Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Belajar Bahasa Asing

Faktor Kesuksesan Bahasa Asing

“Kenapa sih ada orang yang cepat menguasai satu bahasa asing ada yang susah?”

Mungkin itu adalah pertanyaan yang sering muncul saat awal-awal belajar suatu bahasa. Dalam suatu angkatan kelompok belajar, kenapa progres setiap orang berbeda-beda? Padahal titik mulainya sama? Apa yang menyebabkan perbedaan di antara mereka?

Ternyata ada banyak faktor yang menjadi pengaruh kesuksesan seseorang lebih cepat mahir bahasa asing dibanding yang lainnya. Apa itu?

Faktor kesuksesan belajar bahasa asing
freepik

Menurut seorang polyglot asal Indonesia, Komandala Putra, mengatakan kesuksesan menguasai suatu bahasa, 80% ditentukan oleh faktor psikologis dan 20% ditentukan oleh faktor teknis. Sehingga, apabila selama ini kita hanya sibuk mencari cara menghafal kosakata atau hanya belajar tata bahasa saja, berarti kita hanya mengusahakan faktor teknis yang baru berperan sebesar 20% pencapaian. Pantas progresnya jalan di tempat, kan?

Selain faktor teknis, ternyata faktor psikologis juga lebih penting. Apa saja?

1. Niat (Intention)

Mulailah dengan niat yang benar. Untuk apa harus belajar bahasa asing?

2. Value

Kemudian faktor yang kedua adalah apa sisi value yang ingin kita bangun sekaligus ingin kita dapatkan setelah mahir berbahasa asing. Hal ini akan mempengaruhi sikap konsisten kita saat berproses.

3. Energi psikologis

Dari sisi psikologis, menurut Polyglot, Komandala Putra, orang-orang yang sulit belajar bahasa asing disebabkan terlalu banyak emosi negatif yang ada di dalam dirinya. Sehingga menghalanginya untuk berprogres. Misalnya, dalam diri kamu ada banyak sekali energi negatif, seperti rasa malu, rasa bersalah, rasa takut, rasa cemas, rasa marah, dan rasa benci. Jika sebagian besar energi kita sudah terkuras oleh emosi negatif, seberapa banyak energi yang tersisa untuk belajar bahasa asing?

Lalu, apa saja yang termasuk faktor teknis?

1. Pendekatan belajar

2. Metode belajar

3. Teknik belajar

4. Grammar

5. Kosakata

6. Fonologi (ilmu tentang bunyi bahasa)

7. Semantik dan Pragmatik (ilmu tentang makna).

Itulah beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam mempelajari suatu bahasa baru. Kira-kira faktor mana yang sudah kamu penuhi, fellas?

Butuh bimbingan belajar bahasa asing yang lebih terarah bersama tutor berpengalaman? Lister, sebagai platform online yang menyediakan berbagai kursus bahasa asing; diantaranya ada 10 kelas bahasa asing siap membantu kamu sampai mahir!

Baca juga: Kursus Bahasa Asing