Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Konjungsi Antarkalimat dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

konjungsi antarkalimat

Untuk memperkaya kemampuan bahasa Inggris, kamu perlu memahami konjungsi antarkalimat. Dalam bahasa Inggris, hal ini disebut dengan conjunction.

Konjungsi memiliki fungsi penting karena dapat menghubungkan kata, frasa, bahkan kalimat. Tanpa konjungsi, kita hanya dapat membuat kalimat sederhana.

Contohnya tanpa cause and effect conjunction, kita akan kesulitan menulis kalimat sebab-akibat. Tanpa konjungsi temporal, kita akan kesulitan menulis keseluruhan teks dengan runtut.

Berikut penjelasannya.

Apa itu Konjungsi?

Konjungsi adalah kata yang menghubungkan kata, frasa, atau klausa. Sementara itu konjungsi antarkalimat menghubungkan kalimat.

Konjungsi membuat kamu bisa menyusun kalimat yang kompleks dan menghindari kalimat yang terlalu pendek. Dalam penggunaannya, konjungsi harus menghubungkan kata, frasa, atau klausa yang sifatnya paralel, yakni memiliki struktur yang sama.

Jenis-Jenis Konjungsi

Ada tiga jenis konjungsi dalam bahasa Inggris, yakni coordinating conjunctions, correlative conjunction, dan subordinating conjunctions.

Coordinating Conjunctions

Jenis konjungsi yang pertama ini membuat kamu dapat menyusun kalimat majemuk setara dalam bahasa Inggris. Beberapa kata konjungsi yang termasuk di dalamnya adalah for, and, nor, but, or, yet, dan so.

Berikut contohnya.

I’d like pizza or a salad for lunch. We needed a place to concentrate, so we packed up our things and went to the library. Jesse didn’t have much money, but she got by.

Correlative Conjunctions

Jenis konjungsi ini adalah pasangan konjungsi yang digunakan bersamaan. Yang termasuk di dalamnya adalah both/and, either/or, neither/nor, not only/but, whether/or.

Berikut contohnya.

Not only am I finished studying for English, but I’m also finished writing my history essay. I am finished with both my English essay and my history essay.

Subordinating Conjunctions

Jenis konjungsi ini menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat. Subordinating conjunction menunjukkan hubungan sebab-akibat, hubungan yang kontras, atau hubungan lainnya di antara kedua klausa.

Yang termasuk dalam konjungsi ini adalah after, although, as, as if, as long as, as much as, as soon as, as though, because, before, by the time, even if, even though, if, in order that, in case, in the event that, lest, now that, once, only, only if, provided that, since, so, supposing, that, than, though, till, unless, until, when, whenever, where, whereas, wherever, whether or not, while.

Berikut contohnya.

I drank a glass of water because I was thirsty. Because I was thirsty, I drank a glass of water.

Itu tadi pembahasan tentang konjungsi. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, termasuk dalam hal grammar, kamu bisa mengambil kursus di Lister. Dalam platform online pengajaran bahasa asing ini, kamu bisa memperdalam kemampuan kamu bersama tutor-tutor yang ahli dan bersertifikat. Cek programnya di sini: Program Lister.

kelas bahasa asing Lister
kelas bahasa asing Lister