Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Italia, Negara Eropa dengan Kultur Paling Mirip Indonesia

kultur budaya

Jika berbicara tentang kemiripan budaya Italia dan Indonesia, akan ada banyak sekali hal yang kita temukan. Dari segi geografis, Italia mirip dengan Indonesia, mereka memiliki tanah yang subur karena banyak gunung berapi, rawan gempa bumi dan dikelilingi lautan.

Keberagaman bahasa dan budaya di Italia sedikit mirip dengan Indonesia. Di sana tiap daerah memiliki dialeknya masing-masing. Budaya antara utara dan selatan serta makanan tradisional di setiap wilayah pasti berbeda.

Dan, masih banyak hal-hal di Italia lain yang mirip dengan Indonesia yang perlu kamu tahu!

Budaya Italia

Keramahan. Sebagian besar orang Eropa tidak suka tersenyum. Tapi di antara orang Spanyol, Portugis dan Italia, orang Italia yang paling murah senyum. Mereka juga cepat untuk diajak akrab dan dijadikan teman. Sesuai dengan peribahasa asal Italia yang terkenal di bawah ini!

Chi trova un’amico, trova un tesoro, Siapa yang menemukan teman, menemukan harta karun.”

Kekeluargaan. Di Italia, keluarga adalah sakral. Banyak pria yang sudah dewasa yang masih tinggal dengan orang-tua mereka dan hal ini dianggap lumrah (pria malah senang). Kekuasaan ibu mertua Italia sudah melegenda. Dan ada kebiasaan di hari Minggu para pasangan suami-istri berkunjung ke rumah orang-tua mereka. Tolong menolong dalam keluarga adalah keharusan seperti di Indonesia. Jadi banyak perusahaan yang memperkejakan anggota-anggota keluarganya.

Religius dan superstitious. Orang Italia taat beragama dan mereka mempunyai banyak kepercayaan seperti menghindari mengatakan Jumat tanggal 13 atau menulis angka 17, menyentuh besi untuk menghindari sial dan lain-lain. Untuk mengunjungi gereja atau tempat suci lainnya perempuan tidak boleh menggunakan rok mini dengan bahu tertutup. Kadang kemeja lengan pendek juga tidak diperkenankan.

Emosian. Orang Italia tidak bisa menyembunyikan emosi mereka baik positif maupun negatif. Tidak seperti orang Eropa lain yang cenderung menghindari obrolan yang masuk privasi, orang Italia memiliki sifat rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka juga menyukai aktivitas ngobrol dengan suara keras seperti orang Indonesia.

Kebiasaan jam karet. Sama seperti orang Indonesia, orang Italia jarang yang tepat waktu ketika mempunyai janji temu. Terlambat 10–30 menit dapat ditoleransi di Italia. Orang Italia suka mengeluh tentang pemerintahnya tapi tidak ada yang benar-benar melakukan tindakan nyata setelah berucap.

Dari kelima hal yang sudah disebutkan di atas, apakah kamu memiliki pandangan lain fellas?