Dampak Positif Belajar Bahasa Inggris

Dampak Positif Belajar Bahasa Inggris

lister.co.id – Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu bahasa Internasional yang paling utama digunakan di negara kita adalah bahasa Inggris ya. Sekarang ini bahasa Inggris bukan hanya diajarkan pada tingkat sekolah dasar (SD) aja tapi juga mulai dari usia 2 tahun, seseorang sudah bisa diajarkan bahasa Inggris.

Dampak Positif Belajar Bahasa Inggris

Siapa bilang lancar berbahasa Inggris hanya bermanfaat ketika kita sedang bertemu orang asing atau jalan-jalan ke luar negeri atau bahkan hanya sekedar terlihat keren? Dampak positifnya lebih dari itu semua lho. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika belajar bahasa Inggris, apa saja sih?

Komunikasi Menjadi Lebih Mudah

Di bumi ini ada berbagai macam negara dan bahasa. Sebagai makhluk sosial, kita sebagai manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya berkomunikasi dengan manusia lainnya bukan? Nah, salah satu dampak positif dari belajar bahasa Inggris yaitu membuat kita lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara, karena seperti yang kita ketahui bahasa Inggris ini memang menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Di dalam kehidupan ini sangat memungkinkan kita untuk bertemu dengan orang lain dari berbagai negara, jadi kalau tidak bisa berbahasa Inggris pastinya kita akan merasa kesulitan kan dalam berkomunikasi?

Menambah Pengetahuan

Pengetahuan merupakan suatu informasi yang dapat disadari oleh seseorang. Lantas mengapa informasi bisa menjadi salah satu dari dampak positif belajar bahasa Inggris? Anda tahu kan bahwa informasi dapat kita temukan dari mana saja dan kapan saja, tentu dengan hadirnya informasi akan menambah pengetahuan kita bukan? Jika kita mendapatkan informasi dari orang asing bagaimana kita dapat mengerti jika tidak lancar dalam berbahasa Inggris?

Jadi dengan belajar bahasa Inggris, Anda bisa mengetahui informasi sebanyak mungkin dan juga pengetahuan tanpa terkendala dengan bahasa. Memang tidak semua orang lancar dalam berbahasa Inggris, tapi setidaknya bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling sering digunakan di banyak negara.

Lebih Seru Saat Liburan

Liburan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu untuk banyak orang ya, apalagi kalau berlibur di tempat-tempat terkenal ataupun luar negeri. Jika Anda ingin berlibur ke tempat yang terkenal atau luar negeri, tidak bisa dipungkiri ya bahwa banyak sekali orang asing yang akan Anda temui dan bahkan ada saat-saat yang mengharuskan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan mereka.

Untuk Anda yang bahasa Inggrisnya kurang lancar, pasti akan mengalami kendala sehingga liburan pun akan terasa kurang menyenangkan. Namun hal ini tentunya berbeda dengan orang yang sudah lancar berbahasa Inggris, liburan akan terasa lebih menyenangkan dan pastinya Anda bebas ngobrol dengan orang asing. Jika Anda pecinta travelling, sebaiknya belajarlah bahasa Inggris agar liburan terasa menyenangkan dan destinasi liburan juga lebih luas.

Terlihat Lebih Keren

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di awal tadi, bahwa dengan belajar bahasa Inggris pastinya akan membuat Anda terlihat lebih keren. Apalagi saat Anda berkumpul dengan orang-orang yang memang sudah lancar bahasa Inggris pasti tidak jarang mereka akan berbincang dengan kalimat-kalimat bahasa Inggris juga.

Lebih Percaya Diri

Dampak positif yang selanjutnya yaitu percaya diri Anda akan meningkat, kok bisa? Coba deh bayangkan saat Anda ditanya atau diajak berbicara dengan bahasa Inggris, sedangkan Anda  sendiri belum lancar berbahasa Inggris pastinya akan minder kan? Memang sih pada dasarnya manusia memiliki rasa minder atau kurang percaya diri, maka dari itu dengan menguasai bahasa Inggris pasti akan lebih meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Lebih Mudah Belajar Bahasa Lainnya

Ternyata dengan belajar bahasa Inggris malah akan membuat kamu lebih mudah untuk mempelajari berbagai bahasa asing lainnya. Hal ini terjadi karena saat Anda mulai menguasai bahasa Inggris pasti untuk mempelajari bahasa asing lainnya akan lebih terkesan mudah dan mengalir begitu saja.

Sebagai contoh, jika Anda sedang berlibur ke Filipina yang dimana masyarakatnya sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris tapi Anda juga bisa berbicara dengan penduduk disana dan minta diajari bagaimana cara belajar bahasa Tagalog yang benar.

baca juga

https://lister.co.id/mengapa-belajar-bahasa-inggris-sangat-penting/

Bisa Menjadi Pengajar Atau Mentor

Di dalam kehidupan ini pastinya kita sebagai manusia ingin turut serta dalam membantu orang lain. Dengan lancar berbahasa Inggris, Anda bisa membantu orang lain dengan menjadi pengajar atau mentor. Karena biasanya seseorang yang menguasai ilmu pengetahuan tertentu pasti ingin ilmu tersebut dibagikan ke orang lain.

Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang Anda miliki pastinya juga bisa mendapat uang tambahan dengan menjadi tenaga pengajar atau bisa juga mengajarkan anak-anak kurang mampu secara sukarela. Ini dilakukan agar ilmu yang di dapatkan bisa membantu orang lain yang sedang ingin mempelajari bahasa Inggris.

Meningkatkan Konsentrasi

Anda juga akan lebih berkonsentrasi, karena dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki pastinya Anda akan lebih fokus dengan berbagai pengucapan dan juga materi yang disampaikan oleh lawan bicara. Semakin Anda berkonsentrasi maka kualitas konsentrasi yang Anda miliki secara tidak langsung akan meningkat.

Mengetahui Teknologi

Semakin berkembangnya zaman maka membuat teknologi juga semakin canggih ya. Teknologi canggih bisa dengan mudah Anda ketahui dengan bahasa Inggris yang cukup. Memang masih banyak orang yang menyepelekan mengenai hal ini, padahal dampaknya cukup besar untuk kehidupan Anda.

Coba deh bayangkan, jika ada teknologi terbaru dan jika Anda ingin mengetahui teknologi tersebut secara update maka tidak mungkin kan menunggu teknologi tersebut dirilis beritanya dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu? Yang ada malah membuat kamu ketinggalan berita ter-update. Nah, dengan kemampuan  berbahasa Inggris yang cukup maka Anda sudah bisa mengetahui berbagai teknologi terkini secara langsung dari sumber berita di situs-situs luar negeri terpercaya.

Atau bahkan jika Anda menggunakan teknologi terbaru, biasanya perintah masih menggunakan bahas Inggris. Jadi untuk mengoprasikan teknologi teknologi tersebut, sangat diperlukan bahasa Inggris yang baik atau minimal Anda dapat memahami perintah-perintah sederhana yang ada di teknologi tersebut ya.

baca juga

Pendidikan di Luar Negeri

Dan dampak positif belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah untuk pendidikan di luar negeri. Bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk berkuliah di luar negeri, salah satu cara untuk memperlancar tujuan Anda tersebut yaitu dengan belajar bahasa Inggris sehingga Anda bisa memahami bahasa Inggris dengan baik.

Selain itu biasanya universitas di luar negeri menambah persyaratan untuk mahasiswa yang ingin masuk dengan jalur beasiswa seperti sertifikat seminar bahasa Inggris, sertifikat TOEFL dan lain sebagainya. Perlu di ingat juga, bahasa Inggris yang lancar akan membuat Anda lebih mudah mengikuti pelajaran di sekolah atau kampus luar negeri.