Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Conversation For Kids – Ekspresi Percakapan Untuk Anak-Anak

Lister – Yap, selamat datang pada artikel English Program, para pembelajar Bahasa Inggris! Kali ini kita akan membahas tema ‘Conversation For Kids’ yang cukup simpel untuk dibahas berkenaan dengan kemampuan komunikasi untuk si kecil, yaitu: Ekspresi Percakapan Untuk Anak-anak.

Dalam mempelajari bahasa, khususnya Bahasa Inggris, jenis pendekatan yang digunakan amat bergantung dari pribadi sang pembelajar sendiri: apakah sang pembelajar masih berada pada jenjang anak-anak, remaja ataupun dewasa.

Pendekatan yang ada akan sangat berbeda sekali untuk masing-masing jenjang, dimana itu sangatlah menentukan keberhasilan dari proses pembelajaran.

Maka jika sebelumnya telah dibahas mengenai perbincangan untuk orang dewasa, pada artikel kali ini, materi yang ada akan menekankan pada perbincangan untuk anak-anak guna memudahkan para pembelajar di jenjang tersebut.

Beda Pembelajaran Bahasa Inggris Dewasa dan Anak-Anak

Dalam mempelajari kemampuan berkomunikasi, khususnya bagi anak-anak, ranah yang ada tentu saja akan sangat berbeda bagi para pembelajar yang sudah lebih dewasa.

Pelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak merupakan ‘ranting’ keilmuan tersendiri yang dinamakan sebagai Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak-anak atau yang juga dikenal dengan nama English for Young Learners (EYL).

EYL sendiri merupakan bagian dari cabang ilmu yang lebih besar, dinamakan dengan Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua/Asing atau dikenal sebagai English as Second / Foreign Language (ESL/EFL).

Amat sangat masuk akal jika ranah ini memiliki bidang keilmuannya sendiri, dikarenakan spesifikasi yang diperlukannya juga memiliki tuntutan-tuntutan yang dianggap sangat krusial.

Dikarenakan kemampuan berpikir anak-anak yang khas, materi-materi yang ada tidak bisa diberikan secara sembarangan. Perlu sebuah perencanaan yang matang mengenai bagaimana upaya-upaya yang diberikan dapat terserap secara maksimal oleh mereka.

Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah dengan menghindari adanya penumpukan materi. Pembelajar anak-anak memiliki batasan kejenuhan yang lebih rendah ketimbang pembelajar lain yang sudah lebih dewasa.

Karena itu materi bahasa inggris untuk anak anak yang ada perlu untuk dikemas seringkas mungkin agar para pembelajar muda itu dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih mudah.

Selain itu materi-materi tersebut juga perlu untuk dikemas semenarik mungkin. Itu disebabkan karena pembelajar anak-anak umumnya merupakan pembelajar pemula – mereka cenderung melibatkan unsur afeksi pada diri agar proses akuisisi kognisi dapat terjadi.

Conversation For Kids

Materi Perbincangan (Conversation) untuk Anak-Anak

Jika membicarakan materi perbincangan untuk anak-anak, kita tidak hanya akan membicarakan teknik berbincang dalam Bahasa Inggris semata, melainkan juga turut membahas mengenai cara berkomunikasi.

Materi perbincangan atau conversation untuk para pembelajar yang lebih dewasa mungkin sudah dapat dispesifikkan hanya pada teknik-teknik atau ekpresi-ekspresi saja.

Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa para pembelajar dewasa memiliki kemampuan berkomunikasi secara umum – sangat berbeda dengan pembelajar anak-anak yang belum secara maksimal memiliki kemampuan tersebut.

Karena itu materi-materi yang perlu diberikan pada pembelajar muda tersebut cukup sebatas bagaimana mereka dipaparkan pada ungkapan-ungkapan dasar terlebih dahulu tanpa memberi tahu teori keilmuannya secara eksplisit.

Pendekatan ini disebut dengan pembelajaran implisit (implicit learning) dimana pemaparan mengenai teori-teori dirasa belum diperlukan untuk menghindari penumpukan materi. Anak-anak akan lebih mudah menyerap ilmu-ilmu yang dipaparkan kepada mereka jika kondisi optimal yang mereka perlukan terpenuhi.

Karena itu tujuan awal dari pembelajaran ini hanya bersifat sebagai perkenalan dan pembiasaan, dengan harapan materi-materi ini akan melekat pada benak mereka dan secara alam bawah sadar menjadi bagian tingkah laku yang spontan.

Conversation for Kids – Expressions

Atas dasar itulah, disisa artikel ini hanya akan diisi dengan pemaparan ekpresi-ekpresi percakapan umum dan mendasar sebagai bahan latihan dan pembiasaan bagi para pembelajar muda tersebut. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Pertanyaan dan jawaban mengenai seseorang (Questions and answers about one’s self)
Pertanyaan (Questions)Jawaban (Answers)
Bahasa InggrisBahasa IndonesiaBahasa InggrisBahasa Indonesia
Hello, how are you?Hai, apa kabar?I’m fine, thank you.Aku baik-baik saja, terima kasih.
What is your name?Siapakah nama-mu?My name is…Namaku…
How do you do?Bagaimana kabarmu?I’m alright, and you?Aku baik, dan kamu?
Where do you live?Dimanakah alamatmu?I live in/on/at…Aku tinggal di…
Where do you come from?Darimanakah asalmu?I come from…Saya berasal dari…
Which school do you attend?Dimanakah kamu bersekolah?I go to…Saya bersekolah di…
Do you have any hobbies?Apakah kamu memiliki hobi?Yes, I have. I like to…Ya, saya punya. Saya menyukai…
What color do you like most?Apakah warna favoritmu?The color I loved most is…Warna favorit saya adalah…
Do you have any best friends?Apakah kamu punya sahabat?Yes, I have.Ya, saya punya.
Will you be my friend?Mau kah kamu menjadi temanku?Yes, I’d love to!Ya, dengan senang hati!
Do you have any pets?Apakah kamu memiliki binatang peliharaan?No, I don’t have any.Saya tidak punya binatang peliharaan.
  • Pertanyaan dan jawaban sehari-hari (Questions and answers about daily live)
Pertanyaan (Questions)Jawaban (Answers)
Bahasa InggrisBahasa IndonesiaBahasa InggrisBahasa Indonesia
How is your day?Bagaimana harimu?I have a nice day.Aku mendapati hari yang baik.
How is your week?Bagaimana dengan minggu ini?I have a great week!Minggu ini sangatlah mengesankan!
Are you having fun?Apakah kamu senang?Yes, indeed!Ya, tentu saja!
What do you have for breakfast?Apa yang kau makan untuk sarapan?I ate…(Tadi) saya sarapan…
Do you have lunch?Sudahkah kamu makan siang?Yes, I have.Iya, saya sudah.
Do you often spend your time outside?Apakah kamu sering keluar rumah?No, I prefer to stay inside.Tidak, saya lebih memilih untuk berada di dalam ruangan.
What will you do for this weekend?Apa yang akan kamu lakukan untuk akhir pekan ini?I will…Saya akan.
What will you do after the school?Apa yang akan kamu lakukan setelah pulang sekolah?After school, I will…Setelah sekolah, saya akan…
Do you have any plans after this?Apakah kamu punya rencana setelah ini?No, I don’t have any plans after this.Tidak, saya tidak memiliki rencana apapun setelah ini.
What do you think about it?Bagaimana menurutmu tentang itu?I think…Menurut saya…
What will you choose?Apa yang akan kamu pilih?I choose…Saya memilih yang…

Dan itulah beberapa ekpresi mengenai percakapan yang dapat diajarkan kepada anak-anak.

Dengan pemaparan materi-materi seperti itu secara berkala, diharapkan anak-anak akan memiliki sebuah kebiasaan yang baik mengenai cara berkomunikasi, terutama dalam konteks pembicaraan menggunakan Bahasa Inggris.

Akan lebih mudah membiasakan sesuatu jika dimulai sejak dini. Karena itulah pendidikan masa kecil tidak dapat disepelekan begitu saja.