自信を持ってインドネシア語を話すための実用的なガイドと簡単なチュートリアル!
金利0%の分割払いでお得!
0% 金利分割払いフィーチャを利用して、コースのメリットを楽しみましょう。
インドネシアで教育を受けている人や、仕事 または暮らしている日本人にとって、インドネシア語を学ぶことはとても有益です! インドネシアの人々と円滑なコミュニケーションを取ることができ、社会、教育、職場環境での交流がより円滑になります。
しかし、外国人向けインドネシア語(BIPA)のオンラインコースを提供する信頼できる機関はまだ少なく、効果的に学べる環境が限られています。
さあ、Listerに参加して、経験豊富でBIPA指導資格を持つチューターと一緒に、インドネシア語のオンラインコースを受講しましょう!
Lister は語学コースとして、外国語試験のスコア向上や世界的に名門大学への合格率を92%まで高める実績を持っています。
希望に応じて、最大80回のレギュラークラスまたはカスタムクラスプランを注文することもできます!
今月限定のお得な割引をゲット!
Master of English Education | Jambi University
Prestasi
Bachelor of English Education | Universitas Jember
Prestasi
Master of English Education | Universitas Pendidikan Indonesia
Prestasi
Master of Education | Monash University
Prestasi
Master of English Education | Universitas Pendidikan Indonesia
Prestasi
English Education | Lambung Mangkurat University
Prestasi
Lister membantu saya untuk mempersiapkan tes IELTS untuk studi saya ke Eropa. Jadi saya hanya butuh waktu 1 bulan. Sepulang dari kerja di Maluku saya langsung bisa mengerjakan tes meskipun hanya ikut kursus dalam waktu yang singkat. Apalagi dengan kelasnya yang fleksibel dan bisa menyesuaikan untuk yang bekerja seperti saya. Hasilnya, saya berhasil mendapatkan skor IELTS 7.0 sesuai dengan keinginan saya.
Belajar di Lister itu asik ya. Kita bisa milih kelas sesuai kebutuhan, sesuai sifat kita, karena aku sendiri ngga suka yang kelas telalu banyak. Tutornya seru, lebih ngerasa ngomong ke temen. Belajarnya dari awal, lama-lama bertahap jadi makin sulit dan asik. Modulnya bagus. Di setiap beberapa kali pertemuan ada tes untuk memantau perkembangan. Setelah selesai juga masih bisa nanya-nanya.
Kemampuan Bahasa Inggris saya telah berkembang sangat pesat, saya mendapatkan hasil tes IELTS yang pertama 6.5, dan yang kedua 7.0. Enaknya ikut kelas ini adalah terdapat progress test dan post test, sehingga kita akan mengetahui seberapa jauh kita memahami konteks soal-soal IELTS demi mendapatkan hasil akhir yang jauh lebih maksimal. Selain itu terdapat modul untuk latihan mandiri. Well, it’s worth it you know.
Beruntung banget bisa kenal Lister. Disini kita dapet banyak ilmu, tips dan trik mengerjakan soal-soal IELTS bersama tutor terbaik dan berpengalaman sekaligus awardee-awardee beasiswa luar negeri. Dengan sistem pembelajaran yang intensif dan fleksibel serta materi yang lengkap, Lister adalah solusi terbaik untuk kita yang ingin meningkatkan score IELTS tapi memiliki kesibukan.
Living in eastern Indonesia made it difficult for me to get the information about IELTS & Scholarship. besides that, I also have difficulty sharing with other scholarship hunter in my neighborhood. Lister helped me to learn how to get score IELTS I need and also provide scholarship mentoring and during program i meet a lot of friends from around Indonesia who have same dream with me that could make me even more motivated in study abroad
Awalnya bingung dan merasa hopeless karena kerja shifting dan sepertinya susah untuk mencari tempat bimbingan belajar yang waktunya pas. Sampai akhirnya aku daftar di kelas private Pre-IELTS Lister, waktunya fleksibel,dengan materi belajar yg bisa di akses dimanapun & kapanpun. Selama satu bulan belajar, hal yang paling aku suka adalah writing ku diberi feedback, jadi aku bisa mengevaluasi apa yang perlu di tingkatkan. Tentor yang berkompeten, berpengalaman & LPDP awardee selalu memberi positive vibes, semangatjuga memberikan berbagai tips untuk meningkatkan skill IELTS. Dan ada satu kalimat penyemangat dari tentor yang sampai saat ini masih aku ingat “Keberhasilan adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan” sehingga membuatku lebih bersemangat ketika kegiatan belajar berlangsung
I finally achieved my dream of getting band 7.0. It was such a rewarding process, that I increased my overall band by taking Master Plus Private program, it was really helpful to support my self-study plan of rebuilding IELTS! Thank you so much Mr Didin, you help me to create my writing as my own clearly structured expressions of ideas without taking any rigid complicated rules. And also Miss Mega, you help me a lot to bulid my confidence to speak fluently and naturally (before having you as my tutor, I always think of my self as real bad english speaker). After all, thank you so much for all your advice and guidance!
Nama | Keberhasilan | Bukti |
---|---|---|
Elsa Allisanda Putri | IELTS 8.0 | Bukti |
Aipassa Jeremiah Delonix | Keterima S2 di Polimi dengan Beasiswa DSU dari pemerintah Italia | Bukti |
Annisa Mirza Maghfira | Berangkat tanggal 26 agustus ke Beijing untuk melanjutkan study S2nya. LoAnya didapat dengan test IELTS setelah kelas di Lister | Bukti |
Nadia Puspita | MBA Student di HEC Paris, France | Bukti |
Ariel Marcello Wibawa | Mendapatkan offering SIM Global Education di singapore | Bukti |
Steven Nigel Bunalven | mendapat LoA dari NUS Singapore dan untuk nilai IELTS pada listening dan reading hampir sempurna | Bukti |
Retty Dwi | Nominated for the Hubert H. Humphrey Fellowship Program by the American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Board to pursue a nine-month non-degree professional enhancement program in the United States commencing with the Fall 2024 academic term | Bukti |
Ditari Salsabila Esperanti | IELTS 8.0 | Bukti |
Rosa Monique | IELTS 8.0 | Bukti |
Vitae Prativi | Lolos LPDP keterima di University of Auckland | Bukti |
Ardianto Wibowo | Lulus Beasiswa PhD ke Prancis dengan beasiswa Uni Eropa (MSCA) melalui program AUFRANDE | Bukti |
Gracia Puspita Divanovena | Mendapatkan Beasiswa IISMA 2023 di Vytautas Magnus University | Bukti |
Irma Suwandi Sadikin | Jurnal masuk di BMC Journal Public Health Q1 | Bukti |
Sekar Safitri | Overall IELTS : 8 | Bukti |
Kayla Adyapratista | Overall IELTS : 8 | Bukti |
Keisha Khalila Mauristha | Keisha dari Universitas Gajah Mada mendapatkan nilai 7,5 pada official IELTS Testnya. Nilai tersebut digunakan untuk mendaftar untuk IISMA 2024 dan alhamdulillah lolos menjadi awardee. Nantinya, Keisha akan melakukan studi di Universitat Pompeu Fabra (Barcelona), Spanyol. | Bukti |
Gabriel Angelia Nirvelli | Gabriel bercerita ada keinginan untuk kuliah di Jepang dan alhamdulillah mendapat kabar bahwa murid saya ini diterima di Keio University, Jepang. Untuk beasiswa yang diikuti, GIGA Scholarship masih dalam tahap proses. | Bukti |
Sari Syahputri Imam | Dapat skor 1200 dapat beasiswa BIM di KU Leuven, Belgia | Bukti |
Zahra Amalia Wulandari | Zahra lulus seleksi LPDP dan mendaptkan beasiswa untuk kuliah di kampus impiannya di the University of Melbourne. | Bukti |
Shauqila Kyle | Kyle telah mengikuti test IELTS dan mendapatkan band score 8 | Bukti |
自分に合ったBIPAコースを見つけましょう!今すぐテストを開始します!
BIPA(Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)は、外国人や駐在員向けのインドネシア語トレーニングです。スピーキング、ライティング、リーディング、リスニングといったインドネシア語のスキルを総合的に学ぶことができます。
ListerのBIPAコースは、選ばれたインドネシア語チューターと生徒をマッチングし、外国人学習者がインドネシア語を学び、実践できるようにサポートします。経験豊富なチューターによる指導で、実践的なスキルを身につけることができます。
どのように登録すればいいですか。
コースコンサルタントに連絡し、目標やニーズを相談してください。 適切なコースが見つかったら、レベル判定のプレースメントテストを受けて、自分に合ったクラスを選びましょう。 登録は公式サイト [daftar.lister.co.id] からできます。
プレースメントテストはどのくらいの時間がかかりますか?
オンラインテストは30〜60分程度です。結果はすぐに通知され、スコアレポートがメールで送られます。
いつコースに申し込めますか
年間を通して、いつでも申し込めます。
支払い方法はどうしますか。
銀行振込またはバーチャルアカウントでの支払いできます。登録後に詳細な支払いガイドが提供されます。
Listerはどのような教授法を使用していますか。
Listerの授業は非常にダイナミックで構造化されています。学習内容は、コミュニケーションとインタラクティブな学習方法を通じて、生徒の能力レベルに合わせて調整されます。
柔軟な結果を得られるオンラインクラス
このBIPAコースの学習は、オンラインで柔軟な学習時間を持ちながら行うことができます。Listerは、生徒が自分のペースで学習スケジュールを調整できる柔軟なスケジュールを採用しています。
インタラクティブな学習
Listerのクラスはオンラインで行われ、The Lister Method(リスターメソッド)を採用しています。この方法は、人と人のインタラクションに焦点を当てた学習法であり、生徒とチューターの間で効果的な双方向の学習が実現されます。
BIPAコースは、日本を含む各国の学習者に対応できるインドネシア語の専門チューターが担当します。 全員が経験豊富なネイティブスピーカーで、長年BIPAを指導してきた実績があります。
Seiring dengan perkembangan globalisasi, masyarakat dunia semakin mudah berpindah tempat, pekerjaan, dan pendidikan. Tak terkecuali menjalani pekerjaan di Indonesia bagi orang asing.
Untuk menunjang kebutuhan tersebut, diciptakanlah kursus bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Kursus bahasa Indonesia untuk orang asing ini semakin diminati. Termasuk kursus bahasa Indonesia online atau daring.
Kursus bahasa Indonesia secara daring memungkinkan siapa saja dapat mengikuti kursus secara mudah, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Hal ini menjadi alternatif kursus offline atau luring, seperti kursus bahasa Indonesia di Jakarta.
Biaya kursus daring pun lebih murah dibandingkan kursus secara luring. Misalnya biaya kursus di Oxford Course Indonesia yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.
Selain itu, bahasa Indonesia les daring tidak kalah efektif dengan les tatap muka. Guru les bahasa Indonesia daring tetap dapat memberi perhatian lebih kepada setiap peserta.
Lantas seperti apakah materi belajar bahasa Indonesia untuk orang asing? Berikut ulasannya.
Metode pembelajaran BIPA membagi pelajaran menjadi tiga tingkatan. Pertama, siswa tingkat dasar (pemula), menengah, dan mahir.
Ketiganya mengajarkan penguasaan kosakata, tata bahasa, dan struktur bahasa Indonesia pada level yang berbeda. Hal ini merupakan bagian dari strategi pembelajaran BIPA agar pelajaran lebih mudah diserap peserta didik.
Media pembelajaran BIPA menggunakan modul. Silabus BIPA disusun untuk peserta didik asing yang tidak mempunyai keterampilan berbahasa Indonesia secara umum.
Pada tingkat dasar, pengajar BIPA akan memberikan pelajaran berbicara terkait kehidupan sehari-hari dalam situasi formal dan informal. Pengajar juga akan memberikan pengetahuan mendasar tentang budaya Indonesia untuk membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi.
Selanjutnya pengajar BIPA akan memberikan pelajaran terkait pemahaman teks-teks berbahasa Indonesia. Tujuan pengajaran BIPA tersebut agar peserta didik dapat melakukan komunikasi dalam bahasa Indonesia secara lancar dan alami, layaknya penutur asli.
Selanjutnya dalam kursus bahasa Indonesia ini peserta didik akan belajar untuk dapat terlibat langsung dalam pemecahan masalah dan simulasi kondisi. Pembelajaran dilakukan melalui pemahaman materi dengan pola yang kompleks untuk diskusi, menulis esai, dan membicarakan berbagai topik dengan tata bahasa yang lebih baik.
Siapa sajakah pengajar BIPA itu? Pastinya harus mereka yang memiliki pengalaman dan keahlian tertentu.
Berikut ini persyaratan bagi mereka yang ingin mendaftar menjadi pengajar BIPA.
Pengajar BIPA juga harus mengikuti serangkaian tes seleksi. Di antaranya adalah tes psikologi, penilaian praktik mengajar, wawancara, penampilan keterampilan seni, serta kemahiran berbahasa asing.
Siapa sajakah sasaran peserta didik BIPA? Peserta didik BIPA dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yakni (1) diplomat dan pengamat asing, (2) sarjana bidang studi Indonesia, (3) pelajar/mahasiswa, (4) wisatawan, (5) wartawan, (6) pengusaha, (7) pengajar/peneliti, (8) keluarga pejabat/pekerja asing di Indonesia, (9) keluarga pejabat/pekerja Indonesia di luar negeri, dan (10) lain-lain.
Keberadaan media pembelajaran BIPA bertujuan mempermudah mengajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing. Tanpa media, tentunya pembelajaran bahasa Indonesia akan lebih sulit.
Lantas apa saja media yang biasanya digunakan untuk pembelajaran BIPA?
Gambar atau foto berguna untuk merangsang peserta didik dalam mempelajari kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.
Sketsa dimanfaatkan dalam materi yang berhubungan dengan urutan atau waktu. Sketsa bermanfaat dalam pelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.
Denah berguna dalam pelajaran yang berkaitan dengan perkenalan lingkungan. Media ini berguna untuk mengajarkan kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.
Karikatur berangkai bertujuan menyegarkan pembelajaran. Sama seperti sebelumnya, media ini dimanfaatkan dalam pembelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara.
Poster dapat berguna dalam pelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan berbicara. Misalnya peserta didik diminta membuat pola kalimat yang berhubungan dengan poster. Kalimat yang dibuat lalu didiskusikan bersama.
Peta atau globe bermanfaat dalam pelajaran tata bahasa, menulis, dan berbicara. Misalkan peserta didik diminta membicarakan kebudayaan dari negaranya masing-masing.
Melalui majalah, peserta didik dapat mempelajari bahasa artikel, bahasa cerita, serta bahasa iklan. Peserta didik dapat menemukan kosakata baru dan mendiskusikannya bersama pengajar.
Surat kabar pun dapat menjadi media pembelajaran. Surat kabar dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata, membaca, tata bahasa, menulis, dan berbicara.
Rekaman audio digunakan untuk melatih keterampilan menyimak. Sebaiknya gunakan rekaman yang berkualitas baik agar mampu menunjang pembelajaran.
Selain rekaman audio, rekaman visual juga bermanfaat menunjang pembelajaran BIPA. Pelajaran menyimak bisa dilanjutkan dengan pelajaran menulis atau berbicara. Peserta didik akan mendiskusikan kendalanya saat mempraktikkan kemampuan berbahasa Indonesia.
Ada sejumlah permainan yang dapat mendukung pembelajaran, terutama dalam hal kosakata. Ada sejumlah permainan yang bisa dilakukan untuk membantu memperkaya kosakata.
Contohnya scrabble bahasa Indonesia, ular tangga, kartu, wayang golek, pakaian tradisional, dan lingkungan sekitar.
Keberadaan lingkungan sekitar membantu pembelajaran, terutama dalam hal kosakata. Contohnya lingkungan sekolah, perpustakaan, pasar tradisional, dan tempat wisata.
Media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif dan dapat dikembangkan sesuai kapasitas pelajar.
Silabus pembelajaran BIPA berbeda untuk setiap tingkatannya.
Pertama, akan dibahas tujuan pembelajaran BIPA untuk tingkat dasar.
Dalam pembelajarannya, terdapat teknik dan strategi yang digunakan agar berjalan dengan efektif.
Beberapa tujuan pembelajaran BIPA pada tingkat menengah dijelaskan berikut ini.
Dalam pembelajarannya, diperlukan teknik atau strategi agar berjalan secara efektif.
Tujuan pembelajaran pada tingkat mahir adalah sebagai berikut.
Seperti apa strategi pembelajaran untuk tingkat mahir? Berikut penjelasannya.
Global Head Office
Indonesia Office
PT. Lister Teknologi Edukasi
Kelas B2B
Hotline
Apply to be Tutors
Hubungi Kami
Tentang Lister
Explore
Gabung Lister
Other Links
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER
Dapatkan info promo, acara dan konten menarik lain dari lister!
Metode Pembayaran