Belajar 10 Bahasa Asing Ini, Bikin Kamu Jadi Pribadi Menarik Lho..

Belajar 10 Bahasa Asing Ini, Bikin Kamu Jadi Pribadi Menarik Lho..

lister.co.id – Saatnya menjadi pribadi yang menarik dengan belajar 10 bahasa asing, fellas! Nah ini adalah solusi untuk kamu yang sering membanding-bandingkan diri dengan kehidupan orang lain, “kok hidupku gini-gini aja sih!” Sekarang saatnya berubah dengan cara memanfaatkan waktu lebih maksimal: belajar bahasa jadi pilihan!

BACA JUGA: Prinsip-Prinsip dalam Belajar Bahasa Asing, Sudah Tahu?

Sama halnya keberhasilan adalah milik semua orang, pandai berbahasa asing adalah hak semua orang juga, fellas (red: yang mau berjuang).

Jadi berhenti berkata,“ah jago bahasa asing cuma untuk tipe orang linguistik aja.”

Dilansir dari Poliglotisme menyebutkan bahwa, “Ada sejumlah teori eksotis tentang sebab beberapa orang bisa belajar bahasa dengan mudah, sementara lainnya kesulitan mempelajari satu bahasa asing saja. Satu teori menyatakan bahwa naiknya level testosteron di uterus bisa meningkatkan asimetri otak. Teori lainnya menyatakan bahwa menjadi seorang poliglot tidak harus memiliki faktor-faktor tersebut dan ini semua hanya masalah kerja keras dan motivasi yang tepat yang bisa dilakukan semua orang dewasa meski tidak berbakat secara alamiah.”[3]

Meskipun masih ada perbedaan pandangan, tapi cukup menjawab kok, bahwa belajar bahasa asing sekalipun bisa dipelajari semua orang tak terkecuali orang-orang yang bertipe kecerdasan tertentu.

Jadi, kalau mau belajar 10 bahasa asing harus mulai dari mana?

Satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para pemula: harus mulai darimana?

Belajar 10 bahasa asing
source: giphy.com

Sebelumnya tentukan dulu bahasa asing apa yang ingin kamu pelajari, fellas. Nah ada 10 bahasa asing yang bisa kamu pilih di sini. Apa saja?

Bahasa Arab

Sebagai seorang muslim, tentu menjadi keistimewaan tersendiri jika kita mempelajari bahasa Arab. Karena keutamaan belajar bahasa Arab sudah tertera di kitab suci Al-Quran. Selain itu, orang yang paham bahasa Arab, terutama paham kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan semakin mudah memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali.

Perlu diketahui, bahasa Arab adalah bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia. Jika kamu memiliki rencana jangka panjang untuk melanjutkan studi di negara timur tengah, kemampuan bahasa Arab ini akan sangat berguna, fellas. Gimana? Masih belum tergerak untuk segara mempelajarinya?

BACA JUGA: Beasiswa Mohamed Bin Zayed Scholarship untuk Kuliah S2 S3 ke Dubai United Arab Emirates

Bahasa Belanda

Jika suatu saat kamu bermimpi ingin kuliah di Eropa, khususnya negeri Belanda, dijamin, tidak ada ruginya mempelajari bahasa Belanda karena kamu bisa lebih menonjol dibandingkan dengan pelajar internasional lainnya, kamu bisa memperluas koneksimu, dan mempermudah aktivitas keseharianmu di Belanda, fellas. Kamu bisa mulai mempelajari bahasa Belanda lewat kursus bahasa Belanda di Lister. Daftar di sini.

BACA JUGA: Lanjut S2 ke Belanda dengan beasiswa Eric Bleumink Fund

Bahasa Jepang

Mau belajar bahasa Jepang enaknya mulai dari mana? Mungkin itu pertanyaan yang mengusikmu saat ini. Hei, jangan khawatir! Negara Jepang adalah negara yang populer di dunia. Selain itu Jepang dikenal dengan beragam karya pop culture yang begitu menarik perhatian, bukan? Contohnya manga, anime, games, musik dan yang lainnya. Kenapa tidak mempelajarinya dari situ? Selain budaya, kamu bisa sambil belajar bahasanya lho. Butuh bimbingan dari mentor profesional? Kamu bisa daftarkan diri kamu di Lister – program kelas bahasa Jepang! Daftar di sini.

BACA JUGA: Bermimpi Ingin Kuliah di Jepang?

Bahasa Jerman

Mengetahui cara berbicara dalam bahasa jerman dengan baik merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang suka travelling, begitu juga yang terjun ke dunia bisnis. Mereka dapat menggunakan keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan hampir setiap benua. Keterampilan berbahasa menjadi semakin dicari di dunia kerja, karena menguasai lebih dari satu bahasa menunjukkan etos kerja para kandidat yang mungkin ingin menemukan dan memelihara hubungan internasional yang profesional. Apakah kamu ingin mengejar karir di negeri Jerman, fellas? Atau bermimpi untuk melanjutkan studi ke negara dengan bahasa kedua yang paling banyak digunakan untuk publikasi ilmiah?

Pelajari bahasa Jerman sekarang bersama tutor Lister yang berpengalaman, daftar di sini.

Bahasa Mandarin

Jika kamu tertarik untuk berkarir dalam bisnis, kamu tidak dapat melewatkan kesempatan untuk terlibat dalam pasar yang berkembang ini! kamu juga harus mempertimbangkan untuk mengambil kelas bahasa Mandarin. Mandarin Cina adalah bahasa yang dicari oleh banyak pengusaha, lho. Daftar kelas Mandarin di sini.

Ada beberapa alasan mengapa anak-anak muda mau melakukannya:

  • Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Tiongkok dan budaya Tiongkok
  • Untuk membuat CV mereka lebih menarik dengan menambahkan bahasa asing ke dalamnya
  • Untuk mendapatkan keterampilan bisnis yang tak ternilai
  • Mengikuti perkembangan bisnis internasional dengan mempelajari salah satu bahasa terpentingnya

Bahasa Turki

Kenapa harus belajar bahasa Turki? Ada beberapa alasannya diantaranya adalah suka belajar bahasa, kamu punya rencana hidup di Turki, faktor pekerjaan, atau karena mau belajar di Turki. Nah, tips belajar bahasa Turki, kamu bisa coba 4 step ini, fellas yaitu belajarlah dari guru/tutor, perbanyak exposure bahasa Turki, tetap konsisten, dan tidak baperan. Daftar kelas bahasa Turki di sini.

BACA JUGA: Beasiswa Turki (YTB) Untuk Kuliah S1 S2 S3 di Turki 2021

Bahasa Korea

Tahukah kamu memiliki kemampuan bahasa Korea ternyata bisa berpengaruh pada karir kamu, fellas. Diantarannya adalah jenjang karir, membangun dan mengembangkan koneksi, dan tidak tersesat saat di Korea. Kamu bisa daftar kelas bahasa Korea di sini.

BACA JUGA: Beasiswa GIST Scholarship untuk kuliah S2 S3 di Korea Selatan

Bahasa Prancis

Apakah kamu memiliki impian kuliah di Perancis, fellas? Jika iya, maka kamu mesti belajar bahasa Perancis meskipun basicnya dulu. Belajar bahasa Prancis banyak mendatangkan manfaat, lho. Selain kamu lebih siap untuk berkuliah di Perancis, dan peluang kerja di perusahaan multinasional lebih besar. Daftar kelas bahasa Perancis di sini.

BACA JUGA: Beasiswa Fashion 2021 Kuliah S1 – S2 di IFA Paris

Bahasa Spanyol

Belajar bahasa Spanyol secara online yang berguna untuk kehidupan profesional dan pribadi adalah penting untuk kamu pertimbangkan, fellas. Bahasa Spanyol adalah bahasa yang keren. Tapi, ini bisa rumit pada awalnya tetapi dengan sedikit ketekunan, kamu akan mulai memahami dan mulai membuat langkah besar menuju kelancaran. Bahasa Spanyol menyenangkan untuk diucapkan dan menyenangkan untuk didengarkan. Bahasa yang melodik, mengalir, dan indah. Ada alasan mengapa ada begitu banyak lagu populer di Spanyol saat ini. Daftar kelas bahasa Spanyol di sini.

Bahasa Rusia

Memulai belajar bahasa Rusia dari mana ya? Mungkin pilihannya ada di musik dan sastra Rusia! Karena menguasai bahasa Rusia memiliki banyak manfaat dan hal hebat yang ditawarkan oleh Rusia seperti arsitektur, budaya, maupun ekonomi, dan banyak hal yang dapat ditawarkan Rusia kepada seorang ekspatriat! Daftar kelas bahasa Rusia di sini.

Bukti Belajar Bahasa Asing Membuat Kamu Menjadi Pribadi yang Menarik

  • Semakin memiliki daya tarik dibanding yang lain
  • Bahasa asing membuat kamu berwawasan luas
  • Peluang lebih besar untuk diterima kerja di perusahaan multinasional
  • Daya ingat yang semakin kuat
  • Kamu bebas berteman dengan berbagai orang dari belahan dunia

Kuasai berbagai macam bahasa asing bersama tutor Lister yang berpengalaman! Daftar sekarang! KLIK DI SINI.

BACA JUGA:

Kosakata Bahasa Jepang Untuk Kehidupan Sehari-Hari, Penting!

Kosakata Bahasa Jepang Untuk Kehidupan Sehari-Hari, Penting!

lister.co.id – Belajar bahasa Jepang di era digital seperti sekarang ini semakin mudah, bukan? Kamu bisa mulai belajar bahasa Jepang dari mana saja dan kapan saja, tapi berkualitas melalui lister.

BACA JUGA:Tips Wisata ke Jepang 

Saat kamu memutuskan belajar bahasa Jepang, lebih baik dahulukan untuk mempelajari kosakata bahasa Jepang sehari-hari, fellas. Hal ini bertujuan agar kita dapat berkomunikasi dengan penutur bahasa Jepang lainnya. 

BACA JUGA: Keindahan Bahasa Jepang 

Belajar Kosakata Bahasa Jepang Sehari-Hari Untuk Keluarga

Mempelajari kosa kata bahasa Jepang, dalam berbagai ruang lingkup sosial, pasti akan sangat membantu. Nah, kali ini kita akan membahas sebuah dialog sederhana bertema keluarga, bisa jadi contoh nih fellas!

Dalam ruang lingkup sosial, kita sering  bercakap-cakap tentang keluarga, bukan? Hal ini tentu wajar mengingat orang lain pasti ingin tau bagaimana latar belakang kita. 

Bambang: 兄弟は何人いますか?
Kyōdai wa nan-ri imasu ka? (Berapa saudara yang kamu miliki?)

Ricky: 五人兄弟です。
Go-ri kyōdai desu. (Saya lima saudara laki-laki)

Bambang: うわー、多くの兄弟
Uwa ̄ , ōku no kyōdai (Wah, banyak sekali ya saudaramu)

Ricky: もちろん, あなたはどう?
Mochiron, anata wa dō? (Tentu saja, bagaimana denganmu?)

Bambang: 私は二人の兄弟です
Watashi wa futari no kyoudai desu (Saya dua bersaudara)

Ricky: あなたは最初の子供ですか?
Anata wa saisho no kodomodesu ka? (Apakah kamu anak pertama)

Bambang: 私が一番若いです
Watashi ga ichiban wakaidesu (Saya anak bungsu)

BACA JUGA: Skill Bahasa Jepang Wajib Dikuasai Wisatawan

Kosakata Bahasa Jepang Untuk Hobi 

Setiap orang pasti memiliki hobi. Namun, hobi yang baik seharusnya dapat membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

Hobi pun seharusnya diperbincangkan dengan keluarga, saudara, atau teman agar mereka tau potensi yang kamu miliki. Berikut kosakata Bahasa Jepang yang digunakan untuk membahas hobi:

Dika:あなたの趣味は何ですか?
Anata no shumi wa nanidesu ka? (Apa hobimu?)

Mamet: スポーツが好きです
Supotsu ga sukidesu (Saya suka olahraga)

Dika: どんなスポーツが好きですか?
Donna supōtsu ga sukidesu ka? (Olahraga apa yang kamu suka?)

Mamet: 私はバドミントンが好きです
Watashi wa badominton ga sukidesu (Saya suka olahraga bulutangkis)

Dika: 週に何回バドミントンをしますか?
Shū ni nankai badominton o shimasu ka? (Berapa kali seminggu kamu bermain bulutangkis?)

Mamet:週に三回
Shu ni sankai (Tiga kali seminggu.)

Dika: 普段は誰と遊んでいますか?
Fudan wa dare to asonde imasu ka? (Dengan siapa kamu biasanya bermain?)

Mamet: 私の友人と
Watashi no yūjin to (Dengan teman saya)

BACA JUGA: Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Kosakata Bahasa Jepang Seputar Liburan 

Semua orang pasti sangat menyukai liburan. Apalagi liburan ke Jepang, siapa yang menolak? Eits, tapi sebelum memutuskan berlibur, ada baiknya kamu paham dulu beberapa kosa kata bahasa Jepang berikut ini fellas!

Dina: 夏休みはどこに行きますか?
Natsuyasumi wa doko ni ikimasu ka? (Liburan musim panas ini kita enaknya pergi kemana ya?)

Nicko: 水泳はどうですか?
Suiei wa dōdesu ka? (Bagaimana kalau kita pergi berenang?)

Dina: いい案!ビーチに行きたいですか?
Ī an! Bīchi ni ikitaidesu ka? (Ide bagus! Apakah kamu mau pergi ke pantai?)

Nicko: クラスメートを連れて行くのはどうですか?
Kurasumēto o tsurete iku no wa dōdesu ka? (Bagaimana kalau ajak teman kelas?)

Dina: さて、私は彼らを招待します
Sate, watashi wa karera o shōtai shimasu (Baiklah, saya akan ajak mereka)

BACA JUGA: Bermimpi Ingin Kuliah di Jepang?

Ya, kira-kira itulah obrolan bahasa Jepang sehari-hari yang membahas tentang liburan. Engga sabar liburan ke Jepang? Atau kuliah ke Jepang? Ikut kursus Bahasa Jepang dulu yuk!

BACA JUGA: Pengajar Bahasa Jepang di Indonesia

Untuk kamu yang ingin mengambil kelas bersama teman-teman seperjuangan, bisa banget nih! Langsung aja daftar di kelas semi privat dari Lister! Klik banner di bawah ini!

Keindahan Bahasa Jepang

Keindahan Bahasa Jepang

lister.co.id – Bahasa Jepang adalah merupakan salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari. Berbeda dengan bahasa yang menggunakan huruf latin dengan maksimal hanya terdiri dari 26 huruf saja.

Dalam bahasa jepang bahkan memiliki 3 karakter yang berbeda yaitu Hiragana, Katakana, dan yang tersulit adalah huruf kanji.

Hal inilah yang membuat belajar Bahasa Jepang semakin menantang dan semakin menarik. Karena dari ketiga karakter tersebut semuanya saling terkait satu sama lain. Tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga kita tidak hanya bisa mempelajari satu karakter saja. Harus ketiga-tiganya.

Setelah mempelajari Hiragana dan katagana biasanya seseroang akan menyerah ketika belajar huruf kanji. Meskipun sulit hal itu sangat disayangkan, karena sebentar lagi kita akan manjadi ekspert dalam bahasa jepang. Untuk itu jangan menyerah sampai akhir.

Karakter Hiragana

Hiragana merupakan dasar dari seluruh sistem tata tulis Jepang. Hiragana sifatnya wajib dipelajari jika ingin menguasai bahasa jepang.

Hiragana terdiri dari 46 karakter yang harus kita kuasai dan hafalkan. Hiragana ini mulanya adalah berasal dari huruf kanji. Karakter-karakter Hiragana mewakili setiap bunyi dalam bahasa jepang dan memiliki hubungan dengan huruf vokal “a, i, u, e, o” kecuali satu karakter yang berbunyi “n”.

Masing-masing karakter dari hiragana ini dibedakan dengan garis dan lekukan, sehingga untuk sekilas bagi kita yang baru balajar bahasa jepang akan sulit untuk membedakannya. Jika salah menuliskan sebuah karakter, misalnya saja terlewat memberi garis atau lingkaran maka bunyinya pun akan menjadi berbeda dan berubah sepenuhnya.

Setelah menguasai hiragana seseorang pada dasarnya sudah dapat berbicara, membaca dan menulis dengan bahasa jepang. Asalkan kita menguasai juga Furigana. Furigana ini adalah karakter yang mewakili karakter kanji, gunanya untuk mengenali bunyi dari huruf kanji. Karena tanpa furigana sebuah kata yang ditulis dengan hiragana biasanya tidak memiliki arti dalam huruf kanji.

Keindahan Bahasa Jepang
Keindahan Bahasa Jepang

Karakter Katagana

Kemudian karakter selanjutnya yang perlu dipalajari untuk mendalami bahasa jepang adalah katakana. Katakana juga sama dengan hiragana, terdiri dari 46 karakter. Bedanya Katakana ini adalah karakter yang mewakili kumpulan suara yang sama.

Perbedaannya lagi adalah katakana berbeda bentuknya dengan hiragana, bentuk katakana lebih tajam dan juga lurus. Tidak bulat, lengkung dan halus seperti hiragana.

Belajar katakana sangat penting karena katakana ini adalah berguna untuk menuliskan nama kita dalam bahasa jepang. Selain itu juga digunakan untuk menuliskan semua kata asing dan kata-kata pinjaman, seperti restoran, MC Donald dan lain sebagainya.

Katakana juga biasanya sering kita temui di tulisan-tulisan anime yang sebenarnya bukan kata-kata tersebut bukan kata pinjaman atau kata asing. Hal ini digunakan agar kata tersebut terkesan menonjol sehingga menarik perhatian pembaca.

Katakana ini mungkin jika dalam tulisan latin biasa seperti fungsi italic (tulisan miring) untuk menandakan kata-kata asing atau pinjaman.

Karakter Kanji

Huruf kanji ini awalnya berasal dari Tiongkok. Berbeda dari hiragana dan katagana yang masing-masing memiliki 46 karakter, huruf kanji bahkan terdiri dari dari ribuan karakter. Terlalu banyaknya huruf kanji ini sehingga tidak ada yang tahu berapa tepatnya jumlah huruf kanji (biasanya sekitar 3000 yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari).

Huruf kanji lebih merepresentasikan makna dari sebuah kata daripada bunyi dari sebuah kata tertentu. Seperti contoh 木 (ki) yang berarti pohon dan 車 (kuruma) yang berarti mobil. Hal ini terlihat bahwa satu karakter saja sudah memiliki satu makna atau arti dalam bahasa latin.

Lebih dari itu, yang membuat rumit dari huruf kanji, terkadang kita akan menemukan satu huruf kanji bisa memiliki lebih dari dua jenis bacaan, bahkan lebih.

Tidak hanya bacaannya yang berbeda tetapi juga artinya yang berbeda. Hal ini bisa dilihat ketika berada dalam satu kalimat yang utuh, kita bisa melihat dari konteks yang diangkat dalam kalimat tersebut.

Biasanya di dalam sebuah kalimat kita akan mendapati beberapa petunjuk cara baca dari huruf kanji tersebut yaitu dengan imbuhan hiragana di belakang kanji tersebut. Ini menandakan bahwa kanji tersebut merupakan sebuah kata kerja.

Misalnya untuk kanji 生 memiliki banyak arti seperti hidup, lahir, mentah, dan murni. Kanji juga memiliki banyak cara baca, yaitu sei, shou, nama, umareru, ikeru, ikasu.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Nah dari berbagai macam karakter Bahasa Jepang di atas sudah kebayang kan betapa akan sulitnya belajar bahasa jepang? Namun untuk kamu yang memiliki keinginan kuat dan tujuan tertentu tidak akan langsung menyerah begitu saja.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh kesuksesan dalam belajar bahasa jepang.

Misalnya saja kita perlu mendaftarkan diri ke lembaga kursus bahasa jepang yang credible, selalu belajar secara mandiri meskipun sudah kursus, perbanyak nonton TV Jepang, anime atau film layar lebar berbahasa jepang, menemukan teman belajar bahasa jepang yang sesuai dan yang terpenting adalah sering berkomunikasi dengan native bahasa jepang secara langsung.

Kursus Bahasa Jepang di Lister.co.id

Untuk kursus bahasa jepang yang credible , salah satu yang recomended adalah Lister.co.id. Kamu bisa belajar disini dengan di dampingi oleh mentor yang berkualitas dan telah tersertifikasi. Tidak hanya dalam kemampuannya berbahasa jepang tetapi juga sebagai pengajar bahasa jepang.

Lister memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi setiap pembelajar, karena Lister memungkinkan kita untuk memilih waktu belajar kita sendiri. Dan untuk pembelajarannya pun bisa dilakukan dimana saja karena dilakukan secara online.

Meskipun dilakukan secara online kita akan diberikan sebuah metode pembelajaran yang membuat kita mengalami secara langsung pembelajaran tersebut seperti dalam ruang kelas dan tatap muka secara langsung. Inilah yang menjadi keistimewaan Lister

Belajar Secara Mandiri

Lister juga menyediakan materi-materi yang bisa kita ulas sendiri berupa video dan juga modul belajar. Bahkan Lister juga akan menyediakan hasil rekaman vide pembelajaran yang dilakukan selama proses belajar kita.

Latihan-latihan kecil yang berguna bagi penguasaan bahasa jepang kita juga disediakan. Hal ini agar menjaga konsentrasi kita dalam belajar bahasa jepang baik selama sesi tatap muka ataupun juga di luar itu. Artinya Lister juga sangat mendukung kita untuk melakukan belajar secara mandiri.

baca juga

Menemukan Teman Belajar Bahasa Jepang

Salah satu keuntungan belajar bahasa jepang di lister kita juga akan dikenalkan dengan berbagai komunitas belajar bahasa jepang yang memiliki tujuan yang sama dengan kita.

Misalnya ketika kita belajar bahasa jepang untuk keperluan studi maka kita akan dimasukkan ke dalam komunitas yang memiliki tujuan yang sama dengan kita, yaitu tujuan studi ke Jepang.

Hal ini mempermudah kita untuk menemukan teman belajar bahasa jepang. Sehingga kita dapat lebih sering berinteraksi dan berkomunikasi dengan bahasa jepang. Tentunya ini akan sangat membantu dalam perkembangan penguasaan bahasa kita.

Kursus Bahasa Mandarin Secara Online

Kursus Bahasa Mandarin Secara Online

Lister.co.id – Kursus Bahasa Mandarin Secara Online , Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, memang mau tidak mau rutinitas kehidupan juga harus berubah. Dari yang awalnya bisa banyak melakukan banyak kegiatan di luar rumah secara bebas, sekarang hampir semua hal harus dilakukan dari dalam rumah, termasuk juga belajar.

Tips dan Trik Belajar Bahasa Mandarin Secara Online

Karena mendadak mendapat banyak waktu luang, banyak orang yang memilih belajar Bahasa asing sebagai hobi baru mereka. Salah satu Bahasa yang paling banyak diminati untuk dipelajari adalah Bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin memiliki banyak penutur asli yang tersebar di seluruh dunia, penggunaannya pun sudah banyak terdapat di berbagai sektor industri dan pendidikan. Selain itu, Bahasa Mandarin juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga cocok digunakan untuk mengisi waktu luang.

Tetapi bagaimanapun juga, Kursus Bahasa Mandarin Secara Online pasti cukup sulit jika dibandingkan dengan cara offline. Berikut adalah beberapa cara mudah bisa belajar Bahasa Mandarin online dengan efektif:

Sesuaikan dengan gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Jika dibedakan dari input yang paling efektif, gaya belajar seseorang bisa dibagi menjadi visual, auditori, dan kinestetik.

Bagi yang tipe visual, belajar dengan cara online ini bisa sangat menguntungkan. Tipsnya adalah dengan banyak mencari media belajar yang memiliki banyak visual yang menarik, bisa dari ebook, video, atau mungkin aplikasi dengan gambar ilustrasi yang menarik.

Untuk yang tipe auditori, belajar Bahasa Mandarin bisa dilakukan dengan banyak mendengarkan audio berbahasa Mandarin. Sumbernya bisa dari audiobook, podcast, radio, atau video berbahasa Mandarin.

Sedangkan bagi yang bertipe kinestetik, mungkin akan sedikit kesulitan belajar secara online karena tidak melibatkan banyak gerakan. Tipsnya adalah dengan membuat materi belajar sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan, tidak harus mengikuti cara belajar yang tersedia di internet.

Yang terpenting adalah bisa memahami gaya belajar yang paling efektif untuk diri sendiri. Dengan begitu, semua materi yang dipelajari akan bisa terserap dengan lebih maksimal.

Manfaatkan Youtube

Youtube merupakan platform media sosial berbagi video yang paling besar di dunia. Di Youtube anda akan bisa menemukan berbagai jenis video, termasuk juga video pembelajaran Bahasa Mandarin.

Keuntungannya adalah, di Youtube sekarang ini sudah beredar banyak video pengajaran Bahasa Mandarin yang dibawakan oleh guru atau penutur asli. Ini tentunya akan terasa familiar, karena tipe videonya membuat penonton serasa sedang diajar oleh guru di kelas offline.

Selain tipe video seperti itu, ada juga berbagai tipe video pembelajaran Bahasa Mandarin. Kebanyakan video akan sesuai dengan gaya anak muda jaman sekarang.

Dan karena sengaja dibuat untuk menarik minat penonton, sebagian besar video-video ini akan memiliki unsur hiburan yang menarik sehingga membuat tidak cepat bosan. Ada banyak video juga yang mengajarkan kosakata-kosakata modern yang banyak digunakan sehari-hari.

Cari Pinyin

Pinyin adalah sebuah metode romanisasi Bahasa Mandarin menjadi Bahasa latin. Metode ini sengaja dibuat untuk memudahkan pelafalan karakter-karakter Bahasa Mandarin bagi orang asing yang akan belajar.

Untuk pemula yang baru belajar Bahasa Mandarin, adanya Pinyin ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik. Anda bisa mencari aplikasi, website, ataupun video yang memiliki tambahan transkripsi Pinyin sebagai pelengkap.

Seperti yang kita semua tahu, Bahasa Mandarin terkenal memiliki banyak karakter dengan teknik pelafalan yang berbeda-beda, hal ini tentunya akan sangat menyulitkan untuk para pemula. Pinyin bisa membantu mempermudah hal itu sambil sekaligus melatih lidah untuk bisa lebih fasih berbicara Bahasa Mandarin.

Pilih yang menarik dan interaktif

Jika anda adalah tipe yang bosan jika hanya belajar melalui textbook atau materi formal, anda bisa mencoba belajar melalui aplikasi atau website. Tipsnya adalah dengan mencari aplikasi dan website yang memiliki visual yang menarik dan interaktif.

Visual yang menarik bisa dilihat dari ilustrasi yang menghiasi aplikasi atau website tersebut. Pilihlah yang memiliki banyak warna atau gambar-gambar lucu yang bisa membuat tidak mudah jenuh saat belajar.

Selain itu, biasanya akan muncul gambar yang mengilustrasikan setiap kosakata yang diajarkan. Anda bisa memilih tipe gambar yang sesuai dan anda sukai, karena gambar juga akan tertanam di pikiran anda pada saat belajar.

Aplikasi dan website yang interaktif juga bisa menjadi alternatif untuk mengusir kebosanan. Dengan tipe pembelajaran yang interaktif, otak akan dipaksa bekerja ekstra dengan cara yang menyenangkan, sehingga tidak terasa seperti sedang belajar.

baca juga

Belajar cara penulisan

Bahasa Mandarin terkenal memiliki banyak sekali karakter yang dikenal dengan sebutan Hanzi. Masing-masing karakter ini tingkat penulisan yang rumit, dan bentuknya sulit dibedakan satu sama lain.

Jika di kelas offline, belajar teknik penulisan bisa dilakukan dengan banyak berlatih menggunakan buku latihan yang biasanya memiliki titik-titik bantu. Hal ini mungkin sulit diterapkan saat belajar online, tapi sekarang sudah ada banyak aplikasi yang muncul dengan trik belajar yang hampir mirip, yaitu dengan garis bantu.

Anda bisa mencari aplikasi khusus belajar menulis aksara mandarin untuk bisa menemukannya. Aplikasi ini akan membantu anda menulis dengan menggunakan garis bantuan samar di belakang huruf.

Sebelumnya jangan lupa pastikan dulu gadget anda bisa digunakan untuk menulis melalui layarnya. Dengan banyak berlatih, maka tingkat efektifitas belajar dengan cara ini bisa sama dengan belajar secara offline.

Butuh jadwal atau pengingat

Salah satu kekurangan belajar secara online adalah, tidak memiliki jadwal yang pasti. Ini bisa membuat sulitnya terbangun rutinitas sehingga dapat menghambat progress belajar Bahasa Mandarin.

Solusinya adalah dengan membuat jadwal belajar rutin sendiri. Jadwal ini bisa dibuat dengan menyisihkan sedikit waktu yang sama setiap harinya untuk belajar, misalnya 15 menit sebelum berangkat kerja atau 30 menit sebelum tidur malam.

Selain itu bisa juga mencari aplikasi yang selalu memberikan pengingat untuk belajar setiap harinya. Anda bisa menyetel pengingat atau notifikasi di waktu yang anda inginkan, lalu mulai membuka aplikasi dan belajar saat pengingat muncul.

Ikut kursus online

Jika tetap ingin merasakan sensasi belajar offline tapi secara online, anda bisa mencoba mendaftar di lembaga kursus Bahasa Mandarin. Mengikuti perkembangan dunia, sekarang sudah banyak lembaga kursus yang beralih ke media online.

Walaupun begitu, kurikulum pembelajaran yang diterapkan akan tetap sama, dan juga tetap akan diajar oleh pengajar-pengajar yang profesional dan berpengalaman. Untuk metode belajarnya, ada yang secara berkelompok menggunakan aplikasi video call atau juga pengajaran secara privat.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin

Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin

lister.co.id – Sekarang ini Bahasa Mandarin sudah memiliki banyak pengguna dan menjadi salah satu Bahasa yang paling diminati untuk dipelajari. Alasannya kebanyakan adalah karena mempelajari Bahasa Mandarin tidak akan sia-sia.

Bahasa Mandarin bisa digunakan di berbagai tempat, baik di lingkungan karir dan pekerjaan, lingkungan pendidikan, maupun lingkungan sekitar saat pergi berwisata. Tidak heran banyak orang yang tetap menekuni kursus Bahasa Mandarin walaupun tingkat kesulitannya yang terkenal cukup tinggi.

Bahasa Mandarin memiliki banyak sekali karakter dengan teknik penulisan dan pelafalan yang mirip satu sama lain. Selain itu, Bahasa Mandarin juga memiliki empat intonasi pengucapan yang berbeda.

Dengan kedudukannya sebagai Bahasa dengan penutur asli terbanyak di dunia, Bahasa Mandarin memiliki cukup banyak fakta unik dan menarik yang tidak banyak diketahui orang. Sebelum mulai belajar Bahasa Mandarin, sebaiknya cari tahu dulu tentang beberapa fakta unik di bawah ini:

Jumlah penutur Bahasa Mandarin

Seperti yang sudah tertulis di atas, Bahasa Mandarin sudah dinobatkan sebagai Bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia. Tapi sebenarnya ada berapa jumlah penutur asli Bahasa Mandarin yang ada sekarang?

Jumlahnya tentu tidak bisa terhitung secara pasti, tapi sebagai perkiraan, ada sekitar satu triliun orang yang merupakan penutur asli Bahasa Mandarin di dunia sekarang. Semua orang ini tersebar hampir di seluruh negara di dunia.

Ini artinya sekitar 15% dari populasi dunia berbicara Bahasa Mandarin. Hasil ini bahkan melampaui banyak Bahasa asing lain seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis, dll.

Dengan adanya penutur asli sebanyak itu, penggunaan Bahasa Mandarin juga ikut tersebar, hingga tidak heran jika ada negara di luar wilayah Cina yang juga menggunakan Bahasa Mandarin sebagai Bahasa utamanya. Para penutur asli ini juga membantu menyebarkan kaidah-kaidah kebahasaan Bahasa Mandarin yang benar kepada para penutur asing.

Bahasa yang paling sulit dipelajari

Bahasa Mandarin terkenal memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, bahkan termasuk salah satu Bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia. Yang paling kesulitan tentunya adalah para pengguna Bahasa ibu yang menggunakan sistem alfabet biasa.

Bahasa Mandarin memiliki tipe karakter dan huruf yang sangat jauh berbeda dengan sistem alfabet A-Z yang biasa digunakan. Ini merupakan kendala utama yang menghalangi para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin.

Selain itu, cara penulisan dan juga teknik pelafalan juga cukup rumit dan agak sulit diucapkan dengan lidah orang yang terbiasa dengan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia. Bahasa Mandarin juga sangat menekankan perbedaan intonasi pada teknik pengucapan, perbedaan intonasi bisa merubah arti dari kata atau kalimat yang diucapkan.

Memiliki banyak dialek

Bahasa Mandarin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh banyak orang di berbagai tempat yang berbeda. Sehingga secara alami dalam perkembangannya ada banyak logat dan dialek baru yang muncul dari Bahasa Mandarin modern.

Bahasa Mandarin merupakan Bahasa ibu dan Bahasa utama yang digunakan di negara Cina. Di Cina sendiri juga ada banyak dialek Bahasa Mandarin yang biasa digunakan, beberapa diantaranya adalah Kanton, Minbei, Xiang, Hakka, dll.

Selain di Cina, Bahasa Mandarin juga menjadi Bahasa utama di banyak negara lain, seperti Taiwan dan Singapura. Di dua negara ini dan banyak negara lain di dunia juga muncul berbagai jenis dialek baru dalam Bahasa Mandarin.

Penggunaan Bahasa Mandarin modern di beberapa negara bahkan sudah mampu menghasilkan berbagai kosakata baru yang membedakan penggunaannya.

Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin
Fakta-Fakta Unik Bahasa Mandarin

Tidak ada alfabet dan keterangan jumlah

Seperti yang sudah tertulis di atas, Bahasa Mandarin tidak mengenal adanya alfabet A-Z seperti yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Sebagai gantinya ada karakter khusus yang dinamakan Hanzi.

Setiap huruf ini memiliki teknik penulisan yang terdiri dari gabungan garis-garis yang berbeda. Para pemula dalam belajar Bahasa Mandarin biasanya akan dibantu dengan menggunakan garis atau titik-titik bantu untuk memudahkan latihan penulisan.

Selain itu, sekarang sudah ada sistem yang memudahkan bagi orang asing yang ingin belajar Bahasa Mandarin. Sistem ini dinamakan Pinyin, yaitu suatu metode romanisasi untuk membantu pelafalan berbagai huruf Bahasa Mandarin.

Dalam Bahasa Mandarin juga tidak dikenal perbedaan antara kata singular atau plural. Contohnya jika dalam Bahasa Inggris akan muncul imbuhan –s atau –es untuk menandakan kata berjumlah plural.

Pada Bahasa Mandarin, semua kata benda akan memiliki bentuk yang sama, tidak peduli apakah itu singular atau plural.

Huruf yang merupakan coretan bermakna

Bagi para pemula yang baru mengenal Bahasa Mandarin, pasti menganggap mempelajari Bahasa Mandarin sangat sulit dan asing. Semua hurufnya terlihat rumit dan berbeda-beda satu sama lain.

Padahal, jika diperhatikan baik-baik, setiap coretan dalam aksara Hanzi memiliki bentuk yang unik. Selain itu, banyak kata yang memiliki dasar Hanzi yang sama, sehingga tidak sulit untuk dibedakan.

Sebagai contoh aksara Hanzi untuk gunung yang memang memiliki bentuk yang terlihat seperti deretan pegunungan. Selain itu ada juga kata-kata seperti kakak perempuan, ibu, nenek, dan bibi yang kesemuanya mengandung unsur huruf Hanzi yang berarti perempuan.

Banyak orang yang kesulitan juga mengenali teknik pengucapan untuk tiap hurufnya. Jika diperhatikan dengan baik, ada komponen atau garis dalam huruf Bahasa Mandarin yang juga menandakan cara pelafalannya.

Seperti misalnya, jika anda menemukan bentuk yang sama pada beberapa kata, itu bisa mengindikasikan bahwa kata-kata tersebut memiliki pengucapan yang hampir sama. Yang membedakan kata-kata tersebut adalah intonasi atau nada yang digunakan.

baca juga

Karakter tertua di dunia

Sistem penulisan huruf dalam Bahasa Mandarin, atau yang dikenal dengan istilah Hanzi, merupakan salah satu teknik penulisan tertua di dunia. Dalam perkembangannya, di dunia modern sekarang ada dua jenis teknik penulisan yang banyak digunakan, yaitu versi tradisional dan versi simplified.

Versi tradisional banyak digunakan diTaiwan, Macau, dan Hong Kong, versi ini memiliki lebih banyak garis dan secara keseluruhan lebih rumit. Sedangkan versi simplified banyak digunakan di Cina, versi ini bentuknya lebih sederhana dibandingkan versi tradisional.

Bagi yang berminat untuk belajar Bahasa Mandarin, bisa mengikuti kursus yang materi pembelajarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Selain itu, di lembaga kursus anda juga akan diajar oleh pengajar yang profesional.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.