Bahasa Asing

Kursus BIPA

Kursus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing

Kursus Bahasa Indonesia untuk Orang Asing Paling Fleksibel

Panduan Praktis dan Tutorial Mudah Berbicara Bahasa Indonesia dengan Percaya Diri!

Kursus Bahasa Indonesia untuk Orang Asing bertujuan untuk membantu siswa/pekerja asing yang tinggal di Indonesia agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara fasih. Kemampuan ini sangat penting agar Anda bisa berinteraksi dengan dosen, teman kuliah, rekan kerja, serta warga Indonesia yang Anda temui. Selain itu, perjalanan wisata Anda akan jauh lebih mudah dan menyenangkan jika Anda mahir bahasa Indonesia! 

Daftar segera Kursus Bahasa Indonesia Online bersama Lister dan temui guru les bahasa Indonesia terbaik untuk Anda! Bebas pilih jadwal dan materi sesuai yang keinginan dan kebutuhkan Anda.

Gabung di Lister Community!

Temui ratusan member lain dan dapatkan informasi terupdate seputar event, promo, dan program terbaru dari Lister secara GRATIS!

Deskripsi Program

LISTER Kursus BIPA adalah program kursus Bahasa Indonesia online bagi orang asing. Program ini dirancang khusus untuk membantu Anda, para siswa, pekerja, maupun wisatawan asing agar mampu berkomunikasi dengan penduduk lokal Indonesia tanpa kesulitan bahasa.  Les online bahasa Indonesia ini berfokus untuk memberikan training dan latihan bahasa Indonesia yang lengkap, baik secara lisan maupun tulisan. 

Karakteristik Siswa

Seluruh orang asing bisa mengikuti kursus bahasa Indonesia ini. Mereka adalah siswa, mahasiswa, wisatawan, atau pekerja asing yang tinggal di Jakarta atau kota lain dalam waktu tertentu sehingga memerlukan bantuan guru les bahasa Indonesia untuk mengajari mereka berkomunikasi agar lebih cepat fasih.

Materi Pembelajaran

Lister E-Catalog & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Manfaat Mendaftar Kursus Bahasa Indonesia Online

Lister selalu berkomitmen untuk memberikan pembelajaran dan pengalaman belajar bahasa Indonesia terbaik melalui les online kapan saja dan dimana saja!

Harga Terjangkau dan Jadwal Belajar Fleksibel

Biaya kursus bahasa Indonesia online jauh lebih murah jika dibandingkan biaya kursus di Oxford Course Indonesia. Selain itu, Anda juga bebas mengatur jadwal belajar Anda dengan guru les bahasa Indonesia kapan saja Anda mau! Kursus online juga hadir untuk Anda yang mencari kursus bahasa Indonesia di Jakarta namun  terlalu sibuk untuk datang ke tempat les bahasa Indonesia offline. Booking jadwal Anda dan mulailah belajar dengan nyaman dari rumah! 

Pengajar BIPA yang Asik dan Berkompeten

Kami telah menyiapkan guru les bahasa Indonesia terbaik untuk Anda! Para pengajar untuk BIPA ini telah bertahun-tahun mengajar hingga memiliki bekal yang cukup untuk mengajar bahasa Indonesia dalam bahasa asing sesuai negara asal Anda. Daftar kelas sekarang dan segera temui guru yang mampu memahami kesulitan Anda!

Pengalaman Tinggal di Indonesia yang Lebih Mengesankan

Miliki teman dan relasi bisnis yang lebih banyak dengan kemampuan komunikasi dalam bahasa Indonesia! Anda juga akan lebih disukai dan dihormati oleh penduduk lokal yang Anda temui. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan karir dan pendidikan Anda di Indonesia dengan lebih leluasa! 

Ayo, Segera Pilih Jadwal Belajar Bahasa Indonesia bersama Tutor BIPA yang Siap Membantu Anda!

Seiring dengan perkembangan globalisasi, masyarakat dunia semakin mudah berpindah tempat, pekerjaan, dan pendidikan. Tak terkecuali menjalani pekerjaan di Indonesia bagi orang asing.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, diciptakanlah kursus bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Kursus bahasa Indonesia untuk orang asing ini semakin diminati. Termasuk kursus bahasa Indonesia online atau daring.

Kursus bahasa Indonesia secara daring memungkinkan siapa saja dapat mengikuti kursus secara mudah, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Hal ini menjadi alternatif kursus offline atau luring, seperti kursus bahasa Indonesia di Jakarta.

Biaya kursus daring pun lebih murah dibandingkan kursus secara luring. Misalnya biaya kursus di Oxford Course Indonesia yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Selain itu, bahasa Indonesia les daring tidak kalah efektif dengan les tatap muka. Guru les bahasa Indonesia daring tetap dapat memberi perhatian lebih kepada setiap peserta.

Lantas seperti apakah materi belajar bahasa Indonesia untuk orang asing? Berikut ulasannya.

Materi BIPA

Metode pembelajaran BIPA membagi pelajaran menjadi tiga tingkatan. Pertama, siswa tingkat dasar (pemula), menengah, dan mahir.

Ketiganya mengajarkan penguasaan kosakata, tata bahasa, dan struktur bahasa Indonesia pada level yang berbeda. Hal ini merupakan bagian dari strategi pembelajaran BIPA agar pelajaran lebih mudah diserap peserta didik.

Media pembelajaran BIPA menggunakan modul. Silabus BIPA disusun untuk peserta didik asing yang tidak mempunyai keterampilan berbahasa Indonesia secara umum.

Tingkat Dasar

Pada tingkat dasar, pengajar BIPA akan memberikan pelajaran berbicara terkait kehidupan sehari-hari dalam situasi formal dan informal. Pengajar juga akan memberikan pengetahuan mendasar tentang budaya Indonesia untuk membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Tingkat Menengah

Selanjutnya pengajar BIPA akan memberikan pelajaran terkait pemahaman teks-teks berbahasa Indonesia. Tujuan pengajaran BIPA tersebut agar peserta didik dapat melakukan komunikasi dalam bahasa Indonesia secara lancar dan alami, layaknya penutur asli.

Tingkat Mahir

Selanjutnya dalam kursus bahasa Indonesia ini peserta didik akan belajar untuk dapat terlibat langsung dalam pemecahan masalah dan simulasi kondisi. Pembelajaran dilakukan melalui pemahaman materi dengan pola yang kompleks untuk diskusi, menulis esai, dan membicarakan berbagai topik dengan tata bahasa yang lebih baik.

Pengajar dan Peserta Didik BIPA

Siapa sajakah pengajar BIPA itu? Pastinya harus mereka yang memiliki pengalaman dan keahlian tertentu.

Berikut ini persyaratan bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi pengajar BIPA.

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Berpendidikan minimal S-1
  3. Memiliki keterampilan dalam kesenian tradisional dan/atau kontemporer Indonesia
  4. Mampu berbahasa asing sesuai dengan kebutuhan di negara sasaran.

Pengajar BIPA juga harus mengikuti serangkaian tes seleksi. Di antaranya adalah tes psikologi, penilaian praktik mengajar, wawancara, penampilan keterampilan seni, serta kemahiran berbahasa asing.

Siapa sajakah sasaran peserta didik BIPA? Peserta didik BIPA dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yakni (1) diplomat dan pengamat asing, (2) sarjana bidang studi Indonesia, (3) pelajar/mahasiswa, (4) wisatawan, (5) wartawan, (6) pengusaha, (7) pengajar/peneliti, (8) keluarga pejabat/pekerja asing di Indonesia, (9) keluarga pejabat/pekerja Indonesia di luar negeri, dan (10) lain-lain.

Media Pembelajaran BIPA

Keberadaan media pembelajaran BIPA bertujuan mempermudah mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing. Tanpa media, tentunya pembelajaran bahasa Indonesia akan lebih sulit.

Lantas apa saja media yang biasanya digunakan untuk pembelajaran BIPA?

Gambar atau Foto

Gambar atau foto berguna untuk merangsang peserta didik dalam mempelajari kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.

Sketsa

Sketsa dimanfaatkan dalam materi yang berhubungan dengan urutan atau waktu. Sketsa bermanfaat dalam pelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.

Denah

Denah berguna dalam pelajaran yang berkaitan dengan perkenalan lingkungan. Media ini berguna untuk mengajarkan kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.

Karikatur Berangkai

Karikatur berangkai bertujuan menyegarkan pembelajaran. Sama seperti sebelumnya, media ini dimanfaatkan dalam pembelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.

Poster

Poster dapat berguna dalam pelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara. Misalnya peserta didik diminta membuat pola kalimat yang berhubungan dengan poster. Kalimat yang dibuat lalu didiskusikan bersama.

Peta atau Globe

Peta atau globe bermanfaat dalam pelajaran tata bahasa, menulis, dan berbicara. Misalkan peserta didik diminta membicarakan kebudayaan dari negaranya masing-masing.

Majalah

Melalui majalah, peserta didik dapat mempelajari bahasa artikel, bahasa cerita, serta bahasa iklan. Peserta didik dapat menemukan kosakata baru dan mendiskusikannya bersama pengajar.

Surat Kabar

Surat kabar pun dapat menjadi media pembelajaran. Surat kabar dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata, membaca, tata bahasa, menulis, dan berbicara.

Rekaman Audio dan Visual

Rekaman audio digunakan untuk melatih keterampilan menyimak. Sebaiknya gunakan rekaman yang berkualitas baik agar mampu menunjang pembelajaran.

Selain rekaman audio, rekaman visual juga bermanfaat menunjang pembelajaran BIPA. Pelajaran menyimak bisa dilanjutkan dengan pelajaran menulis atau berbicara. Peserta didik akan mendiskusikan kendalanya saat mempraktikkan kemampuan berbahasa Indonesia.

Permainan dan Pertunjukan Seni

Ada sejumlah permainan yang dapat mendukung pembelajaran, terutama dalam hal kosakata. Ada sejumlah permainan yang bisa dilakukan untuk membantu memperkaya kosakata.

Contohnya scrabble bahasa Indonesia, ular tangga, kartu, wayang golek, pakaian tradisional, dan lingkungan sekitar.

Lingkungan Sekitar

Keberadaan lingkungan sekitar membantu pembelajaran, terutama dalam hal kosakata. Contohnya lingkungan sekolah, perpustakaan, pasar tradisional, dan  tempat wisata.

Media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif dan dapat dikembangkan sesuai kapasitas pelajar.

Silabus BIPA

Silabus pembelajaran BIPA berbeda untuk setiap tingkatannya.

Tingkat Dasar

Tujuan BIPA

Pertama, akan dibahas tujuan pembelajaran BIPA untuk tingkat dasar.

  1. Menggunakan kosakata yang berkaitan dengan topik tertentu
  2. Menulis dialog
  3. Membuat kalimat percakapan
  4. Membuat kalimat dengan struktur yang tepat
  5. Menyimak dialog
  6. Membetulkan kalimat yang sulit

Strategi Pembelajaran BIPA

Dalam pembelajarannya, terdapat teknik dan strategi yang digunakan agar berjalan dengan efektif.

  1. Peserta didik menyimak penjelasan guru
  2. Peserta didik berdiskusi dan mengumpulkan kosakata terkait topik yang dibahas
  3. Peserta didik membuat kalimat dengan kosakata yang diperoleh dari hasil diskusi
  4. Peserta didik bermain peran sesuai dialog yang sudah dibuat
  5. Peserta didik menjalani diskusi terkait kesalahan kosakata atau struktur kalimat yang terjadi
  6. Peserta didik mengalih bentuk dialog dengan ke dalam bentuk paragraf
  7. Peserta didik mendiskusikan hasil tulisan

Tingkat Menengah

Tujuan BIPA

Beberapa tujuan pembelajaran BIPA pada tingkat menengah dijelaskan berikut ini.

  1. Peserta didik menemukan kosakata dengan fungsi tertentu dalam kalimat
  2. Peserta didik menemukan antonim dan sinonim dari kosakata tersebut
  3. Peserta didik melakukan percakapan
  4. Peserta didik membetulkan kesalahan dalam dialog
  5. Peserta didik membuat kalimat yang lebih baik
  6. Peserta didik membuat karangan

Strategi Pembelajaran BIPA

Dalam pembelajarannya, diperlukan teknik atau strategi agar berjalan secara efektif.

  1. Peserta didik menyimak penjelasan guru
  2. Peserta didik berdiskusi menemukan kata sifat yang berkaitan
  3. Peserta didik berdiskusi menemukan sinonim dan antonim dari kata sifat yang ditemukan
  4. Peserta didik bermain peran dengan menggunakan kata sifat yang ditemukan
  5. Peserta didik mendiskusikan kesalahan dialog yang dilakukan kelompok lain
  6. Peserta didik membuat karangan singkat tentang cerita yang populer di negara asalnya

Tingkat Mahir

Tujuan BIPA

Tujuan pembelajaran pada tingkat mahir adalah sebagai berikut.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan karakter tokoh
  2. Peserta didik dapat mendiskusikan serta memerankan karakter tokoh
  3. Peserta didik dapat menceritakan kembali ringkasan dialog secara lisan
  4. Peserta didik dapat menceritakan kembali ringkasan dialog secara tertulis

Strategi Pembelajaran BIPA

Seperti apa strategi pembelajaran untuk tingkat mahir? Berikut penjelasannya.

  1. Peserta didik menyimak penjelasan pengajar BIPA
  2. Peserta didik mendiskusikan karakter tokoh cerita
  3. Peserta didik memainkan peran karakter tokoh cerita
  4. Peserta didik mendiskusikan kesalahan yang dibuat kelompok lain dalam dialog
  5. Peserta didik menceritakan kembali secara lisan hasil diskusi
  6. Peserta didik menceritakan kembali secara tertulis hasil diskusi

Our Client

Other Recommended Programs

bahasa korea background

KURSUS BAHASA KOREA

Basic A1

Belajar Bahasa Korea Segala Level, Cukup dari Rumah

confident asian businesswoman sitting meeting office smiling

KURSUS BAHASA MANDARIN

Basic A1

Belajar Huruf Hanzi dan Komunikasi Berbahasa Mandarin dengan Tutor Berpengalaman!

smiling african student pointing with pencil laptop screen concentrated blonde woman glasses propping chin with hand while working with computer office 197531 3714

KURSUS BAHASA INGGRIS DEWASA

Basic A2

Cara Efektif Kursus Bahasa Inggris All Skills untuk Dewasa

Bahasa Belanda All Skill min

KURSUS BAHASA PRANCIS

Basic A1

Bekali Diri dengan Bahasa Prancis untuk Studi Lanjut dan Karir Anda