Persiapan Tes

Kursus Persiapan ACT

American College Testing Program

Lolos Tes ACT dengan Skor Tinggi!

Intensive ACT Test Preparation You Must Enrol

ACT (American College Testing) merupakan salah satu proficiency test untuk masuk jenjang S1 di Amerika Serikat. Sertifikat tes ini diterima di seluruh universitas di AS dan ratusan universitas lain di dunia. Pastikan diri Anda siap menghadapi Tes ACT ini dan jadilah satu dari ribuan siswa yang diterima! 

Ikuti persiapan Tes ACT paling terstruktur dan paling lengkap! Anda akan dibimbing untuk berlatih materi dan soal dalam ACT Test langsung dari Tutor Berpengalaman hingga mendapatkan skor yang memuasakan!

Gabung di Lister Community!

Temui ratusan member lain dan dapatkan informasi terupdate seputar event, promo, dan program terbaru dari Lister secara GRATIS!

Deskripsi Program

LISTER Preparation Course for ACT  Test adalah program belajar yang dirancang untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi Tes ACT. Anda akan memperoleh pendampingan eksklusif yang  berisi strategi, tip dan trik memecahkan soal dengan benar, serta kiat-kiat mendapatkan skor ACT tinggi sesuai target Anda. 

Karakteristik Siswa

Program Kursus Persiapan ACT ini terbuka untuk siswa SMA/SMK atau gap year yang ingin akan melamar program S1 ke universitas di Amerika Serikat maupun universitas terkenal lainnya di dunia. Persyaratan untuk bisa mengikuti program ini adalah setidaknya pernah mempelajari bahasa Inggris dengan level kemampuan minimal Intermediate B1.  Namun, jika calon siswa masih pada level dasar dan belum mahir, sangat disarankan untuk mengambil program Academic English terlebih dahulu.

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Benefit Mengikuti Kursus Tes ACT

Lister selalu berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Progress Belajar Meningkat Lebih Cepat

Melalui the Lister method, rasakan pengalaman belajar yang menyenangkan dalam kelas online yang interakif! Dengan tahunan pengalaman mengajar ACT dari Tutor Lister, Anda akan lebih cepat menguasai materi Tes ACT  daripada teman-teman yang tidak mengikuti kursus. Siap naik tingkat lebih cepat? 

Bebas Pilih Jadwal dan Gratis Rescheduling!

Kelas online Lister didesain untuk memudahkan proses belajar Anda. Kami memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada Anda untuk menemukan waktu belajar yang pas dan sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan, Anda bisa menggeser jadwal kursus jika memiliki keperluan mendesak. Kapan saja Anda ingin belajar, konsultasikan kepada tim kami segera! 

Materi yang Dirancang secara Eksklusif Khusus untuk Anda

Ikuti pre-test untuk mengetahui level awal kemampuan Anda! Menyadari kemampuan masing-masing siswa yang berbeda, kami akan meyediakan materi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda sehingga lebih efektif dan tepat sasaran! Ikuti juga program Kursus Persiapan ACT minimal 60 pertemuan, dan dapatkan kelas Gratis Bimbingan Beasiswa! 

Jangan Lewatkan Panduan Belajar Tes ACT Berkualitas Langsung dari Rumah Anda!

ACT (test) adalah tes yang digunakan sebagai standarisasi ujian masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat. Kepanjangan ACT adalah American College Testing.

ACT dikelola oleh ACT, organisasi nonprofit dengan nama yang sama. ACT test meliputi empat kemampuan akademik: bahasa Inggris, Matematika, Membaca, serta Penalaran Ilmiah.

Tes ini menawarkan ujian tertulis secara langsung. Tes ACT diakui di setiap universitas dan perguruan tinggi dengan empat tahun masa kuliah di Amerika Serikat. Tes ini juga diakui di lebih dari 225 universitas di luar Amerika Serikat.

Setiap bagian dari ACT test dinilai masing-masing dengan skala 1-36. Skor gabungan (rata-rata bilangan bulan yang dibulatkan dari empat bagian) disediakan.

Tes ACT pertama kali diperkenalkan pada November 1959 di Universitas Iowa oleh Profesor Everett Franklin. Lindquist sebagai kompetitor Scholastic Aptitude Test (SAT). Awalnya ACT terdiri dari empat tes, yakni bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Sosial, dan Ilmu Alam.

Namun pada 1989, Ilmu Sosial digantikan Membaca yang juga mencakup subbagian Ilmu Sosial. Ilmu Alam juga diganti nama menjadi Penalaran Ilmiah yang menekankan pada kemampuan memecahkan masalah sebagai ganti menghafalkan pengetahuan sains.

Pada Februari 2005, tes Menulis yang tidak wajib ditambahkan ke ACT. Pada 2017, tes berbasis komputer disediakan pada wilayah yang terbatas di sejumlah distrik di Amerika Serikat.

Format Tes

Tes ACT berlangsung selama 2 jam 55 menit tanpa bagian Menulis. Jika mengambil tes tambahan Menulis, terdapat tambahan 3 jam 35 menit. Semua bagian merupakan tes pilihan ganda, kecuali bagian Menulis.

Bahasa Inggris

Tes yang pertama adalah bahasa Inggris. Tes ini berlangsung selama 45 menit. Tes Bahasa Inggris menguji kemampuan tata bahasa, penggunaan tanda baca, struktur kalimat, serta gaya bahasa.

Matematika

Tes yang kedua adalah Matematika. Tes ini berlangsung selama 60 menit. Tes ini menguji kemampuan aljabar, geometri, dan trigonometri.

Membaca

Bagian Membaca berlangsung selama 35 menit. Soal membaca terdiri dari 40 pertanyaan yang terbagi dalam 4 bagian.

Sains

Bagian tes Sains berlangsung selama 35 menit. Selama kurun waktu tersebut peserta diminta menjawab 40 pertanyaan.

Menulis

Bagian tes ini tidak wajib diikuti. Bagian ini menjadi akhir dari keseluruhan tes. Bagian ini berlangsung selama 40 menit.

Peserta wajib menganalisis dan memberi pendapat atas tiga sudut pandang yang berbeda terhadap suatu isu sosial yang luas.

Hasil penilaian dari tes Menulis tidak memengaruhi hasil skor tes bahasa Inggris. Hasil tes ini dimasukkan secara berbeda.

 

Tips Mengerjakan Tes ACT

Mengapa tes ACT penting? Pertama, skor ACT menunjukkan bahwa peserta siap mengikuti perkuliahan secara akademis.

Kedua, skor ACT akan dimasukkan statistik ACT tahunan. Reputasi universitas diperhatikan termasuk dari skor ACT siswa yang masuk. Sekolah-sekolah seperti Harvard, Stanford, dan universitas ternama lainnya sering diasosiasikan dengan skor ACT para siswa yang mereka terima.

Maka dari itu, memberikan usaha lebih untuk meningkatkan skor ACT adalah hal yang penting. Dengan skor ACT dan GPA yang bagus, siswa akan memperoleh kemungkinan lebih besar untuk diterima di universitas ternama.

Skor ACT lebih penting lagi jika siswa tidak memiliki catatan nilai yang baik di sekolah. Skor ACT dapat membantu memperbaiki nilai GPA yang rendah.

Walaupun terkesan sulit, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skor ACT.

Tenangkan Diri Sebelum Tes

Tes ACT menguji pengetahuan yang sudah kamu pelajari selama sekolah, sehingga jangan memaksakan diri menjejalkan terlalu banyak pelajaran pada malam sebelum tes.

Sehari sebelum tes, istirahat dan tenangkan diri sebelum tes berlangsung. Tidur yang cukup. Begadang hanya akan membuat stres dan lelah keesokan harinya.

Kenali Tes Terlebih Dahulu

Buat dirimu familiar dengan struktur tes ACT sebelum mulai. Selama masa persiapan, pelajari arahan setiap bagian dari tes.

Setelah kamu mengikuti tes, kamu sudah tahu cara mengerjakan tes dan apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Cara ini akan membantumu menghemat waktu dalam mengerjakan tes.

Jawab Pertanyaan yang Lebih Mudah Dahulu

Pertama, jawab pertanyaan yang lebih mudah dahulu. Tandai kertas soal yang dilewati sehingga bisa dengan mudah ditemukan nantinya.

Setelah menjawab pertanyaan yang mudah, kembali ke awal dan jawab pertanyaan yang lebih sulit. Namun biasanya urutan soal dimulai dari yang lebih mudah, baru yang sulit.

Buat Corat-Coret di Kertas Soal

Kertas soal menjadi milik peserta. Setelah tes selesai, kertas soal tersebut akan dibuang.

Jangan khawatir untuk membuat corat-coret di kertas soal. Hal ini diizinkan.

Jangan Menulis di Kertas Jawaban

Kertas jawabanmu akan dikoreksi oleh mesin. Mesin tidak dapat membedakan antara jawaban yang benar atau coretan pada kertas jawaban.

Ikuti petunjuk tentang cara menjawab pertanyaan dengan benar.

Hanya Ada Satu Jawaban Benar

Pada tes ACT, hanya ada satu jawaban benar. Bahkan jika tampaknya ada dua jawaban benar, kamu hanya bisa memilih salah satu. Pilihlah jawaban yang terbaik.

Tebak Jawaban yang Tidak Kamu Ketahui

Jika kamu berhadapan dengan soal yang tidak diketahui, kamu bisa menebak jawabannya. Pilih jawaban yang paling masuk akal.

Perhatikan Waktu Menjawab Soal

Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak pada satu pertanyaan, mengingat ada batas waktu menyelesaikan tes. Batasi diri mengerjakan soal yang sulit selama 1 sampai 2 menit saja dan soal yang mudah 10 sampai 20 detik saja.

Perhatikan waktu yang tersisa pada setiap bagian tes, sehingga kamu tidak terburu-buru pada akhir tes.

Baca Setiap Pertanyaan dengan Cermat

Jangan berasumsi bahwa kamu mengetahui maksud pertanyaan sampai membacanya secara keseluruhan. Maka dari itu, bacalah pertanyaan dengan cermat.

Jangan Mengubah Jawaban

Jangan mengubah jawaban kecuali kamu yakin bahwa kamu salah. Namun sebaiknya jangan mengubah jawaban jika memang tidak perlu.

Perbanyak Latihan

Tidak ada yang bisa menggantikan latihan sebanyak mungkin. Selalu perbaiki diri melalui latihan-latihan.

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

Academic English

ACADEMIC ENGLISH

Basic A2

Kuasai Basic English untuk  IELTS/TOEFL/SAT/TOEIC

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B2

Kursus IELTS Preparation Online Garansi IELTS 7.5

Beasiswa S2

MENTORING BEASISWA ONLINE

Tip dan Trik serta Bimbingan Motivation Letter Jenjang S1-S3

Unve Preparation

UNIVERSITY PREPARATION

Basic A2

Kenali Atmosfer Kuliah di Luar Negeri dari Pengalaman para Alumni