Kursus Bahasa Inggris Khusus Untuk Tes TOEFL

lister.co.id – Tes TOEFL adalah salah satu tes bahasa Inggris paling populer di Indonesia. Salah satu alasannya adalah keberadaan lokasi tes ini mudah ditemui.

Namun anda perlu hati hati saat ingin mengikuti tes TOEFL. Sebab saat ini tes TOEFL di Indonesi terbagi menjadi tiga jenis tes TOEFL yaitu tes TOEFL iBT, tes TOEFL ITP dan tes TOEFL prediksi.

Untuk tes TOEFL jenis terakhir adalah tes TOEFL yang bisa jadi sering anda temukan di sekitar kampus anda. Umumnya biaya tes ini berkisar antara Rp. 75.000,00 hingga Rp. 150.000.,00.

Tes ini bisa sangat membantu jika anda ingin menentukan kemampuan awal bahasa Inggris anda. Namun untuk mendaftar kuliah baik didalam maupun luar negeri, belum cukup rasanya jika anda menggunakan hasil tes TOEFL prediksi.

Biasanya universitas universitas besar didalam negeri menerima tes TOEFL ITP atau Institutional Testing Program  sedangkan universitas universitas di Luar Negeri hanya menerima TOEFL iBT. Biaya kedua tes ini notabene lebih mahal daripada tes TOEFL prediksi.

 Harga untuk tes TOEFL ITP bervariasi tergantung lembaga tempat anda tes. Jika dilihat dari pengalaman penulis, biasanya harga tes ini sekitar Rp. 550.000.,00 hingga Rp. 750.000.,00 tergantung nilai tukar dollar. Sementara biaya tes TOEFL iBT di Indonesia sekitar USD 205 atau sekitar Rp. 3.000.000.,00 untuk nilai tukar dollar ke rupiah pada tanggal 9 Oktober 2020.

Agar anda tidak perlu kehilangan uang sebesar itu berkali kali, ada baiknya jika anda mempersiapkan tes ini sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan membaca artikel ini. Karena artikel ini akan membahas hal hal yang perlu anda ketahui tentang tes TOEFL mulai dari format tes, penilaian tes hingga kursus persiapan tes TOEFL di Indonesia.

Format tes TOEFL

Tes TOEFL terdiri dari 4 bagian tes yaitu Reading, Listening, Speaking, Writing. Keempat bagian tersebut harus anda selesaikan dalam kurun waktu 3jam setengah (termasuk istirahat). Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Reading: 54 samapai 72 menit untuk mengerjakan 30 sampai 40 pertanyaan;
  2. Listening:41 sampai 57 menit untuk mengerjakan 28 sampai 39 pertanyaan;
  3. Speaking: 17 menit untuk mengerjakan 4 tugas;
  4. Writing: 50 menit untuk menjawab 2 tugas.

Subtest Reading menguji kemampuan anda untuk memahami teks akademik. Disini anda akan diminta untuk mencari ide bacaan yang tidak disampaikan secara eksplisit atau mencari informasi yang benar dan tidak benar dari bacaan tersebut. Masing masing bacaan kurang lebih memiliki 700 kata. Bacaan bacaan tersebut harus anda gunakan untuk menjawab 10 pertanyaan.

Subtest Listening menguji kemampuan anda untuk mendengarkan percakapan sehari hari maupun ceramah yang dilakukan oleh seorang dosen. Anda diminta untuk mengidentifikasi maksud dari bacaan tersebut termasuk mngidentifikasi sudut pandang setiap pembicara.

Sedangkan untuk subtest Speaking, TOEFL iBT mnerapkan cara yang berbeda dengan IELTS. Pada bagian tes ini anda akkan diminta untuk merekam suara anda yang mana hasil rekaman tersebut akan dikirim ke ETS dan dinilai oleh pihak ETS dengan menggunakan mesin dan menggunakan penilaian dari staff ahli.

Bagian tes ini memiliki dua sesi. Pada sesi pertama anda akan diminta untuk menjelaskan ide dan gagasan anda secara pribadi sementara pada sesi kedua anda akan diminta untuk menjelaskan hal hal yang sudah anda dapat dibagian bagian tes sebelumnya untuk anda jelaskan kembali.

Writing tes pada TOEFL iBT juga dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama anda akan diminta untuk membaca sebuah bacaan pendek dan mendengarkan sebuah ceramah singkat. Lantas anda diminta untuk menyuarakan pendapat anda mengenai topik dalam bacaan dan ceramah tersebut.

Pada bagian kedua anda akan diminta untuk menanggapi sebuah pernyataan yang tertulis di soal. Baik bagian pertama maupun bagian kedua dikerjakan melalui komputer dan dikirim ke ETS untuk kemudian dikoreksi oleh mesin dan staff.

Saat ini, untuk mengatasi masalah akibat Covid19, ETS (Educational Testing Service) selaku pengembang dan pengelola resmi tes TOEFL iBT Special Home Edition. Format tes ini sama dengan format tes TOEFL offline begitupula dengan biayanya. Hanya saja anda harus mengerjakan tes secara online menggunakan peralatan pribadi anda.

Tes ini tersedia 24 jam dalam 4 hari kerja hingga tanggal 31 Desember 2020. Setelah anda registrasi untuk mengikuti tes ini, email konfirmasi dapat anda peroleh 24 jam setelahnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tes TOEFL iBT Special Home Edition, anda bisa merujuk pada laman yang tercantum pada catatan diakhir artikel[i].

Penilaian tes TOEFL

Menurut laman wikipedia.org[ii], sebelum mei 2017 terdapat TOEFL PBT (Paper Based Test) yang memiliki skor berkisar antara 0 sampai 677 sebagaimana tes TOEFL yang selama ini kita tahu.Namun setelah mei 2017,  tes ini secara resmi sudah ditiadakan dan diganti dengan TOEFL PDT (Paper Delivered Test) untuk daerah daerah yang tidak memiliki akses internet.

Saat ini tes TOEFL yang resmi diterima secara luas adalah TOEFL iBT. TOEFL jenis ini memiliki range skor berkisar antara 0 sampai 120. Masing masing bagian tes ini menyumbang skor antara 0 sampai 30 yang kemudian skor tersebut digabung dan dijumlahkan.

baca juga

Kursus persiapan tes TOEFL

Tes TOEFL adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang telah diterima dan digunakan sebagai prasyarat oleh lebih dari 11.000 universitas di dunia. Tidak hanya ituu, sertifikat tes ini juga sangat mendukung kualifikasi anda ddi pasar tenaga kerja.

Namun demikian sebagaimana yang telah kita bahas diatas, untuk mengikuti tes TOEFL diperlukan biaya kurang lebih Rp. 3.000.000.,00 dan durasi tes adalah selama tiga jam tiga puluh menit. Meskipun durasi tersebut sudah mencakup waktu istirahat, tentunya anda tidak ingin mengulang tes ini lagi bukan?

Nah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan tes ini dengan lebih matang disamping banyak banyak mengerjakan soal latihan adalah dengan mengikuti kursus persiapan tes TOEFL. Di Indonesia sudah banyak lembaga kursus yang menawarkan kursus persiapan tes ini. Tetapi masih sedikit diantara lembaga kursus tersebut yang menyediakan kursus persiapan tes TOEFL secara daring padahal sekarang ini masih musim pandemi Covid19.

Lister.co.id adalah salah satu dari jumlah yang sedikit tersebut. Dibantu dengan tutor tutor yang berpengalaman dibidangnya, Lister.co.id menyajikan anda kursus persiapan tes TOEFL secara daring.

Tidak hanya itu, biaya kursus persiapan tes TOEFL di Lister.co.id juga terbilang terjangkau. Meskipun demikian anda sudah bisa memilih jadwal kursus anda sendiri sehingga tidak mengganggu jadwal anda yang lain.

Jadi, jika anda sedang mempersiapkan diri untuk kuliah S2 didalam maupun Luar Negeri di tahun depan, anda masih bisa mempersiapkan diri anda sejak dini melalui kursus persiapan tes TOEFL di Lister.co.id.


[i] https://www.ets.org/s/cv/toefl/at-home/. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2020.

[ii] https://en.wikipedia.org/wiki/Test_of_English_as_a_Foreign_Language. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2020.