Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kupas Tuntas Pengertian, Format, Kegunaan, dan Cara Belajar TOEFL 2021

Workshop toefl

Untuk apa susah-susah belajar TOEFL?

Apakah kamu salah satu dari orang-orang yang bingung kenapa harus belajar TOEFL? Mungkin kalau kamu seorang mahasiswa di perguruan tinggi, pasti tidak asing dengan kata TOEFL ini.

Pasalnya, ujian TOEFL adalah persyaratan setiap mahasiswa yang akan melaksanakan ujian sidang dan akan di-wisuda. Bahkan di setiap fakultas dan universitas memiliki ketentuannya masing-masing untuk jumlah skor yang harus didapat setiap mahasiswanya. Yakni kisaran skor 400 lebih. Ketika mahasiswa dapat mencapai skor TOEFL setidaknya 400 maka dinilai mahasiswa tersebut sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris level menengah yang mampu bersaing di dunia kerja nanti. Jadi, sepenting itu memiliki skor TOEFL yang tinggi, fellas.

Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui seluk beluk TOEFL test yang akan kamu hadapi nantinya. Harapannya, setelahnya kamu mendapatkan gambaran yang jelas dan lancar dalam mengerjakan tes TOEFL.

Pengertian TOEFL

Ujian Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing (Test of English as a Foreign Language), disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (Amerika Aksen) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia.

Kegunaan TOEFL

– persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

– bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia.

– digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.

Struktur TOEFL

– listening comprehension,

– grammar structure and written expression,

– reading comprehension, dan

– writing

Jenis TOEFL Test

Tes bahasa inggris TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu Computer-based Testing dan Paper-Based Testing.

– Model Computer-based Testing adalah tes yang menggunakan media komputer. Skor penilaian model ini berada pada kisaran 216-677.

– Paper Based Testing adalah tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian dengan model ini berada pada kisaran 450-550 ke atas.

– Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maksimum) untuk versi PBT (paper-based test).

Seluk Beluk TOEFL ITP

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) adalah uji kemampuan bahasa inggris berbasis kertas yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan biasanya hanya digunakan untuk keperluan internal. Berbeda dengan TOEFL iBT, TOEFL ITP hanya terdiri dari 3 bagian, yaitu kemampuan mendengarkan (listening comprehension), kemampuan ekspresi struktur bahasa dan menulis (structure and writing expression), dan kemampuan membaca (reading comprehension).

Ada dua level TOEFL ITP, yaitu level 1 untuk peserta menengah ke atar hingga mahir dan level 2 untuk peserta dengan kemampuan pemula hingga menengah ke bawah. Nilai tes TOEFL ITP level 1 berkisar antara 310 hingga 677, sedangkan untuk level 2 berkisar antara 200 hingga 500.

Kamu masih belum paham tentang TOEFL iBT? Baca artikel terkait di sini.

Baca juga: TOEFL Simulation Test pt.1 – Contoh Soal TOEFL iBT

Benefit TOEFL iBT:

– Mendaftar kuliah ke luar negeri baik melalui jalur beasiswa maupun non beasiswa
– Syarat memperoleh visa Inggris
– Syarat memperoleh student visa Australia

Beberapa Universitas yang Menerima TOEFL iBT:

– Harvard University

– University of Melbourne

– University of Cape Town

– University of Oxford

Daftar perguruan tinggi lain yang menerima skor toefl, dapat diakses di sini: http://www.toeflgoanywhere.org/

Cara Belajar TOEFL Secara Efektif

  • Pahami format test yang belum dikuasai
  • Miliki time management yang baik dan disiplin
  • Ikuti workshop atau kelas persiapan TOEFL sesuai kebutuhan dan pilihan kamu

Baca juga: Daftar Workshop TOEFL ITP Super Lengkap Harga Terjangkau!

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/TOEFL