Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kuliah S1 Gratis di Inggris? Daftar Beasiswa Jardine 2022 Aja!

beasiswa jardine 2022

Kamu yang sedang mencari beasiswa untuk kuliah di luar negeri, ada informasi menarik, nih. Jardine Foundation saat ini kembali membuka Jardine Scholarship Awards 2022.

Beasiswa Jardine 2022 ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin kuliah pada jenjang S-1 di University of Cambridge dan University of Oxford. Untuk keterangan lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini.

Latar Belakang

Jardine Foundation didirikan pada 1982 untuk menandai perayaan 150 tahun berdirinya Jardine Matheson Group. Yayasan ini menawarkan beasiswa penuh kepada siswa-siswi dari Asia untuk kuliah di University of Oxford dan University of Cambridge.

Tujuan pemberian beasiswa adalah membangun pemimpin masa depan yang akan kembali ke komunitas tempat Jardine Matheson Group beroperasi.

Yayasan ini juga menawarkan beasiswa S-2 secara terbatas. Kandidat yang potensial akan direkomendasikan sesuai kampus yang diinginkan, antara Oxford dan Cambridge.

Sejak berdirinya yayasan ini, beasiswa telah ditawarkan kepada 370 siswa yang kompeten dari Kamboja, China daratan, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Pendanaan Studi

Biaya apa saja yang dicakup selama penerima beasiswa studi di Inggris? Berikut rinciannya.

a. Biaya kuliah (langsung dibayarkan ke universitas).

b. Tunjangan biaya hidup tahunan (panitia menentukan biaya hidup sehari-hari, tempat tinggal, serta biaya tak terduga lainnya.)

c. Biaya visa belajar di Keimigrasian Inggris.

d. Biaya asuransi kesehatan.

e. Tiket pesawat pulang-pergi kelas ekonomi untuk berangkat menuju Inggris pada awal masa studi dan untuk perjalanan pulang ke Indonesia setelah menyelesaikan masa studi.

f. Pertemuan rutin dan program magang musim panas.

Syarat Penerima Beasiswa

Pelamar harus meraih standar akademik luar biasa untuk dapat memperoleh beasiswa. Selain itu, terdapat nilai lebih untuk pelamar yang menunjukkan nilai kepemimpinan serta kepedulian terhadap komunitas di mana mereka tinggal. Berikut syarat untuk menerima beasiswa.

a. Pelajar kelas 12 atau lulusan SMA/SMK dan sederajat yang sudah memperoleh Sertifikat Ujian A-Level atau Sertifikat International Baccalaureate (IB).

b. Berkewarganegaraan di salah satu negara sasaran beasiswa Jardine, termasuk Indonesia.

c. Memiliki kondisi kesehatan yang baik untuk menyelesaikan studi.

d. Dilarang menerima beasiswa dari pihak lain.

e. Beasiswa ini dikhususkan bagi mereka yang ingin menjalani studi S-1 pertama kalinya. Jika kamu sudah lulus atau pernah menjalani studi setara S-1, kamu tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

e. Menunjukkan kemampuan kualifikasi untuk dapat diterima pada kampus sasaran beasiswa Jardine, yaitu University of Oxford dan University of Cambridge.

Dokumen untuk Registrasi

Pelamar perlu mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut.

a. Foto diri ukuran paspor.

b. Salinan dokumen pendaftaran Universities & Colleges Admissions Service (UCAS). Pendaftaran ini merupakan sistem penerimaan terpusat, setara dengan panitia LTMPT di Inggris.

c. Salinan resmi transkrip GCSE, A/AS Level dan IB, atau ijazah yang setara dengan sekolah menengah atas di Inggris.

d. Surat rekomendasi dari kepala sekolah yang menyatakan rincian pencapaian atau prestasi akademik sebelumnya. Surat ini juga dapat berisi catatan khusus yang dapat menjadi pertimbangan panitia penerimaan untuk membantu proses pendaftaran.

Batas waktu pendaftaran beasiswa adalah Jumat, 22 Oktober 2021. Tahapan seleksi selanjutnya yaitu wawancara virtual yang akan diadakan pada Januari 2022 bagi pelamar yang lolos seleksi tahap awal.

Pelamar yang tidak diundang mengikuti wawancara dianggap gagal. Sebagai informasi, seluruh dokumen pendaftaran harus dikirim dalam bahasa Inggris atau telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah.

kelas bahasa asing Lister
kelas bahasa asing Lister