Kesempatan Kerja Lebih Luas dengan Belajar Bahasa Mandarin

https://lister.my.id/ – Selain bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, kini bahasa Mandarin juga menjadi bahasa mayoritas yang dipelajari oleh banyak orang. Mulai dari belajar per individu, hingga masuk ke kurikulum sekolah.

Dengan itu, dapat disimpulkan bahwa bahasa Mandarin menjadi bahasa yang cukup penting dan memiliki peran besar dalam pergaulan, maupun dalam sektor formal. Seperti untuk bekerja atau membangun relasi bisnis.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai keuntungan belajar bahasa Mandari untuk keperluan bisnis. Apa saja? Lihat penjelasan di bawah ini ya!

Apa Itu Bahasa Mandarin?

Menilik dari sejarah dan perkembangan bahasa, bahasa Mandarin merupakan bahasa yang berasal dar dialek bahasa Tionghoa. Bahasa Mandarin berasal dari sepanjang bagian utara dan barat daya negara Tiongkok. Dialek bahasa dari Tiongkok bagian utara disebut dengan Putonghua atau Huayu.

Kemudian, Putonghua ini menjadi bahasa resmi negara Tiongkok. Sedangkan Guoyu menjadi bahasa resmi negara Taiwan. Putonghua juga menjadi salah satu dari empat bahasa resmi yang digunakan negara Singapura.

Bahasa Tionghoa sendiri mempunyai 200 variasi bahasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dari 200 variasi bahasa ini, dapat dikelompokkan menjadi 13 kelompok dialek. Tujuh dialek besar yang umum digunakan atara lain bahasa Mandarin, 官話; Yue, 廣東話; Xiang, 湘語; Min, 閩語; Gan, 贛語; Wu, 語 and bahasa Hakka, 客家話.

Banyaknya bahasa ini dibedakan berdasarkan letak geografis, suku, budaya dan kebiasaan penduduknya. China merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak pertama di dunia pada tahun 2020 dengan jumlah penduduk mencapai 1,3 milyar jiwa. Maka tidak heran jika China memiliki banyak varian bahasa dan dialek.

Kata ‘Mandarin’ dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Inggris untuk mendeskripsikan bahasa Tionghoa atau bahasa Mandarin. Namun sebenarnya, kata ‘Mandarin’ sendiri adalah kata serapan dari Portugis ‘mandarim’ yang berasal dari bahasa Melayu.

Mandarin secara harfiah merupakan suatu sebutan orang asing untuk pembesar-pembesar atau pejabat dan anggota kerajaan di Dinasti Qing. Dinasti Qing merupakan dinasti yang didirikan oleh suku Manchu. Pembesar-pembesar kekaisaran pada saat itu umumnya disebut Mandaren yang memiliki arti sebagai ‘Pembesar Manchu’.

Pembesar Manchu ini memiliki struktur bahasa tersendiri yang disebut sebagai bahasa Mandaren. Kemudian, penulisannya berevolusi menjadi ‘Mandarin’ dari waktu ke waktu.

Bahasa Mandarin di Indonesia

Bahasa Mandarin sebenarnya sudah lama digunakan sejak zaman dahulu, namun karena satu dan lain hal, bahasa Mandarin dibatasi penggunaannya oleh pemerintah. Gus Dur selaku presiden RI di tahun 2000 kemudian menerbitkan Keppres atau Keputusan Presiden no. 6 tahun 2000 tentang pembolehan orang Cina menjalankan segala bentuk ekspresi kebudayaan Cina, termasuk belajar bahasa dan aksara Mandarin.

Pengajaran bahasa Mandarin tersebut meliputi kursus, les privat, pelatihan, pelajaran intra atau ekstrakulikuler, dan mata kuliah pilihan atau mata kuliah wajib di berbagai instansi pendidikan di Indonesia. Semua lapisan masyarakat dapat secara bebas menggunakan dan mempelajari bahasa Mandarin untuk berbagai keperluan.

baca juga

Bahasa Mandarin dalam Dunia Karier

Belajar bahasa Mandarin tidak hanya terpaku untuk keperluan akademik. Di tengah ekonomi global seperti saat ini, menguasai bahasa Mandarin dapat memperbesar kesempatan kerja yang kalian miliki.

Berikut adalah beberapa alasan mempelajari bahasa Mandarin untuk keperluan karier Anda:

1. Peran China dalam Dunia Ekonomi dan Bisnis

China adalah salah satu dari sekian banyak negara yang memegang ‘kendali’ pada sektor ekonomi dunia. Populasi penduduk terbanyak pertama yang tentu berarti memiliki sumber daya manusia terbesar dan kuat, kekayaan alam yang melimpah, dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, membuat China menjadi pasar terbesar di dunia.

China sendiri memiliki tingkat pembangunan dan kemajuan yang sangat pesat. Seperti dalam sektor teknologi, keuangan dan infrastruktur. Dengan kemampuan yang sedemikian besar, China mampu bersaing dengan negara lain dalam sektor bisnis dan ekonomi.

Banyak perusahaan asal China yang telah melebarkan sayap ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan-perusahaan ini mengutamakan mereka yang mampu berbahasa Mandarin dengan baik dan benar. Sehingga, kemampuan bahasa Mandarin sangat diperlukan untuk bersaing dengan calon tenaga kerja lainnya dalam karier Anda.

2. Peluang Kerja yang Semakin Luas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menguasai bahasa Mandarin dapat meningkatkan peluang kerja. Sekarang ini, banyak perusahaan yang mencari calon tenaga kerja yang mampu menguasai bahasa Mandarin dengan baik.

Biasanya, perusahaan akan meminta syarat skor Hanyu Shuiping Kaoshi atau HSK, yang merupakan skor ujian bahasa Mandarin. Memasukkan skor HSK ke dalam CV tentu dapat menambah nilai plus kalian kepada Human Capital atau HRD.

3. Meningkatkan Value Berkarier

Menyadur dari topkarir.com, pada awal tahun 2019, China menjadi negara kedua terbesar yang menanamkan modal di Indonesia. China menanamkan modal sebesar 4,7 miliar dollar AS atau sekitar 16,8% dari total investasi ke Indonesia.

Dari banyaknya jumlah penanaman modal yang diberikan China, maka sumber daya manusia atau calon tenaga kerja yang menguasai bahasa Mandarin sangat diperlukan dalam berbagai sektor industri dan jasa. Dengan menguasai bahasa Mandarin, kalian telah berupaya untuk bersaing dengan tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing di Indonesia.

4. Memudahkan dalam Menambah Relasi

Menguasai bahasa Mandarin juga memberi keuntungan lainnya, yakni memperluas cakupan relasi dalam dunia kerja. Dengan menguasai bahasa Mandarin, Anda dinilai mampu bekerjasama dan menghargai bahasa asli dari relasi Anda.

Dengan menguasai bahasa Mandarin, calon relasi atau rekan kerja dapat mempercayai kemampuan dan kredibilitas Anda dalam bekerja. Sehingga, memudahkan Anda dalam berkarier ataupun saat akan merintis bisnis baru.

Juga, Anda mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi tanpa memerlukan penerjemah. Selain mendapat kepercayaan relasi bisnis, Anda juga dapat menghemat pengeluaran untuk menyewa penerjemah.

baca juga

Sektor Apa Saja yang Membutuhkan Bahasa Mandarin?

Kebutuhan akan tenaga kerja yang mahir berbahasa Mandarin diperlukan sektor manapun. Hal ini bergantung pada latar belakang perusahaan, kebutuhan untuk relasi, dan lain-lain.

Terdapat beberapa sektor atau bidang pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja yang menguasai bahasa Mandarin, antara lain:

Sektor Pariwisata – masyarakat China merupakan salah satu penyumbang devisa negara melalui sektor pariwisata. Banyak masyarakat China yang memilih Indonesia sebagai destinasi wisata setiap tahunnya. Angka turis asing asal China juga cukup meningkat dari waktu ke waktu. Untuk itu, dibutuhkan tenaga kerja yang mahir berbahasa Mandarin sebagai tour guide atau sebagai staf lapangan untuk mengawasi dan memantau turis selama berada di Indonesia.

Sektor Industri dan Manufaktur – sudah bukan rahasia lagi kalau China merupakan negara dengan sektor industri dan manufaktur yang maju dan selalu terbaharukan. Banyak perusahaan China yang akhirnya melebarkan sayap atau ekspansi ke negara lain, salah satunya Indonesia. Biasanya, perusahaan ini membutuhkan karyawan yang mahir bahasa Mandarin untuk berbagai divisi. Seperti sekretaris, humas atau hubungan masyarakat, HRD, hingga sebagai penerjemah bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia.

Sektor Luar Negeri – selain untuk perusahaan-perusahaan, terdapat kebutuhan tenaga kerja dengan penguasaan bahasa Mandarin untuk sektor luar negeri. Biasanya, dibutuhkan untuk kementerian luar negeri, baik untuk Indonesia atau untuk China.

Di tengah pandemi seperti ini, kalian tidak perlu membatasi diri. Lister, sebagai one stop learning, menawarkan jasa kursus bahasa Mandarin kapanpun dan dimanapun. Kalian tidak perlu duduk berlama-lama duduk di dalam kelas, dengan Lister, kalian bisa kursus bahasa Mandarin dengan native speaker melalui zoom meeting yang tentu memudahkan proses belajar mengajar.

Untuk info lebih lanjut, klik website resmi Lister, ya!