Kursus Bahasa Turki di Indonesia

lister.co.id – Turki adalah salah satu Negara di Timur Tengah yang dapat anda jadikan sebagai alternatif lokasi studi atau lokasi berwisata. Sebab Negara ini kaya akan peninggalan jaman kuno mulai dari kekaisaran utsmaniyah hingga Troy dan Sumeria. Selain itu pemerintah Negara ini saat ini juga sedang rajin rajinnya mengundang mahasiswa dari Indonesia untuk belajar disana dengan menawarkan banyak beasiswa.

Untuk melamar beasiswa dan visa kunjungan ke Negara tersebut anda tidak perlu memiliki penguasaan kursus bahasa Turki yang mahir. Cukup menggunakan hasil tes TOEFL atau tes IELTS anda sudah bisa melamar keduanya.

Akan tetapi berhubung mayoritas masyarakat Turki tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari , alangkah lebih baiknya jika anda belajar bahasa ini juga. Artikel ini akan membahas untuk anda mengenai bahasa Turki dan kursus bahasa Turki di Indonesia.

Bahasa Turki

Sesuai dengan namanya, Bahasa Turki atau Turkish Language adalah bahasa yang menjadi bahasa resmi Negara Turki. Namun bahasa ini tidak hanya digunakan di Turki saja. Dikutip dari laman ethnologue.com sebagaimana dilansir di laman Wikipedia.com, bahasa Turki merupakan bahasa dengan total jumlah pengguna lebih dari 85.2 juta di seluruh dunia.

Karena pengaruh kekaisaran utsmani di masa lampau, bahasa ini juga digunakan sebagai bahasa kedua di berbagai Negara seperti Yunani, Azerbaijan, Siprus dan lain lain. Maka tidak mengherankan jika bahasa ini menempati urutan ke 17 dalam bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Bahasa Turki tidak satu rumpun dengan bahasa Arab meskipun banyak kosa kata bahasa Turki yang merupakan kosa kata pinjaman (loan words) dari bahasa Arab. 

Bahasa Turki adalah bahasa berasal dari rumpun bahasa Turkic. Rumpun ini beranggotakan bahasa dari Negara Negara di Asia Tengah, Kaukasus, Siberia dan Eropa Timur  seperti bahasa Kazakh di Kazakhstan atau bahasa Uzbek di Uzbekistan.

Tapi memang bahasa Turki adalah bahasa dari rumpun Turkic yang paling banyak dipakai hingga saat ini. Sehingga bahasa Turki memiliki cukup banyak kemiripan dengan bahasa bahasa tersebut.  Dengan demikian belajar bahasa Turki dapat mempermudah anda belajar bahasa Negara Negara tersebut.

Sejauh ini ujian kemahiran bahasa Turki masih menggunakan indikator dari CEFR (The European Common Framework of Reference for Language) meskipun hanya sebagian kecil wilayah dari Negara Turki yang masuk benua Eropa. Hal ini berarti jika anda merupakan seorang pemula dalam belajar bahasa ini anda bisa memilih test dengan kualifikasi A1 tetapi jika anda merupakan orang yang sudah ahli dalam bahasa Turki anda bisa memilih kualifikasi C1.

Alasan belajar bahasa Turki

Belajar bahasa Turki akan menguntungkan bagi anda apabila anda:

  1. Ingin belajar studi Internasional baik politik maupun ekonomi terutama politik dan ekonomi Negara Negara Asia Tengah dan Eropa Timur. Karena Turki adalah sebuah Negara yang memiliki wilayah di Asia dan Eropa dan bahasa Turki adalah bahasa yang memiliki kemiripan dengan 30 bahasa di Negara Negara area tersebut.
  2. Ingin belajar sejarah dan budaya. Negara Turki dikenal sebagai Negara yang memiliki warisan budaya paling panjang dan tua di dunia. Negara ini dulu merupakan bagian dari perdaban Sumeria, perdaban Yunani kuno, perdaban Romawi sebelum akhirnya menjadi kekaisaran Seljuq dan Utsmani.
  3. Ingin jalan jalan ke Negara tersebut. Meskipun salah satu penopang ekonomi utama Turki adalah pariwisata, hanya sedikit penduduk Turki yang menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu anda lebih baik belajar bahasa ini dulu sebelum anda berangkat ke Negara tersebut.
  4. Ingin belajar ke luar negeri tapi takut cultural gap. Walaupun jarak antara Indonesia dan Turki sangat jauh,  tidak dipungkiri bahwasanya baik di Indonesia maupun di Turki agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut. Terlebih mayoritas penduduk Turki juga menganut Islam sunni. Tentunya hal ini akan mempermudah anda dalam beradaptasi dan mempermudah anda mendapatkan izin orang tua anda.

baca juga

Kursus bahasa Turki di Indonesia

Jumlah kursus bahasa Turki di Indonesia masih relatif terbatas. Hal ini seiring dengan masih terbatasnya jumlah mahasiswa atau pelajar yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Negara tersebut.

Namun seiring semakin gencarnya globalisasi dan program beasiswa yang ditawarkan oleh pihak pemerintah Turki atau lembaga swasta yang berbasis di Turki, diperkirakan trend belajar bahasa Turki akan meningkat dari tahun ke tahun.

 Apalagi Negara Turki adalah Negara dengan kekuatan ekonomi nomor 16 di dunia. Kekuatan ekonomi Negara ini utamanya didukung oleh sektor konsumsi penduduk berekonomi menengah.

Sehingga terdapat kemungkinan besar perusahaan perusahaan skala dunia akan berekspansi ke Negara ini di masa depan. Jika anda menguasai bahasa Turki terlebih dahulu, maka perusahaan akan dapat menilai anda dengan penilaian yang lebih baik daripada kandidat lain.

Untuk menghadapi kemungkinan tersebut alangkah lebih baik jika anda mengambil kursus bahasa Turki sejak dini. Salah satu lembaga kursus bahasa asing yang dapat anda jadikan tempat untuk belajar bahasa Turki adalah Lister.co.id.

Lembaga yang berpusat di Jakarta ini menawarkan kursus bahasa Turki dengan konsep One Stop Learning. Anda akan dapat belajr bahasa Turki di mana pun dan kapanpun sebab belajar bahasa Turki di Lister.co.id dilaksanakan dengan mode daring (online).

Jadi meskipun anda berasal dari luar Jakarta atau bahkan luar jawa, anda tetap bisa belajar bahasa Turki selama anda memiliki koneksi internet yang lancar. Salah satu kelebihan belajar basa Turki secara daring adalah anda bisa mengulang ulang pelajaran yang belum anda pahami dan langsung menanyakannya kepada tutor anda melalui fitur chat yang tersedia.

Lister.co.id menyediakan pembelajaran bahasa Turki dengan biaya yang cukup terjangkau apalagi saat ini lembaga ini sedang menawarkan diskon 50% untuk pelajar baru. Meskipun demikian anda akan diajar oleh tenaga tutor berpengalaman dan akan mendapatkan materi terbaru sesuai yang anda inginkan.

Ngomong ngomong soal materi, belajar bahasa Turki di Lister.co.id lebih menekankan materi bahasa Turki lisan. Pembelajaran ini kemudian dapat langsung anda praktikkan dengan teman teman dalam komunitas pelajr bahasa Turki di Lister.co.id. Sehingga di Lister.co.id anda tidak hanya akan mendapatkan jejalan materi saja melainkan juga kesempatan untuk praktik secara langsung.

Selain praktik lisan, anda juga akan diberi eksposure bahasa Turki melalui latihan latihan yang intensif dan materi tata bahasa (grammar) bahasa Turki. Jadi, walaupun kelak anda harus belajar lebih lanjut tentang bagaimana cara menulis dokumen akademik dalam bahasa Turki, anda tetap bisa memahami text book dan ceramah dosen anda apabila anda diterima sebagai mahasiswa Internasional di Negara ini.

Jadi, tunggu apalagi, yuk belajar bahasa Turki di Lister.co.id!