5 Alasan Belajar Bahasa Arab Via Kelas Zoom Adalah Solusi Masa Kini

5 Alasan Belajar Bahasa Arab Via Kelas Zoom Adalah Solusi Masa Kini

lister.co.id – Hayo, siapa di sini yang masih males belajar karena di rumah aja terus? Walaupun sekolah masih belum seperti biasa, tidak boleh mengurangi semangat belajar kamu dong, fellas! Apalagi untuk kamu yang doyan belajar bahasa asing, sudah tahu belum di Lister kamu bisa mengambil kelas bahasa Arab, loh.

“Ngapain belajar bahasa Arab, emangnya mau kerja di Arab?”

Mungkin kamu berpikir seperti itu, tapi di zaman serba modern ini kecapakan berbahasa asing terutama bahasa Arab sangat dipertimbangkan loh. Mau tahu manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika sudah mahir bahasa Arab?

Mempelajari bahasa Arab standar modern memungkinkan kamu untuk sepenuhnya menghargai sebuah warisan yang luar biasa. Selain itu, jika kamu berminat untuk mempelajari agama khususnya Islam, mempelajari Al-Quran dengan belajar bahasa Arab akan sangat membantu

Selama di rumah aja, kamu pasti akrab dengan fasilitas aplikasi zoom bukan? Bisa dibayangkan ya, bagaimana senangnya berbahasa Arab lewat Aplikasi Zoom Cloud Meetings, kamu tidak perlu kemana-mana untuk menghabiskan waktu dan energi berlebih sudah bisa mengakses ilmu langsung dari pakar ahlinya. Seiring meningkatnya jumlah kasus pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia, belajar secara online tentu menjadi solusi masa kini yang menjawab tantangan itu.

Bukankah masa pandemi covid -19 ini tak boleh membuat kita terhenti di satu titik tanpa progres? Banyak media yang bisa kita jadikan untuk upgrade ilmu dan keterampilan. Cukup banyak keterampilan yang bisa kita pelajari saat di rumah melalui media online.

Ir H Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Hal tersebut berimbas pada dunia pendidikan, sekolah hingga kampus diliburkan dan diganti dengan melakukan pembelajaran jarak jauh/online/daring.

Sampai di sini, apakah kamu masih mengelak untuk memanfaatkan momen ini sebagai sarana upgrade kemampuan diri?

Ada sebuah kutipan dari seorang ahli/pakar instruktur bahasa berkata,

“Belajar bahasa arab wajib banyak latihan, banyak mendengar, keberanian untuk berbicara bahasa arab menjadi kunci perkembangan bahasa arab itu sendiri, bermacam-macam ilmu pengetahuan pada zaman dahulu banyak ditulis dengan menggunakan bahasa arab, jadi penting di ajarkan sejak dini.”

Manfaat Belajar Bahasa Arab

  • Dengan mempelajari Bahasa Arab, kita mendapatkan banyak manfaat, yaitu:
  • Bisa membaca Alquran dan memahaminya, tidak sekadar membaca saja
  • Dengan belajar Bahasa Arab, kita sudah selangkah lebih dekat dengan Alquran
  • Alquran adalah buku panduan/manual book bagi manusia, sehingga harus mempelajari dengan bahasanya
  • Bahasa Arab itu unik. Jika mengamati terjemahan Alquran Depag Indonesia, ternyata mengalami perubahan periodik. Sedangkan Bahasa Asli Alquran tak pernah berubah sejak 14 abad yang lalu. masyaAllah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu di kelas bahasa Arab Lister ya!

5 Cara Memilih Bahasa untuk Kamu Pelajari di Tahun 2021

5 Cara Memilih Bahasa untuk Kamu Pelajari di Tahun 2021

lister.co.id – Sebelum menentukan bahasa apa yang akan kamu pelajari, terlebih dulu kamu harus tau kenapa kamu mempelajari bahasa tersebut. Belajar bahasa adalah suatu keharusan yang butuh diseriuskan. Belajar bahasa juga bisa dilakukan dimana saja, baik di kelas, internet ataupun yang lainnya.

Baca juga: Kursus Bahasa Arab

Mempelajari bahasa sudah menjadi tuntutan bagi setiap kalangan. Entah, kamu belajar hanya untuk nilai mata pelajaran bahasa di sekolah, perguruan tinggi atau hanya untuk kebutuhan pekerjaan.

Baca juga : Kursus Speaking Lokal

Setelah kamu paham mengapa belajar bahasa itu penting, selanjutnya kamu akan dengan mudah memilih bahasa untuk dipelajari. Agar semakin paham, di bawah ini adalah sebuah daftar yang dapat membantu kamu memilih bahasa untuk dipelajari.

Kemiripan

Memulai belajar bahasa, ada baiknya kamu lebih dulu memilih belajar bahasa yang memiliki kemiripan dengan bahasa yang sudah kamu kuasai. Hal ini akan menguntungkan untuk kamu karena kamu akan mengerti sejumlah kata sebelum kamu pelajari dan tentunya akan membuat kamu menjadi semakin semangat untuk belajar.

Gengsi

Hidup di zaman sekarang memang pastinya akan membuat minder bahkan insecure jika tidak bisa berbahasa asing terutama dalam dunia pekerjaan yang banyak memberi syarat minimal harus bisa berbahasa asing. Percaya atau tidak, beberapa dari kita mempelajari bahasa tertentu hanya karena alasan gengsi. Ada juga yang memiliki alasan dengan mengetahui bahasa tertentu dapat meningkatkan status sosial dan memudahkan untuk diterima dalam dunia pergaulan. Bahasa yang bergengsi biasanya adalah bahasa popular, baik itu bahasa Inggris, Arab, Perancis ataupun bahasa lainnya. Kamu dapat mempelajari bahasa ini dengan mudah dan segera mulai pada saat sekarang ini juga. Misalnya, cukup hanya mencarinya di internet melalui ponselmu. Atau kamu juga bisa mulai kepo di website lister ada kelas apa aja dan daftar deh!

Kepentingan

Seberapa penting sih kepentingan kamu untuk belajar bahasa yang ingin kamu pelajari? Tanya itu pada diri kamu sendiri yah. Misalnya, kamu belajar bahasa hanya untuk meningkatkan nilai pelajaran bahasa di sekolah atau perguruan tinggi, untuk melamar beasiswa atau untuk kebutuhan dalam dunia kerja yang mengharuskan bisa bahasa tertentu. Ini bisa jadi pertimbangan buat kamu untuk menentukan bahasa mana yang akan kamu pelajari.

Untuk kamu yang mau belajar bahasa Jerman klik di sini

Ketersediaan

Kamu bisa mulai mencari apakah terdapat perpustakaan atau pusat pendidikan di sekitar kamu yang menyediakan kelas-kelas bahasa. Hal itu bisa kamu manfaatkan dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan di kelas tersebut. Karena dengan mempelajari bahasa di kelas tersebut, kamu tidak hanya bisa dibantu oleh seorang guru tetapi juga memiliki teman-teman kelas yang dapat berlatih denganmu. Jadi, kamu tidak akan merasakan banyak tekanan dalam belajar dan menggunakan bahasa yang kamu pelajari karena teman kelasmu juga akan membuat kesalahan, sama seperti dirimu.

Baca juga: Kursus Bahasa Korea

Kesenangan

Melakukan sesuatu karena kesenangan bukankah mengasyikan? Jadi mengapa kamu tidak memulai dengan mempelajari bahasa demi kesenangan. Percayalah, semakin lama kamu menghabiskan waktu untuk belajar bahasa, kamu akan semangat dan semakin termotivasi untuk belajar lebih banyak lagi. Hal itu dikarenakan setelah kamu mengetahui beberapa bahasa maka akan lebih memudahkan kamu untuk mempelajari bahasa lainnya karena kamu akan mengerti bagaimana cara kerja suatu bahasa dan persamaannya dengan bahasa yang kamu ketahui. Kesenangan dalam belajar bahasa sangat penting, agar kamu selalu bahagia dan semangat terus untuk belajar.

Nah, itulah cara memilih bahasa yang bisa jadi petimbangan untuk kamu pelajari fellas! Lister juga menyediakan program kursus bahasa asing loh, diantaranya adalah kelas bahasa Arab, bahasa Korea, bahasa Jerman, dan yang lainnya. Yuk! sambut peluang kamu upgrade ilmu di tahun 2021 nanti bersama Lister!

Baca artikel lainnya yuk!

Prinsip-Prinsip dalam Belajar Bahasa Asing, Sudah Tahu?

Prinsip-Prinsip dalam Belajar Bahasa Asing, Sudah Tahu?

lister.co.id – Untuk mahir berbahasa asing, perlu proses yang sangat panjang bukan? Nah, sebelumnya kamu sudah tahu dan menerapkan macam -macam prinsip belajar ini belum? Artikel kali ini akan membahas tentang 4 pilar atau prinsip belajar bahasa asing yang patut kamu ketahui. Simak yuk!

Prinsip 1: Semua berawal dari motivasi yang benar

Mengapa kamu memutuskan belajar bahasa asing? Untuk apa? Pertanyaan-pertanyaan tentang  motivasi ini kesannya sepele padahal sangat signifikan pada proses belajar bahasa asing yang akan kamu jalani. Jika sejak awal motivasi belajar yang kamu miliki tidak didasarkan pada hal yang tepat, itulah yang menyebabkan banyak pembelajar berhenti di tengah jalan. Namun, jika dasar motivasi belajar kamu tepat, kamuakan jauh lebih konsisten terhadap komitmen belajar kamu.

Baca juga: Kursus Bahasa Jerman semakin mudah di Lister

Kategori Motivasi pembelajar bahasa asing itu ada 4 macam:

1. Dorongan eksternal berupa tuntutan, perintah, paksaan, atau keharusan.

Misalnya karena tinggal di luar negeri, maka harus belajar bahasa negara tersebut untuk bisa bertahan hidup. Bisa juga motif belajarnya karena perintah atau paksaan dari figur otoritas, misalnya orang tua atau dari guru. Tidak jarang orang tua atau guru yang ikut andil dalam menentukan arah belajar bahasa asing seorang pembelajar.

Mereka yang dasar motivasi belajarnya karena perintah orang lain, tidak hanya akan bermasalah dalam komitmen dan konsistensi, tapi juga proses belajar mereka cenderung acak-acakan. Kalo dari awal motivasinya sudah lemah, cara belajarnya lemah, ya wajar saja banyak yang tidak berkembang dan jadi berhenti di tengah jalan.

Baca juga: Kursus Bahasa Korea

2. Dorongan fungsi kepraktisan kasual dalam memahami bahasa tersebut.

Biasanya mereka yang berada pada kategori ini belajar bahasa asing, karena dorongan motivasi hobi kasualnya, misalnya hanya supaya bisa mengerti percakapan dalam bahasa asing, bisa baca komik, main video games, nonton drama/film, atau sekadar paham lirik-lirik lagu dari bahasa tersebut.

Biasanya mereka yang belajar atas dasar motivasi ini, penguasaan materinya juga cukup acak, bahkan bisa juga hanya bertumpu pada satu karakteristik yang itu-itu saja, karena biasanya referensi pembelajarannya banyak meniru dari sumber yang terbatas seperti drama/film/animasi, game, dll.

3. Dorongan rasa suka terhadap bahasa tersebut.

Biasanya dorongan belajarnya didasari oleh motivasi positif, bahwa dirinya memang menyukai bahasa tersebut, merasa pengucapan bahasa tersebut terdengar indah, melihat karakter bahasa tersebut keren, atau penguasaan bahasa tersebut mendukung cita-citanya. Pada tahap ini, biasanya pembelajar memerhatikan aspek fungsional yang tepat dan didorong oleh motivasi positif.

Baca juga: Kursus Bahasa Arab di Lister

Prinsip 2: Memiliki Rencana Persiapan yang Terukur

Mempelajari bahasa asing itu tidak bisa sembarangan. Perlu ada perencanaan yang matang dalam belajar bahasa asing, agar usaha dan energi kamu tersalurkan dengan tepat.

Pertama, coba tentukan target dulu, mau belajar bahasa apa, mencapai level mana. Kemudian, tentukan berapa berapa lama waktu yang kamu rencanakan untuk mencapai target tersebut. Dalam menentukan target, sebaiknya jangan terlalu muluk-muluk. Be realistic.

Setelah itu, cari tahu dulu seberapa sulit bahasa asing yang mau dipelajari, ini bisa membantu kamu menyiapkan strategi khususnya.

Kemudian, siapkan juga semua perlengkapan yang dibutuhkan, serta resources yang kredibel. Jangan mengambil referensi hanya dari hobi kasual atau pop-culture bahasa tersebut saja, misalnya dari game, atau film drama saja. Karena banyak sekali pengucapan dalam pop-culture itu yang tidak akurat, menggunakan bahasa tidak baku, dan penggunaan konteks yang berulang hanya pada topik itu-itu saja.

Contohnya, kamu bisa mulai hunting tempat belajar yang bisa mewadahi kamu untuk belajar bahasa asing dengan tutor yang bersertifikat seperti Lister.

Prinsip 3: Melewati Proses Belajar yang Tepat

A. Vocabulary

Vocabulary atau kosakata mau tidak mau harus dihapal. Gimana caranya? Mulai dari kosakata sehari-hari, lebih bagus lagi kalau dipelajari secara tematik, misal lingkungan, keluarga, hobi, pekerjaan, dll. Supaya lebih bagus, buatlah list kosakata yang dikelompokkan menjadi kata kerja, kata benda, kata sifat, dll., ini akan mempermudah lo dalam menyusun kalimat.

Hafalkan dan katakan sesering mungkin frasa yang ada dalam kotak listmu.

Prinsip 3: Melewati Proses Belajar yang Tepat

A. Vocabulary

Vocabulary atau kosakata mau tidak mau harus dihapal. Gimana caranya? Mulai dari kosakata sehari-hari, lebih bagus lagi kalau dipelajari secara tematik, misal lingkungan, keluarga, hobi, pekerjaan, dll. Supaya lebih bagus, buatlah list kosakata yang dikelompokkan menjadi kata kerja, kata benda, kata sifat, dll., ini akan mempermudah lo dalam menyusun kalimat.

Hafalkan dan katakan sesering mungkin frasa yang ada dalam kotak listmu.

B. Grammar

Grammar atau tata bahasa yang harus dipelajari meliputi Fonologi (cara ucap), Morfologi (cara membentuk kata), Sintaksis (aturan kalimat), Fonetik (bunyi dan simbol), Semantik (pemahaman makna), serta Pragmatika (pemaknaan konteks). Semua itu adalah aspek yang perlu dipelajari kalau kamu mau penguasaan bahasa kamu secara menyeluruh.

Apalagi kalau motivasi belajar kamu sudah berada di kategori 3 dan 4 sebetulnya mempelajari hal-hal ini justru bisa menjadi hal yang menantang dan menyenangkan, loh!

C. Praktik

Praktik dalam belajar bahasa meliputi membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Di bagian ini biasanya sering terjadi miskonsepsi atau salah kaprah. Berikut adalah 2 kesalahan umum yang seringkali terjadi:

Catatan 1: “jangan takut salah, tapi bersedia dikoreksi.”

Memang betul bahwa ada bagusnya “jangan takut salah” jika pada tahap awal kita belajar masih kurang percaya diri. Namun dalam praktiknya, prinsip ini seringkali menjadi justifikasi atau disalahgunakan untuk tidak berkembang menjadi lebih baik lagi (baca: berbahasa dengan benar). Kebiasaan pembelajar di Indonesia adalah malas mengoreksi dan dikoreksi, sehingga sering banget membiarkan kesalahan berbahasa menjadi kebiasaan yang dimaklumi. Jangan takut mengoreksi atau dikoreksi, karena hal itu hanya akan menghambat kemajuan kita sendiri dalam belajar bahasa asing.

Prinsip 4: Pemeliharaan Bahasa atau Maintenance

Karena bahasa adalah “skill-based knowledge”maintenance atau pemeliharaan itu penting, ya.

Intinyapenguasaan bahasa itu harus dipelihara secara rutin, tidak boleh dibiarkan “berkarat” di otak kita. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam upaya memelihara kemampuan berbahasa:

A. Eksposur

Expose-lah diri kamu terhadap lingkungan atau kondisi yang kondusif dalam menyokong belajar bahasa asing. Misalnya bergabung dalam komunitas bahasa tersebut di media sosial. Bisa juga dengan sering meluangkan waktu dalam hobi kasual yang berkaitan dengan bahasa tersebut, misalnya membaca buku atau komik, nonton film, mendengarkan musik, atau main video game yang menggunakan bahasa asing tersebut dan ditambah dengan menggunakan subtitles dalam bahasa tersebut.

B. Konsistensi

Ini bagian yang susah banget dijaga oleh banyak pembelajar bahasa asing. Masalah utamanya biasanya ada pada prinsip 1, yaitu motivasi belajar yang lemah. Kalau motivasi belajarnya dari awal sudah lemah, biasanya pembelajar jadi tidak konsisten. Jadi, pastikan lagi dasar motivasi kamu kuat dalam mempelajari bahasa.

Di zaman sekarang, belajar bahasa asing menjadi begitu mudah bukan? Yuk segera terapkan beberapa prinsip di atas supaya kemampuan bahasa kamu semakin tajam. Kamu juga bisa mulai mendaftarkan diri di kursus bahasa asing Lister loh. Ada beberapa kursus bahasa asing yang sudah tersedia seperti bahasa korea, arab, jerman, dan masih banyak lagi. Cek programnya di sini.

Baca artikel lainnya yuk!

Kenapa Seseorang Lebih Mudah Belajar Bahasa Asing ? Ini Dia Jawabannya!

Kenapa Seseorang Lebih Mudah Belajar Bahasa Asing ? Ini Dia Jawabannya!

lister.co.id – Kamu pasti pernah bertemu dengan seseorang yang sangat lancar berbahasa asing, seperti begitu mudah berbicara menggunakan bahasa yang satu dengan bahasa yang lain. Kira-kira apa ya rahasianya? Nah di artikel kali ini kita akan mencoba membahas kenapa seseorang bisa lebih mudah mempelajari bahasa asing. Yuk disimak!

Menurut Hasil Penelitian, Koneksi Saraf Ikut Berpengaruh Loh

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh sebuah jurnal bernama The journal of neuroscience, ternyata koneksi saraf ikut berpengaruh dalam proses kemudahan seseorang belajar bahasa asing. Makin kuat koneksi saraf, maka akan membuat seseorang lebih mudah belajar bahasa lain.

Hasil penelitian tentang bagaimana pengaruh otak seseorang saat belajar bahasa kedua yang dilakukan oleh peneliti asal Kanada, McGill University menyatakan bahwa terdapat hubungan antara berbagai daerah di otak dengan kemampuan berbahasa seseorang. Dari situ diketahui berbagai daerah di otak manusia berkomunikasi satu sama lain bahkan ketika seseorang sedang beristirahat. Kekuatan koneksi ini memang berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Namun demikian, bukan hanya komunikasi di antara bagian-bagian otak saja yang berperan dalam proses belajar bahasa asing, melainkan juga pembelajaran dan pengalaman.

Temuan berikutnya adalah jika seseorang memiliki koneksi kuat antara AI/FO kiri dengan jaringan bahasa otak yang disebut sebagai gyrus temporalis superior kiri, maka peningkatan kemampuan lebih cepat melalui teknik berbicara. Dan jika seseorang memliki koneksi antara VWFA dengan daerah lain di gyrus temporalis superior kiri, maka peningkatan kemampuan bahasa asing akan lebih cepat di teknik membaca.

Namun, hal tersebut tidak serta merta membatasi peluang setiap orang yang ingin belajar bahasa asing ya. Hasil penelitian ini diyakini dapat menjadi langkah awal untuk memahami ada perbedaan di tiap orang saat belajar bahasa asing. Dalam jangka panjang mungkin bisa membantu pengembangan metode belajar bahasa asing yang lebih baik.

Gunakan Metode Belajar Bahasa Asing yang Sesuai

Kalau bisa bicara banyak bahasa, biasanya kamu masih suka tertukar-tukar. Bagaimana ya menyiasatinya? Ada semacam ruangan di dalam pikiran kamu untuk setiap bahasa, budaya, dan pengalaman terkait. Dengan demikian, bahasa-bahasa itu dapat tetap aktif dan tidak bercampur satu dengan yang lain. Kualitas waktu serta emosi yang terlibat adalah faktor penting. So, bukan melulu jumlah waktu yang dihabiskan untuk belajar bahasa dan menggunakannya ya, teman-teman.

Salah satu rahasia ampuh lain adalah belajar dari ahlinya. Bisa native speaker, atau mengikuti kelas online dari Lister. Dengan belajar privat, kamu bisa diarahkan dengan lebih fokus. Ataupun jika kamu menginginkan belajar bersama teman-teman, kamu bisa mengikuti kelas grup.

Kuncinya adalah motivasi yang kuat

Hal yang sebenarnya sangat penting adalah kamu harus berani memulai. Cobalah meniru tanpa terlalu berusaha mengeja kata-kata. Semua orang pasti bisa mendengar dan mengulangi. Ini bagian penting dalam proses lho. Kemudian, cermati ekspresi wajah karena hal ini juga penting ketika memproduksi suara. Misalnya, untuk berbicara seperti orang Prancis, kamu bicara dengan bibir ke depan.

Jangan malu ketika kamu akan mengeluarkan suara-suara ‘aneh’ saat mengikuti logat tertentu. Kalau belajar bahasa Arab misalnya, ada cengkok-cengkok yang membuat nada bicaramu sedikit ‘aneh’, bukan? Dalam berproses, hendaknya kamu jangan pula terlalu ambisius. Mulailah berlatih selama 15 menit sebanyak empat kali dalam sehari. Cara yang menyenangkan? Coba dengarkan musik pop berbahasa asing deh. Bisa juga dengan menonton film, bikin puisi, komik, atau cerpen.

Selain itu, carilah partner yang memiliki motivasi sama denganmu dan bercakap-cakaplah. Dengan adanya partner, kamu bisa saling mendukung satu sama lain. Juga, lebih semangat dan fun pastinya!

Baca artikel selanjutnya yuk!

7 Bahasa Paling Diminati Untuk Dipelajari di 2020

7 Bahasa Paling Diminati Untuk Dipelajari di 2020

https://lister.co.id/ Penguasaan Bahasa asing menjadi salah satu kemampuan penting yang bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi CV. Dari sekian banyaknya Bahasa yang ada dunia, pasti membingungkan bagi sebagian orang untuk memilih Bahasa mana yang harus dipelajari. Banyak faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan, mulai dari kebutuhan di tempat kerja hingga kebutuhan untuk syarat melamar beasiswa kuliah.

Di luar faktor-faktor pribadi di atas, ada beberapa Bahasa yang memang memiliki tingkat popularitas tinggi sebagai Bahasa untuk dipelajari di tahun ini. Walaupun tahun 2020 sudah hampir berakhir, bisa saja Bahasa-bahasa ini masih banyak diperlukan di tahun depan. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat pada daftar di bawah ini:

  1. Bahasa Perancis

Bahasa yang dikenal dengan sebutan Bahasa romantis ini, meraih banyak popularitas di tahun ini. Bahasa Perancis menduduki peringkat 5 pada daftar Bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Pengguna Bahasa ini tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari Perancis, sebagian Kanada, hingga beberapa negara di benua Afrika seperti Senegal dan Madagascar. Alasan lainnya adalah negara Perancis terkenal memiliki banyak objek wisata yang menarik minat turis asing dari berbagai dunia.

Menguasai Bahasa Perancis merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi jika kalian akan melanjutkan pendidikan di Perancis atau melamar pekerjaan di perusahaan berbahasa Perancis. Kebanyak penutur asli atau warga lokal Perancis lebih suka menggunakan Bahasa mereka dibandingkan Bahasa Inggris yang lebih universal.

  • Bahasa Spanyol

Ada total 22 negara di 4 benua yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai Bahasa resmi. Itu membuat Bahasa Spanyol menjadi Bahasa keempat yang paling banyak digunakan di dunia. Selain itu Bahasa Spanyol digunakan sebagai utama di sebagian besar Amerika Serikat dan Spanyol. Jadi untuk yang berminat liburan, sekolah, atau bekerja di daerah sana, Bahasa Spanyol bisa menjadi pilihan Bahasa untuk dipelajari.

  • Bahasa Jerman

Negara Jerman merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem perkuliahannya juga ramah dan terbuka bagi mahasiswa internasional. Untuk mendaftar kuliah di Jerman tentunya penguasaan Bahasa Jerman menjadi salah satu syarat mutlak. Karena banyak yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman itulah, Bahasa Jerman menjadi sangat terkenal dan diminati. Padahal berdasarkan statistik, pengguna Bahasa Jerman ini tidak terlalu banyak di dunia. 

Selain karena alasan pendidikan, Jerman juga merupakan negara eksportir terbesar ketiga di Indonesia. Bidang bisnisnya termasuk industri otomotif, bahan kimia, dll. Banyak juga perusahaan-perusahaan asal Jerman yang membuka cabang di Indonesia

  • Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan Bahasa utama yang digunakan di daerah Timur Tengah yang mencakup Saudi Arabia dan UEA, dua negara yang terkenal dengan bisnis minyaknya. Mempelajari Bahasa Arab dapat membuka kesempatan yang lebih luas untuk berkarir ataupun menempuh pendidikan di sana. Bagi para muslim, menguasai Bahasa Arab juga bisa membantu lebih memahami A-Qur’an dan Hadits.

  • Bahasa Korea

Bahasa Korea mulai meningkat popularitasnya setelah industri hiburannya mulai mendunia di tahun ini. Tiba-tiba banyak sekali orang yang ingin belajar Bahasa Korea untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan pekerjaan, keperluan pendidikan, hingga keperluan hiburan. Selain itu industri bisnis dan teknologi Korea juga semakin berkembang pesat. Jika kalian adalah pecinta dunia hiburan Korea atau ingin melanjutkan pendidikan di Korea, belajar Bahasa Korea bisa menjadi pilihan yang tepat.

baca juga

  • Bahasa Jepang

Bahasa Jepang sudah menjadi Bahasa yang banyak diminati di dunia sejak beberapa tahun kebelakang. Hal ini tidak lain karena negara Jepang sendiri yang memiliki banyak pesona. Ada berbagai tempat wisata yang menarik, berbagai jenis anime dan manga, dan juga berbagai industri teknologi dan otomotif yang terus berkembang. Bagi yang berpikiran untuk bekerja di Jepang atau di perusahaan berbahasa Jepang, mungkin bisa dipertimbangkan untuk mempelajari Bahasa ini.

  • Bahasa Mandarin

Last but not least, ada Bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan Bahasa utama di di China, Taiwan, dan Singapura. Selain itu Bahasa Mandarin juga menjadi Bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Dan ditambah lagi dengan pertumbuhan bisnis dan ekonomi Cina yang sangat pesat, mungkin belajar Bahasa Mandarin bisa menjadi pilihan bagi yang berminat bekerja di Cina.

Open chat
Need Help?