Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Guru Bahasa Mandarin

Lister.co.id – Ada dua cara belajar Bahasa Mandarin, belajar mandiri secara otodidak atau memilih diajar oleh guru yang lebih mahir. Alasan utama yang memilih belajar dengan guru pasti karena mereka memiliki ilmu yang lebih banyak dan akan membantu mengajari hal-hal yang tidak kita tahu.

Idealnya, sekarang ini menemukan guru Bahasa Mandarin sangatlah mudah. Kalian tinggal mencari di internet atau di lembaga kursus Bahasa Mandarin.

Pentingnya Memilih Guru Bahasa Mandarin yang Tepat

Guru Bahasa Mandarin yang baik akan paham apa yang kalian butuhkan dan langsung mengajari sesuai dengan gaya belajar kalian dengan cara seefektif mungkin. Maka belajar Bahasa Mandarin pun tidak akan terasa sulit dan bahkan bisa menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Tapi faktanya, cukup sulit menemukan guru Bahasa Mandarin yang baik. Selalu saja ada kendala yang menyebabkan rasa tidak cocok dengan guru Bahasa Mandarin yang sudah dipilih.

Belajar dengan guru yang tidak tepat juga bisa berdampak pada progress belajar Bahasa Mandarin ke depannya, sehingga masalah ini harus secepat mungkin diatasi.

Mengapa kalian butuh guru untuk belajar Bahasa Mandarin?

Di dunia serba modern seperti sekarang, bukan hal yang tidak mungkin untuk belajar Bahasa Mandarin secara mandiri. Sumber pembelajaran pun bisa dengan mudah didapatkan di sekitar kita, baik itu menggunakan buku teks, internet, dll. Lalu apakah kita masih butuh guru Bahasa Mandarin?

  • Mendapatkan panduan dan feedback

Bahasa Mandarin merupakan Bahasa yang rumit untuk dipelajari, sehingga terkadang sumber dari materi yang terpercaya pun masih bisa salah diinterpretasi. Inilah yang bisa menyebabkan kita salah memahami suatu materi kalau belajar sendiri.

Guru Bahasa Mandarin bisa membantu membenarkan dan memberikan panduan jika ada yang salah. Ini akan sangat berguna terutama untuk keperluan speaking Bahasa Mandarin yang memiliki pengucapan dan intonasi yang sulit.

  • Menjadi partner praktek

Berlatih speaking Bahasa Mandarin sangat sulit jika dilakukan sendiri, kalian akan butuh orang yang akan mendengarkan percakapan kalian. Bercakap-cakap sungguhan dalam dua arah juga bisa melatih pikiran untuk memikirkan kata dalam Bahasa Mandarin yang akan digunakan.

Guru Bahasa Mandarin bisa menjadi partner belajar yang baik karena mereka pasti memiliki kemampuan speaking yang lebih baik. Guru juga bisa membenarkan jika kita melakukan kesalahan.

  • Memotivasi

Sangat wajar jika dalam mempelajari Bahasa Mandarin, tiba-tiba merasa bosan atau jenuh di tengah-tengah. Bahkan orang yang sudah memiliki tujuan yang jelas sekalipun, bisa terkadang merasa lelah karena materi yang sulit.

Guru Bahasa Mandarin bisa juga bertugas sebagai motivator yang terus mendorong murid-muridnya untuk tetap semangat belajar Bahasa Mandarin sampai mahir. Apalagi jika guru Bahasa Mandarin ini mengajar dengan metode yang menyenangkan.

Yang seharusnya dilakukan guru Bahasa Mandarin

Sekarang mari lihat dari sudut pandang guru, apa yang harus guru Bahasa Mandarin lakukan supaya pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif?

  • Beri kritik yang membangun

Kritikan adalah sesuatu yang tidak bisa kalian dapatkan jika kalian belajar Bahasa Mandarin tanpa guru. Kritikan atau feedback juga sangat penting untuk bisa terus memotivasi siswa dalam belajar Bahasa Mandarin yang sulit.

Walaupun begitu, tetap saja ada guru Bahasa Mandarin yang ragu atau terlewatkan untuk membenarkan pengucapan siswa. Padahal pengucapan dan intonasi sangatlah penting dalam Bahasa Mandarin, jika tidak dibenarkan sejak awal, siswa bisa tidak tahu dia melakukan kesalahan dan akan terus salah dalam menggunakan Bahasa Mandarin ke depannya

  • Memotivasi

Ini juga yang banyak dibutuhkan siswa dalam belajar Bahasa Mandarin. Cara memotivasi yang dilakukan bisa beragam, mulai dari menyisipkan permainan menyenangkan saat pembelajaran, menceritakan budaya Cina yang menarik, hingga membagikan kisah sukses orang-orang yang sudah mahir berbahasa Mandarin

  • Bicara sebanyak mungkin dalam Bahasa Cina

Ini mungkin akan lebih efektif bekerja pada murid yang sudah level menengah atau tinggi. Tapi tetap saja sebagai guru sebaiknya dalam mengajar lebih banyak menggunakan Bahasa Mandarin daripada Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Jika masih sulit, guru bisa mulai dengan bicara perlahan supaya murid lebih mudah menangkap. Atau bisa juga guru menggunakan dua Bahasa secara bergantian

  • Ajarkan yang tidak bisa siswa pelajari sendiri

Ini adalah gunanya belajar bersama guru, bisa mempelajari yang tidak bisa dipelajari sendiri. Jadi, sebagai guru Bahasa Mandarin juga sebaiknya lebih memperhatikan aspek-aspek ini supaya pembelajaran bisa lebih efektif.

Beberapa diantaranya adalah membenarkan pronunciation, menjawab soal-soal yang sulit, memberi contoh aturan dan penggunaan grammar, dll

  • Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa

Setiap siswa memang memiliki kemampuan, kebutuhan, dan juga gaya belajar yang tidak bisa disamakan. Tapi akan lebih baik dan efektif jika guru bisa mengajar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.

Guru sebaiknya mengajarkan terlebih dulu materi yang akan benar-benar dibutuhkan siswa, baru mulai masuk ke materi yang lebih dalam nanti. Dengan begini siswa akan lebih semangat dan tidak mudah jenuh di awal

baca juga

Yang harus dilakukan sebagai murid yang belajar Bahasa Mandarin

Supaya bisa mendapatkan pembelajaran Bahasa Mandarin yang efektif, murid juga perlu ikut ambil bagian. Berikut adalah yang bisa dilakukan oleh kalian sebagai murid dalam belajar Bahasa Mandarin:

  • Selalu berpikiran positif

Bahasa Mandarin memang terkenal sulit, dan dalam proses mempelajarinya pasti akan terus menemukan berbagai hambatan dan tantangan. Sebagai murid, kalian harus menghadapi semuanya dengan pikiran positif dan menerimanya sebagai bagian dari proses untuk bisa berbahasa Mandarin dengan baik.

Selalu ingat tujuan awal kalian belajar Bahasa Mandarin, dan selalu menerima semua kritikan dari guru dengan lapang dada

  • Review ulang materi sebelumnya

Ini penting dilakukan sebelum memulai pembelajaran. Me-review kembali materi yang telah lalu bisa me-refresh otak sebelum menerima materi baru.

Pada saat review ulang ini guru dan murid juga bisa menilai apakah murid paham dengan benar atau tidak pembelajaran yang lalu, dan apakah perlu diulang atau tidak

  • Review sendiri setelah kelas

Ini adalah yang bisa dilakukan murid setelah selesai pembelajaran. Kelas berakhir bukan berarti pembelajaran Bahasa Mandarin juga berakhir.

Kalian bisa mereview kembali materi yang sudah diajarkan supaya lebih mudah dipahami dan diingat. Kalian juga bisa mulai membaca-baca materi yang akan diajarkan selanjutnya supaya sudah lebih siap

  • Pelajari sendiri materi yang bisa dipelajari

Dalam poin dari sudut pandang di atas ditulis bahwa guru sebaiknya lebih fokus mengajarkan yang tidak bisa dipelajari siswa sendiri. Sehingga sebagai murid pun harus bisa me-manage sendiri semua yang tidak perlu dipelajari di kelas.

Beberapa diantaranya adalah mengerjakan soal-soal yang mudah, menghapalkan kosa kata sederhana, dll