Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kata Sifat Bahasa Jerman, Beda Jauh dengan Bahasa Inggris

kata sifat bahasa jerman

Kamu yang baru belajar bahasa Jerman dapat mengikuti kursus bahasa Jerman agar bisa langsung mempraktikkan kemampuanmu. Sementara itu, kamu dapat belajar kosakata dasar seperti kata sifat bahasa Jerman. Dengan begitu, kamu dapat mendeskripsikan kata benda yang sudah kamu ketahui.

Seperti dalam bahasa Inggris, kata sifat dalam bahasa Jerman dapat berdiri sendiri. Contohnya dalam kalimat “Pria itu tinggi”. Dalam bahasa Inggris, kita menyebutnya, “The man is tall“.

Kata sifat dapat juga terikat dengan ditempatkan sebelum kata benda yang dideskripsikan. Contohnya pada kalimat “Aku punya seekor kucing hitam”, dalam bahasa Inggris kita menyebutnya, “I have a black cat“.

Kata sifat dalam bahasa Jerman juga mempunyai tiga tingkatan perbandingan, sama seperti bahasa Inggris. Misalnya dalam kata tall, taller, dan tallest.

Selain itu, ada juga persamaan dalam kata sifat posesif. Dalam bahasa Inggris adalah my, your, his, her, its, our, dan their.

Namun hanya sampai di sini persamaannya.

Konsep kata sifat dalam bahasa Jerman sama dengan bahasa Inggris. Namun penggunaannya sangat berbeda karena kata sifat bahasa Jerman memiliki akhiran.

Imbuhan dalam Kata Sifat Bahasa Jerman

Mudah untuk membuat kalimat seperti dalam bahasa Inggris, “The man is tall“. Kalimat ini mengikuti pola (kata benda) + (kata sifat). Berikut contohnya.

Der Mann ist groß. – Pria itu tinggi.

Der Mann ist reich. – Pria itu kaya.

Der Mann ist dünn. – Pria itu kurus.

Namun ketika kata sifat ditempatkan sebelum kata benda, kamu harus memberi imbuhan pada akhir kata, yakni -m, -n, -r, -e, dan -s. Perhatikan contoh berikut.

Der große Mann heißt Tom. – Pria tinggi itu bernama Tom.

Ich kenne einen reichen Mann. – Aku mengenal seorang pria kaya.

Ich gebe dem dünnen Mann was zu essen. – Aku memberikan pria kurus itu sesuatu untuk dimakan.

Kamu harus memerhatikan gender, jumlah, dan artikel dari kata benda yang hendak dideskripsikan.

Definite Article

Pada definite article, ada dua jenis imbuhan yang ditambahkan pada akhir kata sifat. Pada bentuk maskulin, feminin, dan netral, imbuhan -e ditambahkan pada kata sifat. Sementara itu pada bentuk plural imbuhannya adalah -en.

maskulin > der alte Mann – pria tua

feminin > die alte Frau – wanita tua

netral > das alte Haus – rumah tua

plural > die alten Gebäude – bangunan-bangunan tua

Indefinite Article

Pada indefinite article, ada tiga jenis imbuhan yang ditambahkan di akhir kata sifat. Pada bentuk maskulin, imbuhannya adalah -er.

Pada bentuk feminin, imbuhannya adalah -e. Sementara itu pada bentuk netral imbuhannya adalah -es.

maskulin > ein alter Mann – seorang pria tua

feminin > eine alte Frau – seorang wanita tua

netral > ein altes Haus – sebuah rumah tua