Persiapan Tes

Kursus IB DP

The International Baccalaureate Diploma Programme

Program Belajar IB DP Intensif, Cocok untuk Pendampingan Belajar Siswa 16-19 Tahun

Pendalaman Materi Terlengkap Hingga Latihan Soal Ujian IB DP

IB, International Baccalaureate terdiri dari beberapa tingkatan, salah satunya  DP (Diploma Programme) yang merupakan program persiapan untuk menghadapi tes IB DP sebagai bekal mendaftar ke universitas terkemuka di dunia.

Terdapat puluhan institusi di Indonesia yang menyediakan program belajar berkurikulum IB DP. Namun, tak ada salahnya jika Anda mendaftar program Kursus IB DP di Lister untuk mendapatkan pemantapan materi serta dukungan profesional dari Tutor Lister yang berpengalaman!

Gabung di Lister Community!

Temui ratusan member lain dan dapatkan informasi terupdate seputar event, promo, dan program terbaru dari Lister secara GRATIS!

Deskripsi Program

LISTER Kursus IB DP  merupakan program belajar bagi siswa usia 16-19 tahun yang sedang menjalani pendidikan dengan kurikulum IB. Les IB dari Lister ini bertujuan untuk membantu siswa agar lebih memahami materi dalam IB DP hingga bisa meraih skor tinggi ketika international baccalaureate test telah tiba.  Dalam pemantapan materi ini, siswa akan dibekali dengan materi yang merujuk pada soal ujian, tip dan trik mengerjakan soal, hingga konsultasi kelas untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa. 

Karakteristik Siswa

Kursus IB DP ini ditujukan bagi siswa Sekolah Menengah Atas yang akan menghadapi tes IB DP dan melamar ke berbagai universitas terkemuka dunia seperti jajaran kampus di UK, US, Australia, Canada, dan ribuan lainnya. 

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Berbagai Benefit yang akan Anda Dapatkan

Lister berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Personal and Material Support dari Tutor High Qualified Lister

Memiliki tutor pendamping untuk belajar tentu akan memudahkan Anda memahami materi dalam IB DP. Selain itu, para Tutor Lister juga telah mengambil tes IB DP hingga meraih skor tinggi. Oleh karenanya, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang akurat dan terpercaya, langsung dari alumni IB DP. Dukungan moril juga tidak akan henti-hentinya menemani langkah perjuangan belajar Anda.

Kesiapan Optimal Menghadapai Ujian IBDP

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk belajar materi IBDP, semakin besar pula peluang dan kesempatan Anda untuk mendapatkan skor tinggi dalam international baccalaureate test. Hal ini terjadi karena para siswa telah benar-benar memahami tipe soal yang akan diujikan serta benar-benar mampu mengaplikasikan teori saat menjawab soal ujian. Ayo, jadilah satu dari ribuan siswa Lister yang telah berhasil meraih mimpi kuliah di luar negeri dengan ikut kursus IB DP!

Semakin Dekat dengan Kampus Tujuan

Memiliki skor hasil ujian IBDP yang tinggi pasti akan sangat membuka peluang dan kesempatan yang luas untuk Anda memilih hingga diterima di kampus dan universitas tujuan. Lengkapi proses lamaran kuliah Anda dalam program Bimbingan Beasiswa Gratis oleh Lister! Anda hanya perlu mendaftar program Ultimate untuk bisa mendapatkan kesempatan ini.

Wujudkan Mimpi Anda untuk Raih Skor IBDP Tinggi bersama Lister!

Kursus IB diselenggarakan untuk membantu mereka yang ingin mengikuti test IB dalam International Baccalaureate Diploma Programme (IB DP). Hasil ujian ini nantinya menjadi bekal untuk mendaftar di berbagai universitas ternama di seluruh dunia.

Untuk mengikuti International Baccalaureate test, dibutuhkan persiapan khusus. Salah satunya adalah dengan mengikuti les IB di tempat-tempat yang menyediakan program kursus IB DP.

Apa itu International Baccalaureate (IB)?

International Baccalaureate (IB) merupakan kurikulum internasional. Banyak sekolah dan lembaga pendidikan di Indonesia yang mulai menggunakan kurikulum ini sebagai kerangka pembelajarannya.

Terdapat empat program pendidikan yang dimiliki IB. Termasuk di antaranya adalah program diploma yang akan membantu siswa mempersiapkan diri agar dapat masuk di berbagai universitas terkemuka di dunia.

Ciri khas dari kurikulum IB adalah mendorong siswa untuk berpikir kritis, tanggap, kreatif, berbudaya, dan berwawasan global.

Tentu tidak mudah bagi lembaga pendidikan untuk memperoleh sertifikasi IB. Prosesnya memakan waktu 2-3 tahun dan akan terus-menerus dievaluasi.

Kurikulum IB di Indonesia

Di Indonesia sendiri belum banyak yang menerapkan kurikulum IB. International Baccalaureate di Indonesia saat ini baru tersedia di sejumlah sekolah di beberapa kota, yakni Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, dan Surabaya.

Maka dari itu, ketersediaan program IB Diploma Indonesia memang masih sangat terbatas.

IB menyediakan empat program untuk empat jenjang usia yang berbeda.

1. Primary Years Programme (PYP)

Program ini dikhususkan untuk anak berusia 3-12 tahun. Tujuan utama program ini adalah mempersiapkan siswa menjadi sosok yang aktif, tanggap, pembelajar, mampu menghormati diri sendiri dan orang lain, serta partisipatif terhadap lingkungan sekitar.

Terdapat enam subjek yang diajarkan, yakni Bahasa, Ilmu Sosial, Matematika, Seni, dan Pendidikan Jasmani.

2. Middle Years Programme (MYP)

Program ini dibuat untuk jenjang usia 11-16 tahun. Tujuan utama program ini yaitu membuat siswa memahami korelasi antara pendidikan mereka dengan dunia nyata.

Siswa diajarkan untuk aktif berpartisipasi di masyarakat. Terdapat delapan subjek yang diajarkan, yakni Bahasa Ibu, Bahasa Kedua, Humaniora, Sains, Matematika, Seni, Pendidikan Jasmani, dan Teknologi.

3. Diploma Programme (DP)

Program ini dirancang untuk jenjang berikutnya, yakni 16-19 tahun. Program DP membantu mempersiapkan siswa mengikuti seleksi perguruan tinggi.

Program berlangsung selama dua tahun. Banyak universitas terkemuka di dunia yang sudah mengakui sistem kurikulum IB.

Dalam program ini, siswa diminta memilih salah satu dari enam subjek, yakni Matematika, Seni, Ilmu Sosial, Bahasa, dan Pengalaman Eksperimental.

4. Career-Related Programme (CP)

Program ini juga dirancang untuk jenjang usia 16-19 tahun. Tujuan utamanya adalah membantu mempersiapkan siswa mengikuti magang, memulai karier, masuk universitas, atau bekerja.

Kurikulum International Baccalaureate Diploma Programme (IB DP)

Kurikulum untuk program DP terdiri dari inti pembelajaran dan enam kelompok subjek. Inti pembelajaran terdiri dari tiga komponen utama.

Inti pembelajaran DP bertujuan memperluas pengalaman pendidikan dan menantang siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan serta keterampilan mereka.

Tiga inti pembelajaran adalah:

a. Theory of Knowledge (TOK)

Siswa merefleksikan hakikat pengetahuan dan bagaimana siswa mengetahui apa yang diklaim diketahui. TOK adalah bagian dari IB DP dan wajib dijalani setiap siswa.

Siswa akan memilih satu dari enam judul esai yang ditentukan IB. Setiap judulnya berubah pada setiap sesi ujian.

Siswa juga akan diminta mempresentasikan hasil penelitiannya yang dilakukan secara berkelompok maupun individual.

b. Extended Essay (EE)

Siswa mengerjakan penelitian ilmiah. Penelitian kemudian dipresentasikan dalam esai sepanjang 4.000 kata yang dibuat secara independen.

Topik yang diangkat menjadi esai beragam. Topik-topik tersebut dapat berkaitan dengan sains, budaya, teknologi, dan lain-lain sesuai minat siswa.

c. Creativity, Activity, Service (CAS)

Siswa menyelesaikan proyek yang berhubungan dengan ketiga konsep tersebut.

Sementara itu enam International Baccalaureate subjects yang diajarkan adalah Ilmu Bahasa dan Sastra, Penguasaan Bahasa, Individu dan Masyarakat, Sains, Matematika, dan Seni.

Siswa akan diminta memilih enam subjek yang diajarkan. Sebagai pilihan, siswa dapat menambah satu subjek untuk dipelajari.

Siswa akan mengambil subjek pada level yang lebih tinggi (higher level atau HL) maupun level standar (standard level atau SL).

Setiap siswa mengambil setidaknya tiga (tapi tidak lebih dari empat) subjek HL dan sisanya pada subjek SL. Subjek SL terdiri dari 150 jam pelajaran. Subjek HL terdiri dari 240 jam pelajaran.

Cara Mendapatkan International Baccalaureate (IB) Diploma

Mendapatkan IB Diploma memang sulit. Namun bukan tidak mungkin diraih. Dengan ketekunan dan kedisiplinan, kamu dapat sukses melewati ujian IB DP.

Untuk menjadi siswa IB DP yang sukses, siswa harus menghadiri kelas tepat waktu, memiliki catatan kehadiran yang baik, dan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu.

Dalam setiap subjek, siswa harus menyelesaikan tugas wajib. Biasanya tugas wajib ini berbobot 25 persen dari nilai akhir setiap subjek.

Terdapat nilai maksimal 7 poin untuk masing-masing dari enam subjek yang diperlukan. Sebagai tambahan, ada 3 poin untuk kombinasi TOK dan Extended Essay.

Dengan begitu, total maksimum yang bisa diperoleh adalah 45 poin. Minimal tiga mata pelajaran harus diambil di HL.

Secara umum, untuk memperoleh IB Diploma, siswa harus mendapatkan skor minimal 4 poin di tiap subjek atau totalnya 24 poin. Walaupun begitu, skor minimal tidak menjamin siswa akan lulus.

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum IB

Setelah mengetahui seluk-beluk program IB, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan kurikulum tersebut? Tentunya hal ini menjadi pertimbangan mendasar bagi kamu yang ingin mengambil pendidikan dengan kurikulum IB.

Kelebihan

Kemampuan Mengatur Waktu

Menempuh pendidikan dengan kurikulum IB berarti memiliki kemampuan mengatur waktu dengan seimbang. Keenam subjek yang diajarkan memiliki proyek risetnya masing-masing yang membutuhkan waktu, revisi, serta penyesuaian yang banyak.

Kamu harus belajar mengatur waktu mengerjakan setiap proyek yang terkadang tenggat waktunya bentrok. Namun keterampilan mengatur waktu ini akan sangat bermanfaat saat menempuh pendidikan di universitas, ketika kamu harus mengambil berbagai mata kuliah dan ujian sekaligus.

Kemampuan Berpikir Kritis dan Riset

Salah satu nilai utama yang ditanamkan kurikulum IB adalah kemampuan berpikir kritis. Program ini mendorong siswa untuk membahas lingkungan sekitar mereka melalui kacamata analisis, mempertanyakan fungsi ilmu pengetahuan, dan mempertanyakan validitas sebuah penelitian.

Keterampilan ini sangat berguna di pendidikan tinggi. Kamu dapat menggali informasi sedalam-dalamnya dari subjek yang dipelajari, bahkan mendebat para ahli.

Mengenali Gaya Belajar Diri Sendiri

Cara belajar setiap orang berbeda-beda, dengan kecepatan dan media pembelajaran yang berbeda. Kurikulum IB dapat membantumu mengenali gaya belajarmu.

Kamu dapat mengetahui di mana kekuatan dan kelemahanmu. Dari sini kamu dapat mengaplikasikan kemampuan terbaikmu dan meraih hasil yang maksimal.

Kamu juga dapat mengetahui di bagian mana saja kamu membutuhkan peningkatan, dukungan, dan bantuan.

Kekurangan

Dengan padatnya aktivitas semasa sekolah, kurikulum IB bisa membuat sebagian siswa kewalahan. Hal ini tentu harus menjadi perhatian utama sebelum mendaftarkan diri di sekolah yang menggunakan kurikulum IB.

Subjektif

Hampir seluruh tugas yang diberikan berbasis riset. Subjektivitas tentu mengambil peran besar dalam pendekatan akademik IB, dibandingkan sistem ujian sekolah konvensional pada umumnya.

Beban Tugas yang Melelahkan

Tugas-tugas sekolah yang banyak bisa membuat siswa kewalahan. Terlebih dengan tenggat waktu yang bertumpuk.

Tidak semua orang mampu menanganinya, sehingga kurikulum IB memang tidak ditujukan untuk semua siswa.

Terlalu Menyeluruh

Mengingat siswa harus memilih subjek dari enam bidang studi yang berbeda, ditambah lagi menyelesaikan EE, TOK, dan CAS, kurikulum IB dapat dianggap terlalu menyeluruh bagi mereka yang ingin berfokus pada satu bidang spesifik yang menjadi minat utama mereka.

Contohnya siswa yang tertarik pada karier di bidang saintifik harus tetap mengikuti studi di bidang kebahasaan dan humaniora.

Pentingnya Ujian Akhir

Nilai akhir IB ditentukan dari ujian yang diselenggarakan pada akhir program. Hal ini bisa menyulitkan mereka yang tidak dapat mengikuti ujian dengan baik atau tidak dapat mengatasi situasi yang penuh tekanan.

Maka dari itu, kursus IB DP akan sangat membantu mereka yang membutuhkan persiapan lebih dalam mengikuti test IB. Pastikan memilih tempat les IB dalam persiapan menjalani International Baccalaureate test dengan tutor-tutor yang terpercaya.

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

GMAT

GMAT PREPARATION

Intermediate B2

Kursus GMAT Online – Persiapkan Gelar MBA dengan Kursus GMAT

Beasiswa S2

MENTORING BEASISWA ONLINE

Kursus Mentoring Beasiswa Online – Tip dan Trik serta Bimbingan Motivation Letter Jenjang S1-S3

proofreading small

ACADEMIC WRITING

Intermediate B1

Kursus Academic Writing Online – Tip dan Trik Penulisan Essay dan Artikel Akademik 

IELTS

IELTS PREPARATION

Intermediate B2

Kursus IELTS Preparation Online – Garansi IELTS 7.5