Kursus SAT Online, 3 Langkah Persiapan Untuk Mendaftar Universitas Impian

Kursus SAT Online, 3 Langkah Persiapan Untuk Mendaftar Universitas Impian

lister.co.id – Jika kamu ingin mendaftar ke universitas di Amerika untuk jenjang kuliah S1, kamu wajib ikut tes SAT. Kamu bisa mengikuti kursus SAT online untuk melakukan persiapan mendaftar di universitas impian. Selain Amerika, tes SAT juga berlaku di Inggris, Singapura, Finlandia dan Australia. Berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang menguji kelancaran berbahasa Inggris, tes SAT menguji kesiapan kamu untuk mengikuti perkuliahan S1 di luar negeri. SAT juga bisa menjadi nilai plus jika kamu ingin mendapatkan beasiswa, dan bahkan beasiswa tambahan lho.

Baca juga: Jika Ingin Kuliah di US, 5 Hal Penting Wajib Kamu Persiapkan

Apa Itu SAT Test?

SAT Test (Scholastic Aptitude Test) adalah ujian standardisasi yang diciptakan oleh  College Board. Tes yang diadakan enam kali dalam satu tahun ini diakui secara global dan menjadi acuan universitas sewaktu menerima mahasiswa. Lebih dari dua juta mahasiswa mengikuti tes SAT setiap tahun.

Kursus SAT Online
Source: Freepik.com

Tes SAT terbagi menjadi dua jenis tes:

  • SAT Reasoning Test: menguji kemampuan pelajar dalam membaca, menulis dan matematika
  • SAT Subject Test: menguji keterampilan pelajar dalam bidang-bidang studi tertentu

Format SAT Test ada tiga jenis diantaranya:

  • Pilihan Ganda
  • Esai
  • Menulis Jawaban

Seperti Apa Struktur Tes SAT?

  1. Reading Test

Pada bagian ini, ada sebanyak 52 soal pilihan ganda yang berdurasi 65 menit untuk kamu kerjakan. Contoh formatnya seperti di bawah ini:

2. Writing and Language Test

Di bagian writing and language, ada 44 soal pilihan ganda yang berdurasi 35 menit.

3. SAT Essay

Bagian ini menguji kemampuan pemahaman bacaan, analisa dan menulis. Kamu akan diberikan waktu 50 menit untuk membaca sebuah bacaan, kemudian menuliskan esai berdasarkan instruksi yang diminta.

4. Math Test

Perpaduan antara soal pilihan ganda dan soal isian. Bagian soal yang menggunakan kalkulator sebanyak 38 soal (durasi 55 detik) sedangkan untuk yang tanpa kalkulator sebanyak 20 soal (durasi 25 menit).

Skor SAT

Total skor SAT yang akan kamu dapatkan berkisar dari 400 – 1600. Untuk masing-masing bagian (Reading, Writing, Math) kisaran skor adalah 200 – 800. Sedangkan untuk SAT Essay skor berkisar antara 2 – 8.

Kursus SAT Demi Universitas Impian

Dari penjelasan di atas, tentu kamu sudah membayangkan betapa rumitnya tes ini, dan persiapan yang harus dilakukan. Bila melakukan persiapan sendiri, tentu lebih tidak mudah, karena kamu akan membutuhkan banyak sekali waktu untuk mempelajari bakal soal tes SAT ini. Maka, solusi yang terbaik adalah dengan mengikuti kursus SAT.

Tidak perlu khawatir bila kamu membayangkan kursus SAT akan berlangsung dengan sangat membosankan. Saat ini, lembaga kursus SAT sudah banyak yang menerapkan metode pembelajaran yang fun dan mudah dipahami. Dengan mengikuti kursus SAT, maka kamu akan lebih terarah dalam persiapan tes SAT.

Waktu kursus SAT pun macam-macam, ada yang seminggu 3 kali pertemuan, 2 kali pertemuan, dan lainnya. Jadi, kamu bisa pilih kelas yang sesuai dengan jadwal aktifitas sekolahmu. Selain itu, dengan mengikuti kursus SAT, kamu akan mengetahui di mana letak kelebihan dan kelemahan kamu, sehingga kamu bisa lebih fokus mengejar ketertinggalanmu. Dan dengan kursus SAT, kamu jadi lebih intens dalam mempersiapkan dirimu. Karena mau tidak mau, kamu harus mengerjakan semua pekerjaan rumah yang diberikan oleh lembaga kursus SAT, dan ini akan membuatmu berlatih setiap hari.

Dengan kata lain, lembaga kursus SAT akan membantu kamu dalam meraih impianmu untuk masuk ke universitas yang kamu impikan. Kalau kamu bingung memilih lembaga kursus SAT yang terbaik, kamu bisa menanyakan kepada mereka yang sudah pernah mengikuti tes SAT, atau mencoba mencari tahu dari tempat penyelenggara tes SAT yang ditunjuk secara resmi oleh ETS sebagai perwakilan di Indonesia. Sedikit banyak, kamu akan mendapatkan informasi dari mereka, lembaga kursus seperti apa yang berkualitas itu.

Bila kamu memiliki beberapa teman yang juga berniat untuk mengambil tes SAT, kamu bisa mendaftar secara berkelompok. Karena beberapa lembaga kursus SAT memberikan diskon bagi yang mendaftar secara berkelompok. Semakin banyak jumlah anggota kelompoknya, semakin banyak diskon yang mereka berikan.

Selain mendapat biaya kursus SAT yang lebih murah, kamu jadi semakin semangat ikut kursus, karena bisa belajar bersama dan berdiskusi bersama dengan sesama teman yang sudah kamu kenal. Karena biaya kursus SAT ini juga tidak murah, maka kamu harus memanfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin. Kamu bisa mendaftar kursus SAT secara online di Lister dan mulai belajar bersama tutor terbaik lho. Untuk gabung, kamu bisa langsung klik tautan ini.

Jalinlah komunikasi sesering mungkin dengan mentor kursus SAT di tempatmu. Minta mereka tips dan trik menjawab berbagai soal tes SAT, baik yang sifatnya pengetahuan umum, berupa bacaan, maupun essay. Karena biar bagaimanapun, bahasa inggris bukanlah bahasa ibu Negara kita, jadi tentu kamu perlu banyak persiapan yang efektif, efisien, cerdas, namun tetap menyenangkan untukmu.

Good Luck, semoga kamu bisa masuk ke universitas impian kamu ya!

Baca juga: