuliah/Kerja, Sudah Siapkan Skor TPA Anda?

Persiapan Ujian TPA dari Rumah: Belajar Tetap Terarah

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan tes yang sangat terkenal di Indonesia. Tes ini bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti syarat masuk perguruan tinggi maupun syarat melamar pekerjaan di perusahaan swasta, BUMN, dan instansi pemerintah. Tes TPA menyerupai GRE (Graduate Record Examination) dalam dunia internasional. Tujuan dari tes TPA itu sendiri adalah untuk mengukur tingkat kecerdasan (intelektual) seseorang yang berkaitan dengan objek kata, angka, dan gambar.

Kelas TPA Lister

Deskripsi Program

Lister Persiapan Tes TPA Bappenas merupakan program yang dirancang secara khusus untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi TPA Bappenas, dengan cara memberikan strategi, tip dan trik khusus untuk mengerjakan soal dengan benar dan tepat sehingga mampu memperoleh skor tinggi sesuai dengan harapan dan target siswa.

Karakteristik Siswa

Program persiapan tes TPA Bappenas ini ditujukan bagi siswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi Indonesia dan untuk keperluan khusus lainnya seperti melamar pekerjaan dan untuk kenaikan pangkat pada instansi baik pemerintahan ataupun swasta.

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Interaksi One on One memungkinkan Anda untuk lebih fokus belajar. Cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat.
Semi Private Berdua
Ajak 1 teman, sahabat dekat atau saudara Anda untuk Belajar Bersama! Lebih hemat karena biaya kursus bisa dibagi berdua.
Semi Private (3-5)
Anda bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.
Group (3-16)
Lebih seru belajar bareng di Group Class. Memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan classmates lain dan mendapat teman baru.

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Keuntungan Anda Mengambil Kursus TPA Bappenas

Lister selalu berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Belajar TPA Hanya dari Rumah, Hemat Waktu dan Tenaga

Berbeda dari lembaga kursus offline, Lister menyediakan sarana pembelajaran jarak jauh yang menghubungkan Anda dengan Tutor High Qualified Lister yang tersebar di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Dengan platform belajar online, Anda tetap bisa merasakan atmosfer belajar offline karena fitur live video yang tersedia. Anda hanya perlu mempersiapkan tempat belajar yang nyaman dan koneksi internet yang baik untuk menunjang belajar Anda! 

Belajar dengan Materi Up-to-Date yang Terus Diperbaharui, Tanpa Takut Hilang Arah

Seiring berjalannya waktu, pasti terjadi perubahan terhadap materi tes TPA. Perubahan yang dimaksud di sini adalah perubahan variasi soal maupun cara penyelesaiannya. Bersama Tutor yang telah bertahun-tahun mengajar TPA, Anda tak perlu khawatir akan kehilangan arah saat belajar.

Gratis Program Bimbingan Beasiswa/Job Interview, Pilih Sesuka Anda

Setiap peserta memiliki tujuan yang berbeda-beda ketika memutuskan untuk mengambil kursus Persiapan TPA, baik untuk masuk ke perguruan maupun melamar pekerjaan. Oleh karena itu, Anda bebas memilih Kelas Bonus khusus bagi Anda yang mengambil Paket Ultimate Private. Silakan pilih program Bimbingan Beasiswa atau program Job  Interview sesuai kebutuhan Anda pada kelas terakhir Anda.

Latihan dan Pembahasan Soal TPA Intensif bersama Tutor Lister, Free E-Materi dan Direct Feedback untuk Anda!

Penyelenggara dan Format Tes TPA

Secara formal, penyelenggara tunggal TPA ini adalah Bappenas melalui Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes. Badan pemerintah ini memiliki alat tes tersendiri untuk TPA. Namun, beberapa program Pascasarjana universitas juga menyelenggarakan Tes TPA secara independen dengan biaya yang ditentukan masing-masing universitas.

    Soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang bertujuan untuk masuk ke perguruan tinggi berbeda dengan soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang berencana mengikuti tes penerimaan kerja di BUMN maupun CPNS. Sehingga, fokus pembelajarannya pun sudah pasti berbeda. Namun, rata-rata tes TPA yang diadakan di Indonesia, terdiri dari:

  1. Tes verbal yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal kata dan bahasa. Seperti sinonim (persamaan kata), tes padanan hubungan kata, tes antonim (lawan kata), tes pengelompokan kata, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme),  tes logika umum, dan tes logika cerita.
  2. Tes angka yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal merespon angka dengan rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Seperti tes aritmetik, tes seri angka, tes seri huruf, tes angka dalam cerita, dan tes logika angka.
  3. Tes figural untuk mengetahui respon seseorang saat diberi gambar, melalui penggunaan simbol dan diagram. Jumlah soal TPA OTO Bappenas adalah 250 dengan durasi pengerjaan 3 jam. 

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B2

Kursus IELTS Preparation Online – Garansi IELTS 7.5

TOEFL IBT

TOEFL iBT PREPARATION

Intermediate B2

Kursus TOEFL IBT Online – Siap Kuliah di Luar Negeri dengan Skor IBT Tinggi

Job Interview

JOB INTERVIEW

Basic A2

Kursus Job Interview Online – Mudah Lalui Fase Interview, Semakin Dekat dengan Perusahaan Impian

Bahasa Inggris Bisnis

BUSINESS ENGLISH

Basic A2

Kursus Business English Online – Bahasa Inggris Dunia Kerja, Bisa Praktik Sekaligus 

Lulus dengan Mengikuti Kursus TPA

Mengenal Kursus TPA

            Tes TPA atau Tes Potensi Akademik, merupakan tes yang sangat dikenal di Indonesia. Karena tes ini digunakan untuk banyak hal, seperti syarat masuk perguruan tinggi, syarat untuk melamar pekerjaan baik di perusahaan swasta, BUMN, maupun instansi pemerintah. Tes TPA menyerupai dengan GRE (Graduate Record Examination) bila dalam dunia internasional. Tujuan dari tes TPA ini sendiri untuk mengukur tingkat kecerdasan (intelektual) seseorang yang berkaitan dengan objek kata, angka, dan gambar.

            Tes TPA di Indonesia diselenggarakan oleh 3 lembaga, antara lain:

Program Pascasarjana Universitas tertentu, yang dilakukan secara independen. Biaya tergantung pada universitas masing-masing.
Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) yang diselenggarakan oleh Bappenas bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas tertentu atau sering juga disebut sebagai TPA OTO Bappenas. Biaya untuk mengikuti tes ini berkisar antara Rp. 250.000 – Rp. 1.200.000, bergantung pada lokasi tes.
Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dalam koordinasi Pusat Layanan Test Indonesia atau kita sering sebut dengan tes TKDA atau Test Kemampuan Dasar Akademik. Biayanya mulai dari Rp. 250.000.
 Sturktur Soal TPA

            Seperti dijelaskan sebelumnya, tes TPA memiliki beberapa tujuan, atau dibagi dalam dua tujuan utama yaitu untuk syarat masuk ke sekolah menengah dan perguruan tinggi (pendidikan) dan untuk syarat melamar pekerjaan. Sehingga, tes TPA ini memiliki jenis soal yang berbeda-beda, tergantung dari tujuan dan pihak penyelenggara tes TPA.

            Soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang bertujuan untuk masuk ke perguruan tinggi berbeda dengan soal TPA yang dikerjakan oleh mereka yang berencana mengikuti tes penerimaan kerja di BUMN maupun CPNS. Sehingga, fokus pembelajarannya pun sudah pasti berbeda. Namun, rata-rata tes TPA yang diadakan di Indonesia, terdiri dari:

Tes verbal yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal kata dan bahasa. Seperti sinonim (persamaan kata), tes padanan hubungan kata, tes antonim (lawan kata), tes pengelompokan kata, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme),  tes logika umum, dan tes logika cerita.
Tes angka yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam hal merespon angka dengan rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Seperti tes aritmetik, tes seri angka, tes seri huruf, tes angka dalam cerita, dan tes logika angka.
Tes figural untuk mengetahui respon seseorang saat diberi gambar, melalui penggunaan simbol dan diagram.

Jumlah soalnya pun berbeda antara pihak penyelnggara yang satu dengan yang lain. Total soal tes TPA OTO Bappenas yang diselenggarakan oleh Bappenas terdiri dari 250 soal dengan durasi pengerjaan soal 3 jam. Tes TPA ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu, yaitu tes kemampuan verbal, tes numerik, dan tes penalaran.

Sedangkan soal tes TKDA yang diselenggarakan oleh HIMPSI terdiri dari 130 soal dengan durasi pengerjaan selama 90 menit. TKDA juga terbagi menjadi 3 bagia soal yaitu tes kemampuan verbal, tes kemampuan numerik dan tes kemampuan figural.

Skor yang dipersyaratkan setiap instansi atau lembaga atau organisasi berbeda-beda, tergantung dari tujuan tes TPA. Untuk tes TPA secara umum memiliki skor antara dari 200 sampai dengan  800.

Biasanya skor TPA yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh Proyek DUE  adalah 550. Untuk anda yang sedang mengikuti seleksi masuk program pasa sarjana perguruan tinggi, setidaknya harus memiliki skor antara 450-500 dan untuk seleksi program doktoral (S3), skor TPA yang dipersyaratkan adalah 550-600. Dan lain sebagainya, semua tergantung pada tujuan dan pihak penyelenggara tes.

Bagi anda yang berencana mengikuti tes TPA, sebelum anda mempersiapkan diri anda, anda perlu mencari tahu dulu jenis soal tes TPA yang akan anda kerjakan. Misal, bila ingin masuk program pasca sarjana sebuah perguruan tinggi, maka cobalah mencari informasi dan melatih dengan soal-soal yang biasanya memang digunakan untuk syarat masuk program pasca sarjana sebuah perguruan tinggi.

Bagi anda yang berencana untuk mengikuti CPNS atau seleksi penerimaan karyawan BUMN, maka carilah soal dan berlatih soal tes TPA yang khusus CPNS atau khusus penerimaan BUMN, agar anda tidak salah dalam mempersiapkan diri.

Kursus TPA untuk Memfokuskan Persiapan Tes TPA

Daripada anda salah dalam persiapan yang dilakukan sendiri, ada baiknya anda mengikuti kursus TPA. Lembaga kursus TPA pasti akan menanyakan tujuan anda mengikuti tes TPA. Apakah untuk pendidikan atau pekerjaan? Pendidikan pun akan dibagi lagi menjadi program pasca sarjana atau program doctoral? Dan pekerjaan pun akan terbagi lagi menjadi swasta, BUMN atau CPNS?

Sehingga lembaga kursus TPA bisa mengarahkan anda pada jenis kursus TPA yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap lembaga kursus juga memberikan paket yang berbeda, ada paket kursus kilat 1 hari saja, ada paket kursus yang terbagi dalam beberapa hari. Sekali lagi, tergantung tujuan anda mengikuti tes TPA.

Dengan mengambil kursus TPA, anda akan diberikan modul yang lebih terspesifikasi pada kebutuhan anda. Beberapa lembaga kursus juga ada yang mengadakan simulasi tes TPA kepada para peserta kursusnya. Tujuannya:

Agar calon peserta tes TPA memahami struktur soal yang akan mereka kerjakan saat tes TPA yang sesungguhnya.
Untuk mengetahui dan memetakan kelebihan dan kekurangan peserta kursus TPA, sehingga lembaga kursus TPA bisa memberikan perhatian khusus pada perbaikan kelemahan anda.
Anda pun akan lebih percaya diri saat mengerjakan tes TPA yang sesungguhnya. Karena anda sudah melakukan persiapan yang tepat.
Sebagai investasi masa depan. Bila anda lulus dengan skor yang dipersyaratkan oleh perguruan tinggi atau institusi pekerjaan yang anda tuju, maka anda akan mendapatkan kesempatan yang jauh lebih besar untuk diterima menjadi karyawan BUMN atau PNS.

Bila anda tidak cocok dengan waktu kursus TPA dari lembaga kursus TPA pilihan anda, anda bisa minta untuk mengambil kursus TPA secara privat atau pribadi. Mereka juga menyediakan fasilitas ini. Durasinya pun sama dengan yang paket regular, hanya berbeda pada biaya yang lebih mahal.

Mengikuti kursus TPA, sudah pasti anda akan mendapatkan modul dari lembaga kursus TPA. Modul ini lebih tepat dan fokus dibanding anda membeli sendiri modul tes TPA di toko buku atau mengunduh dari internet.

Ingat, format soal dan durasi pengerjaan soal tes TPA berbeda-beda. Semuanya tergantung pada tujuan anda mengikuti tes TPA tersebut. Jadi, pilihlah yang pasti-pasti saja.