Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Jadi Mahasiswa Baru? Ada Pesan Menarik dari Gita Savitri

Tips mahasiswa baru

“Jangan cuma belajar mata kuliah dari buku dan catatan. Belajar tentang diri sendiri dan orang lain, jangan lupa.”

Gitasav

Sebuah pesan menarik dari Youtuber wanita Indonesia yang masih tinggal di Jerman ini untuk mahasiswa baru. Belajar saat kuliah tidak terbatas hanya di ruang kelas seperti mendengarkan ceramah dosen, mengerjakan tugas, mempelajari mata kuliah dari modul dan buku catatan saja. Tapi lebih dari itu, menurut Gita, melanjutkan studi adalah langkah besar pertama menuju kehidupan dewasa. Jadi, saat kuliah penting juga untuk belajar tentang diri sendiri dan orang lain.

Bagaimana menurut kamu? Setuju?

Kuliah menjadi petualangan terbesar dalam hidup

Apa yang kamu lakukan di tahun pertama kuliah biasanya dapat memberi pengaruh besar pada sisa tahun kuliah – belum lagi di dalam sisa hidup yang kita miliki. Besar atau kecilnya langkah dan kesalahan yang dilakukan pun akan berdampak pada proses perjalanan kuliah yang kita miliki. Beberapa kesalahan mungkin dapat diperbaiki nanti, namun terlalu banyak langkah yang salah juga bisa mempersulit diri sendiri nantinya. Misalnya, sengaja tidak mengikuti kelas sehingga nilai IPK menurun atau bahkan dikeluarkan dari universitas dan masih banyak contoh lainnya.

College Life GIF

Berjejaring dan Memilih Lingkungan yang Positif

“Rajin belajar tapi ngga punya teman kayaknya ngga bagus juga. Karena biasanya nanti di dunia kerja, tingkat kesuksesan kita terkadang ditentukan dari seberapa bagus link yang kita punya. Jadi, jangan lupa banyak-banyak berteman ya.”

Arif Muhammad

berjejaring dalam organisasi akan membentuk skill dan kompetensi kamu seperti team work, problem solving, relationship, creativity, dan lain-lain. Dalam dunia kerja dibutuhkan skill dan kompetensi karena hakikatnya struktur perusahaan itu sama dengan sebuah organisasi. Organisasi bukan terbatas pada internal namun juga eksternal.

“Bukan seberapa banyak kalian ikut organisasi. Namun seberapa berkualitasnya kalian dalam organisasi.”

Internship

Ini hal paling penting. Magang. Dalam proses perekrutan, kata ‘magang’ merupakan sebuah nilai jual. Dari magang akan terlihat bagaimana positioning kalian sewaktu kerja dan cara beradaptasi. Dapat dilihat juga achievement, learning dan growth kalian. Magang dapat menjadi sebuah nilai jual tinggi. Apalagi jika kamu magang di perusahaan yang cukup bonafide.

Tidak ada salahnya kamu sebagai mahasiswa mulai aktif kursus sebagai sarana pengembangan diri. Contohnya, kursus Excel, English, Bahasa, Design, dan lain-lain. Selain itu, dapat menambah nilai jual di mata HR.

Tips lainnya DISIPLIN.

Disiplin dalam tugas, belajar, waktu, dan lain-lain akan membuat kamu memiliki kompetensi tertinggi. Faktor yang sangat dominan dalam kesuksesan seseorang adalah disiplin diri. Terus upgrade diri dan jangan bermalas-malasan, mulai penerapan disiplin dalam segala hal. Percayalah bahwa disiplin akan membentuk karakter menjadi lebih baik.

Manajemen Waktu

Tidak seperti sekolah menengah, di mana guru memberikan akses, bantuan, dan bimbingan harian, kelas perguruan tinggi mengharuskan kita mengandalkan keterampilan manajemen waktu, studi, dan organisasi. Menurut saran dari Pusat Kesehatan Siswa Bryn Mawr College, tetap berpegang teguh pada silabus, menghadiri kelas secara teratur dan menetapkan jadwal belajar harian dapat membuat kita tetap fokus pada persyaratan dan tugas. Jika merasa bingung atau tertinggal, temui profesor segera di luar kelas untuk mengidentifikasi masalah dan kembali ke jalurnya.

Portrait of student wearing medical mask Free Photo

Belajar Mengelola Finansial

Seringkali, perguruan tinggi memberi siswa pengalaman pertama mereka menangani keuangan mereka sendiri. Tidak menyadari bagaimana menyeimbangkan buku cek, menetapkan anggaran atau menggunakan kartu kredit dengan benar yang dapat menyebabkan pengeluaran yang tidak bertanggung jawab. Bersikap proaktif dengan mendiskusikan situasi keuangan dengan orang tua sebelum berangkat ke perguruan tinggi dan menetapkan anggaran bulanan yang mencakup buku atau modul, makanan ringan kamar asrama, perlengkapan sekolah, kebutuhan pribadi dan jalan-jalan dengan teman-teman. Di kampus, jadikan manajemen keuangan sebagai bagian rutin dari rutinitas harian, termasuk memeriksa saldo bank dan mencatat pembelian.

Menjaga Keseimbangan Diri

Sementara perguruan tinggi mencakup banyak tekanan eksternal, siswa sering memperburuk situasi dengan mengabaikan tubuh mereka. Hal ini dapat mengakibatkan tingkat stres yang lebih tinggi dan kualitas kesehatan fisik yang lebih rendah. Layanan kesehatan mahasiswa Universitas California di San Diego menyatakan bahwa tidur setidaknya 7 atau 8 jam dapat mencegah depresi dan kelelahan. Meluangkan waktu untuk kegiatan favorit seperti olahraga atau berolahraga juga dapat membantu menghilangkan stres dan tetap aktif secara fisik.