KURSUS PRONUNCIATION AGAR KOMUNIKASI LANCAR

KURSUS PRONUNCIATION AGAR KOMUNIKASI LANCAR

Lister.co.id –   Ada banyak faktor yang harus kita perhatikan bila ingin menguasa bahasa inggris secara keseluruhan. Selain perlu mempelajari vocabulary, tenses, grammar, dan lainnya, ada satu lagi yang penting untuk dipelajari dna dikuasasi, jika ingin berkomunikasi dengan baik.

Yaitu, pronunciation. Pronunciation merupakan cara pelafalan sebuah kata dalam bahasa inggris.

Salah mengucapkan sebuah kata, maka akan mengubah arti, dan membuat komunikasi pun tidak berjalan lancar, karena terjadi  kesalahpahaman dalam mengartikan sebuah kata. Contohnya tree (pohon) dengan three (tiga), new (baru) dengan knew (mengetahui), dan lain sebagainya.

Teknik Mempelajari Pronunciation

            Untuk mempelajari pronunciation, anda perlu memperhatikan atau menguasai beberapa hal berikut ini:

Vowels

Vowels atau sering disebut dengan suara vokal. Perlu diketahui sebelumnya, suara vokal berbeda dengan huruf vokal. Bila huruf vokal terdiri dari: a, i, u, e, o.

Maka, yang disebut suara vokal dalam bahasa inggris terdiri dari 22 suara vokal. Seperti sit, ten, cat, father, dan lainnya. Untuk pelafalannya, anda bisa simak dari google translate voice.

Consonants

Consonants terdiri dari 2 jenis suara konsonan yaitu unvoiced consonants yang merupakan suara konsonan yang tidak menimbulkan getaran pada bibir, lidah, atau tenggorokan.

Seperti kata two, church, dan lainnya. Sedangkan, voiced consonants merupakan suara konsonan yang ketika sebuah kata dilafalkan, menimbulkan getaran pada bibir, lidah, atau tenggorokan. Seperti: do, then, dan lainnya.

Popsounds

Popsounds atau bisa diartikan dengan pantulan suara atau letupan suara. Seperti kata seed dan watch.

Final sounds

Final sounds adalah suara terakhir pada suatu bunyi dari suatu kata, seperti kata like yang suara akhirnya adalah ‘k’ dan bukan ‘e’ seperti tulisannya.

            Selain ke empat hal di atas, ada 4 aspek lagi yang perlu anda pelajari untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan benar, yaitu:

  1. Word stress yangmerupakan penekanan suara pada sebuah kata.
  2. Sentence stress atau penekanan suara pada kalimat.
  3. Linking atau teknik penyambungan pada kata.
  4. Intonation atau naik turunya nada suara saat bicara.

Semua hal tersebut bisa dipelajari melalui audio atau suara, karena berkaitan dengan cara melafalkan kata setiap kata dalam bahasa inggris. Oleh karena itu, mempelajari pronunciation perlu dilakukan kepada orang yang memang ahli dalam pelafalan bahasa inggris.

Bila dari google translate voice atau aplikasi bahasa inggris lainnya yang juga menyediakan fasilitas cara pelafalan melalui suara, keduanya hanya akan melafalkan kata tersebut, tetapi tidak mengajarkan teknik pelafalannya.

Dengan kata lain, belajar pronunciation akan sia-sia bila dilakukan secara otodidak atau belajar sendiri tanpa bantuan orang lain. Anda mungkin akan paham perbedaan bunyinya, tetapi belum tentu bisa melafalkannya sendiri dengan benar.

pronunciation

Kursus Pronunciation Agar Lancar Berkomunikasi

Kalau anda jarang menggunakan bahasa inggris dalam komunikasi sehari-hari, anda bisa mempelajari pronunciation dari aplikasi berbahasa inggris, lagu berbahasa inggris, dan film berbahasa inggris. Perlu diingat, bahasa inggris memiliki beberapa aksen, yang terdiri dari British, American, dan Australia. Pengucapan 1 kata yang sama bisa terdengar berbeda bila diucapkan menggunakan ke tiga aksen tersebut. Masing-masing memiliki teknik pelafalan dan penekanan suara yang berbeda.

Nah, kalau anda membutuhkan bahasa inggris untuk komunikasi sehari-hari, belajar dari aplikasi, film, dan lagu saja tidak cukup. Anda perlu mengikuti kursus pronunciation pada lembaga kursus yang terpercaya.. Khusus kursus pronunciation, pilihlah lembaga kursus yang pengajarnya adalah foreigner atau native speaker.

Kedua, sebelum memilih lembaga kursus, anda perlu menentukan terlebih dahulu, jenis aksen bahasa inggris mana yang anda butuhkan. British English kah? American English? Atau Australia English? Karena ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda. Bila anda butuh berkomunikasi dengan lingkungan orang – orang Amerika, maka pilihlah lembaga kursus pronunciation yang pengajarnya berasal atau sudah lama tinggal di Amerika. Begitu pula dengan 2 aksen lainnya.

baca juga

Misalkan, anda berencana melanjutkan sekolah di Inggris, maka anda perlu mengikuti kursus pronunciation pada lembaga kursus pronunciation yang staf pengajarnya berasal dari Inggris atau sudah lama tinggal di Inggris. Percayalah, anda yang terbiasa berkomunikasi bahasa inggris dengan aksen Amerika, pasti akan bingung ketika kemudian harus berkomunikasi dengan sekelompok orang yang memiliki aksen inggris. Keduanya sekilas terdengar sama, namun memiliki perbedaan yang jauh.

Setelah anda mengetahui kebutuhan berkomunikasi anda, pilihlah kursus pronunciation yang berkualitas. Selain memiliki native speaker,  pilihlah lembaga kursus pronunciation yang memiliki program belajar yang variatif dan menyenangkan. Hal ini berguna untuk mempercepat anda menguasai pronunciation dengan lebih cepat.

Tidak perlu bingung dalam memilih lembaga kursus pronunciation, karena sudah banyak lembaga kursus bahasa inggris yang membuka kelas kursus pronunciation. Anda bisa memilih paketnya sesuai dengan kebutuhan anda dan ketersediaan waktu anda. Bila waktu anda tidak cocok dengan kelas kursus pronunciation regular, maka cobalah untuk mengambil paket kursus pronunciation yang privat, yang bisa disesuaikan dengan waktu yang anda miliki.

Manfaatkanlah kesempatan yang anda miliki selama mengikuti kursus pronunciation dengan sebaik mungkin. Kuasai sebanyak mungkin cara pelafalan kata, dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa berkomunikasi dengan teman-teman anda, keluarga anda, atau rekan kerja anda dengan menggunakan bahasa inggris. Tujuannya, agar anda semakin fasih melafalkan kata demi kata dengan tepat.

baca juga

Bila anda memiliki teman yang berkewarganegaraan asing, anda bisa berkomunikasi dengan mereka, dan rasakan atmosfer yang berbeda. Untuk memperkaya kosa kata, selain mengikuti kursus pronunciation, anda juga bisa memperkayanya dengan sering-sering menonton film atau mengikuti webinar berbahasa inggris dengan tema baru yang jarang anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

Perhatikan cara mereka berkomunikasi, dan diskusikan dengan mentor kursus pronunciation anda. Diskusikan metode pelafalan mereka dengan mentor kursus pronunciation anda, agar pengetahuan kosa kata anda semakin banyak, dan kemampuan pelafalan anda semakin berkembang. Tentu saja hal ini akan meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Kini, anda siap berkomunikasi dalam bahasa inggris, membahas berbagai topik, dengan pelafalan yang tepat. Sebuah prestasi yang keren bukan?

Jadi, ingin menguasai dunia? Kuasai dulu pelafalannya yang benar. Segera cari dan pilih lembaga kursus pronunciation yang terpercaya. Dan selamat menguasai dunia!