Kursus Bahasa Inggris Untuk Lolos GMAT Test

Kursus Bahasa Inggris Untuk Lolos GMAT Test

lister.co.id – Apakah anda ingin mengambil studi manajemen di Luar Negeri?. Jika iya, maka cobalah melihat apakah program dan universitas yang anda impikan menjadikan sertifikat GMAT sebagai prasyarat.

GMAT test adalah singkatan dari Graduate Management Admission Test. Tes ini dikembangkan oleh Graduate Management Admission Council (GMAC) pada tahun 1953. Jika menilik tahun pengembangan tes ini, tentu tidak mengherankan apabila hingga kini tes GMAT telah digunakan oleh lebih dari 7000 program manajemen di 2300 universitas di seluruh dunia.

Sesuai dengan namanya, tes ini memang dikhususkan untuk calon mahasiswa magister dan doktoral dibidang manajemen baik manajemen administrasi bisnis (MBA) atau jurusan manajemen yang lain seperti manajemen keuangan (financial management). Sebab jurusan tersebut memang jurusan favorit yang mengandung banyak istilah istilah teknis dalam bahasa Inggris yang memang harus dibahas secara khusus.

Universitas universitas terkemuka didunia seperti Australian National University (ANU), Harvard Universty dan Yale University menjadikan tes ini sebagai prasyarat masuk diberbagai jurusan di universitas tersebut. Apabila anda ingin mengetahui apakah universitass dan jurusan yang anda inginkan juga menjadikan tes ini sebagai prasyarat, anda bisa mengklik link di akhir artikel[i].

Format Tes GMAT

Menurut GMAT User Guide For Instritution (2018)[ii], tes ini terdiri dari 4 bagian yaitu:

  1. Analytical Writing

Dalam bagian ini anda akan diminta untuk menuliskan argumen anda  yang mengritisi sebuah pernyataan. Yang dinilai dari bagian ini adalah kemampuan anda untuk menyampaikan ide anda kedalam beberapa pargraf yang tersusun secara kohesif dan koheren.

Setiap jawaban yang dianggap benar dalam bagian ini akan bernilai 0.5. Tes bagian ini akan dikoreksi oleh mesin dan manusia. Mesin korektor akan meneliti kesalahan grammar anda sementara petugas pengoreksi akan meliihat teks anda secara keseluruhan baik dari sisi grammar maupun konteks. Apabila terdapat perbedaan 1 poin antara kedua korektor maka pihak pengelola akan meminta seorang ahli dari universitas untuk menjadi korektor ketiga.

  • Verbal Reasoning

Berbeda dengan Analytical Writing yang harus dijawab dengan essay, bagian Verbal Reasoning merupakan bagian dengan pilihan ganda. Setiap jawaban yang benar akan bernilai satu.

Tes bagian ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta tes untuk membaca teks, argumen dalam bahasa Inggris secara komprehensif.

  • Quantitative  Reasoning

Sama saja dengan Verbal Reasoning, tes GMAT bagian ini disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Hanya saja tujuan tes ini adalah menguji kemampuan peserta dalam hal matematis seperti memberikan argumen yang logis secara matematika, membaca dan menginterpretasi data.  

Setiap jawaban yang benar dalam subtest ini akan bernilai satu.

  • Integrated Reasoning

Pada subtest ini peserta akan diminta untuk ‘menerjemahkan’ data dalam soal kedalam bentuk lain. Contoh dalam soal, peserta akan diminta membaca sebuah grafik lalu peserta diminta untuk menginterpretasikan data dari dalam garifk tersebut dengan format yang berbeda. Format ini bisa jadi dari yang awalnya data tersebut berbentuk bilangan bulat menjadi bilangan pecahan atau persen  atau bisa jadi merubah data soal yang awalnya disajikan dalam tabel untuk menjadi grafik atau sebaliknya.

Subtest ini juga  menguji kemampuan peserta untuk menghubungkan satu informasi dengan informasi yang lain. Sehingga hubungan antara satu informasi dengan informasi yang lain dapat ditemukan.

Sama dengan dua subtest sebelumnya, subtest ini disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Soal yang dijwab dengan benar akan bernilai satu.

Tidak sama seperti tes lain, peserta tes GMAT diperbolehkan untuk memilih mana subtest yang dikerjakan terebih dahulu. Adapun waktu pengerjaan dan jumlah soal yang harus dikerjakan untuk masing masing subtest adalah sebagai berikut:

  1. Analytical Writing : 30 menit untuk 1 soal;
  2. Verbal Reasoning : 65 menit untuk 36 soal;
  3. Quantitative  Reasoning: 62 menit untuk 31 soal;
  4. Integrated Reasoning: 30 menit untuk 12 soal.

Penilaian Test

Total Score untuk tes GMAT adalah sebesar 200 hingga 800. Namun skor ini tidak mencerminkan hasil dari keseluruhan subtest melainkan hanya subtest Verbal Reasoning dan Quantitative  Reasoning saja.

Adapun untuk Analytical Writing dan Integrated Reasoning skor hanya ditampilkan dalam bentuk skala. Gunanya adalah agar skor kedua subtest ini tetap dijadikan pertimbangan baik oleh anda sebagai peserta atau universitas tujuan anda.

Skala skor untuk masing masing subtest adalah:

  1. Analytical Writing:  0 sampai 6
  2. Verbal Reasoning : 6 sampai 51
  3. Quantitative  Reasoning: 6 sampai 51
  4. Integrated Reasoning:  1 sampai 8

Sertifikat dan hasil skor tes GMAT berlaku sampai 10 tahun. Meskipun demikian banyak institusi dan program yang tidak menerima hasil tes yang keluar lebih dari 5 tahun kebelakang.

Lokasi Tes dan Biaya Tes ini di Indonesia

Sama seperti halnya tes TOEFL iBT dan tes IELTS, tes GMAT juga merupakan tes yang dikendalikan langsung oleh pengembang. Sehingga tidak sembarang lembaga bisa menyelenggarakan tes ini. Sayangnya untuk mengambil tes ini di Indonesia, anda perlu ke Jakarta, Surabaya atau ke Universitas Indonesia.

Namun anda tidak perlu khawatir. Sebagai solusi akibat masalah yang timbul karena Covid19, kini tes GMAT sudah tersedia dalam format online.

Struktur tes GMAT online sedikit berbeda dengan tes GMAT offline. Sebab tes online ini tidak mencakup Analytical Writing Assessment dan hasil skor tes GMAT online hanya dapat digunakan selama lima tahun.

Biaya tes ini baik offline maupun online tidak berbeda di seluruh dunia yaitu sebesar USD 250 atau sekitar Rp. 3.670.000.,00 untuk nilai tukar dollar per tanggal 9 Oktober 2020.

baca juga

Kursus Bahasa Inggris Untuk Lolos GMAT Test

Tes GMAT membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam (offline) atau 2.5 jam (online) dalam sekali duduk. Selain itu tes ini juga tidak dapat diambil sebanyak 5 kali dalam satu tahun dan 8 kali seumur hidup. Tentunya anda juga tidak ingin mengeluarkan Rp. 3.600.000 berkali kali dalam setahun bukan?

Oleh karena itu anda memerlukan persiapan yang matang untuk mengikuti tes ini. Salah satu persiapan yang dapat anda lakukan adalah dengan mengikuti kursus persiapan GMAT di Lister.co.id. Lembaga ini menawarkan tutor tutor yang berpengalaman dibidangnya serta materi yang terus diperbaharui dari tahun ketahun.

Selama pandemi ini anda juga tidak perlu khawatir sebab Lister.co.id menyajikan kursus daring yang terjangkau dan durasi kursus yang dapat anda tentukan sendiri. Jadi jika anda ingin mendaftar beasiswa LPDP tahun depan, anda bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Selain kursus di Lister.co.id, anda juga bisa mengakses contoh contoh soal GMAT gratis di mba.com sebagai sarana anda belajar tes GMAT secara otodidak. Selamat Belajar!


[i] https://www.gmac.com/gmat-other-assessments/about-the-gmat-exam/gmat-using-programs-schools. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2020.

[ii] https://www.gmac.com/gmat-other-assessments/about-the-gmat-exam/gmat-exam-user-guide-for-institutions. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2020.