Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Daftar Universitas Terbaik Untuk Kamu yang Mau Kuliah Keluar Negeri

Daftar Universitas Terbaik Dunia

lister.co.id – Siapa di sini yang memiliki mimpi untuk kuliah keluar negeri? Ada banyak alasan kenapa kita harus kuliah keluar negeri. Selain sistem pendidikan diluar negeri yang memang lebih baik, kita bisa belajar dan merasakan budaya yang jauh berbeda dari kita. Istilahnya, biar mainnya jauh-jauh. Memang sih pendidikan di Indonesia tidak buruk-buruk amat, tapi kalau dibandingkan dengan perguruan tinggi di luar? Jauh ya. Selain itu, lulusan luar negeri memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk diterima kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Rada sedih sih, tapi seperti itu lah kenyataannya.

Tentu saja ini karena Indonesia masih bisa dianggap negara baru yang masih meraba-raba kearah mana akan berkembangnya. Berbeda dengan, misalnya Amerika, yang sudah terjun dalam mengatur negaranya dari tahun 1776. Makanya, wajar-wajar saja jika banyak dari universitasuniversitas terbaik dunia berasal dari Amerika. Buat kalian yang punya mimpi untuk kuliah keluar negeri, artikel ini untuk kalian. Mimin sudah mengumpulkan universitas-universitas terbaik di bidang science and technology sampai bidang arts and humanities. Yuk, kita bahas satu-satu!

Baca juga: Tips Mengejar Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

University of Oxford

Salah satu universitas paling terkenal di dunia ini selalu masuk dalam Top 10 daftar Universitas terbaik dunia loh. Universitas yang terletak di Oxford, Inggris ini diakui tidak hanya fakultas ilmu pengetahuan dan teknologinya, tapi fakultas seni dan ilmu sosialnya juga bergengsi loh. Mulai dari musik klasik, sastra inggris, hukum sampai programming dan teknik, kamu tidak perlu ragu untuk menjadikan University of Oxford sebagai tujuanmu apapun jurusanmu.

Ada kurang lebih 20.000 mahasiswa yang sepertiganya adalah mahasiswa internasional, artinya peluang kamu keterima tidak kalah besar dari siswa-siswa yang sekolah dan tumbuh besarnya di Inggris kok. Jika kamu keterima di Oxford, kamu juga bisa belajar lintas prodi, jadi sambil belajar teknik sipil, kamu juga bisa belajar soal filosofi maupun musik klasik. Dengan tingkat penerimaan 17%, Oxford tentunya bisa dijadikan sasaran.

University of Cambridge

Ini dia universitas yang selalu langganan peringkat 1 jika ada ranking universitas terbaik dunia. Walaupun tidak seterkenal Oxford ataupun Harvard, University of Cambridge sudah sering loh mendepak dua universitas papan atas tersebut dari peringkat satu. Universitas ini terletak di Cambridge, Inggris. Peringkat 1 tidak hanya di bidang science and technology tapi juga di bidang arts and humanities. Daerah Cambridge juga terkenal karena lebih sepi di banding Oxford, kalau kalian lebih suka tempat yang tenang dan syahdu, mungkin University of Cambridge cocok untuk kalian. Lalu, tingkat penerimaan University of Cambridge lebih besar dibanding Oxford loh, sekitar 21%. Jadi, persiapkan diri kalian ya!

Baca juga: Lamaran Beasiswamu Ditolak? Jangan Ulangi 10 Kesalahan ini

Massachusetts Institute of Technology

Nah, siapa di sini yang tidak pernah dengar Massachussetts Institute of Technology? Lebih dikenal sebagai MIT, universitas ini adalah universitas paling bergengsi jika kalian tertarik untuk belajar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama untuk kalian yang ingin jadi peneliti, ini universitas yang paling cocok untuk kalian. Dengan tingkat penerimaan hanya 7%, kalian harus benar-benar mempersiapkan diri kalian jika ingin kuliah di sini.

Universitas yang terletak di Massachusetts, Cambridge, Amerika ini memiliki visi untuk membuat dunia lebih baik lewat pendidikan, penelitian, dan inovasi. Sudah sesuai belum sama visi kalian?

Standford University

Masih ingat Maudy Ayunda bikin geger karena apa? Iya, dia bingung memilih masuk Standford University atau University of Harvard. Coba kita bisa seperti itu ya? Nah, Standford University cocok untuk kalian yang tertarik belajar di bidang seni dan ilmu sosial. Fakultas Bisnisnya nomor 1 loh! Universitas yang terletak di Stanford, Amerika ini memulai yang sekarang dikenal sebagai Silicon Valley, yang artinya fakultas teknologi dan ilmu pengetahuannya juga tidak kalah bergengsi dari fakultas-fakultas ilmu sosialnya. Kalau kalian ingin belajar di sini, kalian perlu tahu tingkat penerimaannya hanya 4% dan kurang lebih $74,570 pertahun untuk biaya kuliah atau sekitar 1,1 milliar rupiah pertahun. Eits.. jangan takut dulu, tenang saja karena Stanford mengeluarkan banyak beasiswa dan tentunya menyesuaikan uang kuliah dengan penghasilan rumah tangga mahasiswa, bahkan biaya kuliah bisa turun sampa $12,000 pertahun kok.

Baca: Tes IELTS Sebagai Tes Untuk Kuliah di Australia

Nanyang Technological University Singapore

Kalau kalian tidak ingin kuliah yang jauh-jauh, ada kok salah satu universitas terbaik yang tetanggaan sama Indonesia. Nanyang Technological University Singapore terletak di dekat Batam Indonesia, atau lebih tepatnya di Singapura. Universitas ini menawarkan pendidikan S1 maupun S2 di bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Gimana, fellas? Ada yang bikin kamu tertarik tidak? Tentunya universitas-universitas terbaik tidak hanya 5 universitas ini. Dimana pun kalian menempuh pendidikan, asal kalian bisa komitmen untuk melakukan yang terbaik, pasti semuanya akan jadi lebih baik kok. Tapi tentu saja tidak ada salahnya mimpi untuk masuk Oxford kan?

Sumber:

https://www.timeshighereducation.com/student/best-universities/best-universities-arts-and-humanities-degrees

https://www.topuniversities.com/university-rankings/university-subject-rankings/2019/engineering-technology

https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2020/world-ranking#!/page/0/length/25/sort_by/rank/sort_order/asc/cols/stats