General English Class – Yuk, Mengenal Part of Speech!

General English Class – Yuk, Mengenal Part of Speech!

lister.co.id – Yap, selamat datang pada artikel English Program, para pembelajar Bahasa Inggris! Kali ini kita akan membahas tema ‘General English Class’ yang cukup umum dan mendasar sebagai upaya untuk mengawali pembahasan mengenai Bahasa Inggris kedepannya, yaitu: Part of Speech.

Sangat umum bagi sebagian orang yang berusaha untuk mempelajari Bahasa Inggris, merasa kebingungan darimana harus memulai.

Bisa dibilang hal tersebut sangatlah wajar terjadi dikarenakan materi-materi Bahasa Inggris itu sendiri yang begitu kompleks dan saling berhubungan satu sama lain.

Karena itulah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai materi yang dianggap paling mendasar untuk dipelajari yaitu Part of Speech guna memudahkan para pembelajar tersebut.

Apa sih Part of Speech itu?

Sebelum kita berbicara lebih lanjut, terlebih dahulu kita harus memahami unsur paling dasar dalam mempelajari suatu bahasa.

Dalam konteks praktis, unit terkecil dari suatu bahasa yang mana bersifat paling mendasar adalah apa yang disebut sebagai ‘kata’ atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan ‘word’.

Dari kata itulah, unit-unit bahasa yang lebih besar dapat dibentuk, seperti: frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan bahkan hingga menjadi bentuk sebuah teks wacana yang rumit.

Namun sebelum kita berbicara mengenai bentuk-bentuk yang lebih besar semacam itu, akan lebih baik jika kita mengerti secara mendalam bentuk dasarnya terlebih dahulu bukan?

Karena itulah, titik yang paling bagus untuk memahami kata atau word dalam Bahasa Inggris, dapat dimulai melalui materi-materi Part of Speech. Bisa dikatakan, materi ini dapat menjadi sebuah fondasi terbaik untuk mengawali pembelajaran Bahasa Inggris yang pastinya akan lebih rumit lagi kedepannya.

Jika kita membicarakan Part of Speech tentu saja itu tidak akan “melantur” terlalu jauh dari pembahasan mengenai struktur (structure) bahasa khususnya kosakata (vocabulary).

Hal ini disebabkan karena Part of Speech sendiri adalah materi mengenai jenis-jenis umum kosakata dalam Bahasa Inggris. Seperti yang pada umumnya diketahui, bahwa Bahasa Inggris merupakan jenis bahasa yang dibangun pada sebuah sistem tatabahasa tertentu – berbasis pada struktur yang disebut grammar.

Pada dasarnya, sistem kebahasaan yang seperti ini dicirikan dengan adanya perubahan bentuk-bentuk suatu kata kedalam kategori-kategori guna memenuhi keperluan struktur bahasa tersebut. Karena itulah materi Part of Speech dianggap penting.

General English Class

Apa sajakah yang dibahas dalam materi Part of Speech?

Sebagai permulaan, dalam materi Part of Speech, kosakata atau vocabulary dibagi menjadi beberapa kategori tersendiri. Ada banyak versi dan varian mengenai pembagian kategori ini, tergantung siapa ahli yang merumuskannya.

Namun setidaknya ada tujuh kategori kata yang dianggap paling lumrah dan disepakati oleh para ahli:

  • Noun atau Kata Benda
  • Verb atau Kata Kerja
  • Adjective atau Kata Sifat
  • Adverb atau Kata Keterangan
  • Pronoun atau Kata Ganti (Orang/Benda)
  • Conjunction atau Kata Hubung (Konjungsi)
  • Preposition atau Preposisi

Selain ketujuh kategori tersebut, terdapat dua kategori tambahan, meskipun dalam penggunaannya terkadang tidak terlalu krusial. Dua kategori itu adalah:

  • Interjection atau Kata Seru
  • Article/Determiner atau Kata Awalan

Apa perbedaan dari satu kategori dengan kategori lainnya?

Kategori-kategori dalam materi Part of Speech akan sangat berhubungan dengan bagaimana nantinya suatu kalimat dapat dirangkai dalam Bahasa Inggris.

Tantangan mendasar dalam mempelajari Bahasa Inggris tidak hanya terletak pada seberapa banyak seseorang dapat menguasai sejumlah vocabulary beserta artinya saja, melainkan juga bagaimana kemampuan seseorang tersebut dalam menempatkan berbagai kosakata yang dikuasainya pada suatu kalimat.

Hal ini disebabkan kosakata atau vocabulary dalam Bahasa Inggris tidak melulu hanya termasuk pada satu kategori saja. Terkadang, sebuah kata dapat dimasukkan dalam dua atau tiga kategori sekaligus.

Karenanya, apabila seorang pembelajar sudah dapat mengerti macam-macam kata beserta kategorinya, akan sangat mudah baginya nanti jika ingin mempelajari materi Bahasa Inggris yang lebih rumit, semisal tenses (bentuk waktu pada kalimat) dan lain sebagainya.

Karena itulah, pada artikel kali ini juga akan dibahas secara singkat mengenai masing-masing jenis Part of Speech yang sudah disebutkan diatas.

Noun atau Kata Benda

Noun atau yang juga dikenal sebagai kata benda, barang tentu sudah sering didengar oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena kata benda memang merupakan kategori kata yang tidak ‘eksklusif’ atau hanya ditemukan pada Bahasa Inggris saja.

Maka wajar, jika kata benda juga umum ditemukan pada struktur berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Kata benda mengacu pada kategori kata yang menggambarkan suatu benda, nama, atau entitas apapun yang bersifat sebagai suatu bentuk personifikasi.

Dengan kata lain, semua kata yang dapat merujuk pada ‘seseorang atau sesuatu’ dapat dikategorikan sebagai kata benda atau noun. Beberapa contoh noun seperti: Cat (nama binatang), Donny (nama orang), car (nama benda), house (nama tempat/bangunan), dll.

Verb atau Kata Kerja

Verb atau kata kerja, juga dapat ditemukan pada Bahasa Indonesia. Dari namanya akan sangat mudah ditebak bahwa kategori kata ini melambakan berbagai hal yang berhubungan dengan aktivitas dan pekerjaan.

Namun khususnya dalam Bahasa Inggris, hal-hal seperti suatu peristiwa/kejadian hingga kondisi suatu benda/orang (noun)-pun dapat dilambangkan menggunakan verb. Kata kerja inilah yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam pembentukan suatu klausa/kalimat pada Bahasa Inggris. Beberapa contoh yang ada seperti: Eat (nama aktivitas), become (kejadian/peristiwa), am (kondisi sesuatu), dll.

Adjective atau Kata Sifat

Adjective atau kata sifat akan lebih mudah dipahami sebagai kata yang dikhususkan untuk menjelaskan karakteristik suatu kata benda (noun).

Tentu saja akan sangat banyak sekali cara untuk menggambarkan karakteristik sebuah kata benda, contoh: sebuah rumah (house), sebagai suatu kata benda, dapat digambarkan dengan karakter sifat (adjective) seperti besar (big/large), kecil (small/little), mewah (fancy), kumuh (vile), dll.

Adverb atau Kata Keterangan

Adverb atau kata keterangan, di sisi lain, merupakan kategori kata yang pada umumnya menjelaskan bagaimana derajat suatu kata kerja atau verb dilakukan.

Meski begitu, adverb tidak hanya berkorelasi dengan verb saja. Kategori ini juga umum digunakan untuk mendeskripsikan lebih lanjut unit-unit kebahasaan yang lain seperti preposisi (preposition), klausa (clause), kalimat (sentence), bahkan hingga menjelaskan kata sifat (adjective). Beberapa contoh yang ada seperti: slow (menerangkan kecepatan sebuah pergerakan), very (menerangkan derajat suatu adjective), dll.

Pronoun atau Kata Ganti

Meskipun pada dasarnya di dalam suatu kalimat, fungsi kata ganti atau pronoun tidaklah berbeda dengan fungsi kata benda (noun) yang digantikannya, namun pada materi Part of Speech, kata ini memiliki kategorinya tersendiri.

Secara praktis, fungsi dari kata ganti di dalam suatu kalimat, teks atau wacana adalah untuk memberikan sebuah kekayaan variasi dan kepraktisan tersendiri. Beberapa contoh yang umum dijumpai seperti: You (orang kedua tunggal), he/she/it (orang ketiga tunggal), they (orang ketiga jamak), dll.

Conjunction atau Kata Hubung (Konjungsi)

Kata hubung atau konjungsi yang dalam Bahasa Inggris berarti conjunction , akan sangat mudah ditemui pada Bahasa Indonesia sekalipun. Tentu saja dilihat dari namanya, kata ini dapat dibedakan melalui fungsinya yang dapat menghubungkan suatu unit kebahasaan dengan unit yang lain. Beberapa contoh adalah, and (dan), but (tapi), so (jadi), dll.

Preposition atau Preposisi

Memasuki kategori yang satu ini, pembahasannya mungkin akan terasa menjadi semakin rumit. Didalam Bahasa Inggris, kategori ini melambangkan jenis kata yang dapat merujuk pada kedudukan suatu kata benda (noun) baik secara spasial maupun temporal.

Preposition juga dapat menggambarkan kedudukan suatu noun dengan derajat pemahaman abstraksi tertentu. Contoh: in (di dalam), under (di bawah), before (sebelum), of/for (teruntuk), dll.

Article (Kata Awalan) dan Interjection (Kata Seru)

Meskipun kedua kategori ini tidak terbilang memiliki peran yang begitu signifikan, namun keberadaannya dirasa perlu untuk sedikit dibahas.

Article atau kata awalan di dalam Bahasa Inggris berfungsi untuk menjelaskan batasan-batasan tertentu dari sebuah kata benda (noun) beberapa contoh yang ada seperti the dan a/an.

Sedangkan interjection atau kata seru adalah jenis kata yang mengekspresikan sebuah reaksi atau perasaan yang terkadang diujarkan secara spontan.

Beberapa contoh yang ada seperti ouch!, wow! (eksklamasi); damn! (serapah); hey, bye (sapaan); okay, oh!, m-hm, huh? (respon); dll.

baca juga

Dan itulah berbagai jenis kategori kata yang termasuk dalam materi Part of Speech. Dengan memahami materi-materi kebahasaan yang umum seperti ini diharapkan nantinya dapat menjadi fondasi yang kuat dalam memahami materi-materi Bahasa Inggris spesifik dan jauh lebih rumit lagi.