Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Cara Paling Tidak Umum Tapi Sangat Ampuh Untuk Belajar Bahasa Asing

bahasa asing lister

Sudah berapa metode yang dipakai tapi hasilnya nihil? Sudah menghabiskan banyak uang untuk ikut les tapi skor masih belum sesuai target?

Simak langkah-langkah paling tidak umum berikut untuk belajar bahasa asing tapi sangat ampuh jika dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh lho!

cara paling umum dan sangat ampuh
Indahnya memandang kamu di masa depan yang sudah jago bahasa asing

Niat Sungguh-Sungguh

Tips yang pertama adalah berniat sungguh-sungguh. Mau tips ampuh yang bagaimanapun, pasti tidak akan berhasil menguasai jika pupus di tengah jalan. Ketika ingin menguasai suatu bahasa, pondasinya adalah berlatih terus menerus. Sama dengan anak bayi pertama kali bicara. Bayi bisa bicara karena selalu mendengarkan Ayah Ibunya dan terus mencoba bicara.

Tentukan Alasan Terbesar

Kalau kamu ingin belajar bahasa Prancis dengan tujuan enam bulan lagi akan berwisata ke Paris, berarti langkah yang harus diambil berbeda dengan orang-orang yang belajar bahasa karena ingin belajar sastra dan budaya. Beda juga dengan orang-orang yang akan melanjutkan kuliah atau bekerja ke La Rochelle.

Tentukan Satu Tujuan

Kamu ingin berwisata ke negara target selama dua minggu? Kuasai materi seperti greetings, perkenalan diri, berhitung, basic conversation, atau menanyakan arah. Materi-materi itu akan sangat berguna.

Atau, kamu ingin bekerja di negara target? Awesome! Tentu kamu harus belajar menyimak berita-berita di internet atau di televisi. Apakah kamu perlu menguasai teknik presentasi dan berbicara dalam bahasa target? Bagaimana dengan kehidupan sehari-hari, apakah kamu sudah mampu berdiskusi dan mengobrol dalam bahasa target? Mungkin kamu juga perlu sekali untuk terbiasa dengan lagu dan film bahasa target, karena kamu butuh refreshing kan?

Jadi, kamu ingin mengambil studi sastra dan budaya negara target saja?

Saatnya Beraksi, Take Action!

Kalau kamu akan berwisata, kamu hanya perlu percakapan dasar, kamu bisa gunakan trik saat pertama kali belajar bahasa target.

Dengarkan podcast ‘Coffee Break’. Mulailah belajar bahasa asing dari mendengarkan dan berbicara.

main qimg 3505c1485dc8a3faaa1d99b314462d12 lq

Buat kamus bahasa target pribadi

Belajar konjugasi dasar

Banyak konjugasi bahasa target yang bisa dibilang rumit, karena bentuknya sangat beragam. Jadi, kalau kamu hanya akan sightseeing saja di negara target, tidak perlu membebani diri sendiri.

Menghapal gender kata benda.

Kata benda yang kira-kira akan sering kamu gunakan saja: makanan, tempat wisata, keluarga, dan sebagainya.

Beli saja kamus saku atau unduh e-dictionary bila perlu 

Itu bila kamu berniat belajar bahasa target untuk berwisata. Kalau untuk melanjutkan kuliah atau bekerja, tentu ada langkah-langkah lainnya lagi.

Mulai pelajari tata bahasa yang lebih luas

Kalau sebelumnya kamu hanya mempelajari konjugasi untuk ‘masa sekarang’, ‘masa lalu’, dan ‘masa depan’, coba pelajari konjugasi-konjugasi lain yang lebih rumit. Selain konjugasi, kamu perlu mulai mempelajari apa itu ‘artikel’ bahasa dan tentunya menambah pembendaharaan kosa kata. Mungkin kamu perlu mengambil kursus bahasa bisa online atau offline seperti Lister. Di Lister, kamu bisa belajar bahasa asing apa saja bersama tutor-tutor terbaiknya. Kalau kamu berani otodidak, silakan bisa andalkan aplikasi Word Reference. No problem!

Sering-sering dengarkan lagu bahasa target

Kalau terlalu berat, kamu sama sekali tidak tahu arti lagu tersebut, coba dengarkan cover lagu-lagu yang kamu familiar, namun dalam bahasa target kamu. Setelah itu, kamu bisa dengarkan lagu asli bahasa target.

Tonton dan nikmati film-film atau berita dalam bahasa target

Perhatikan intonasi dan pelafalan mereka. Namun, alangkah baiknya dapat mengikuti apa yang mereka sampaikan. Minimal memahami, sudah cukup!

Buka situs koran online bahasa target

Mulailah baca koran harian dalam bahasa target. Untuk referensi koran online bahasa target saya: bahasa Prancis, bahasa Itali, bahasa Spanyol, dan bahasa Jerman. Siapkan kertas, bila tiba-tiba kamu menemukan kosa kata baru, atau kamu tidak bisa mengartikan suatu kalimat. Kalau menemukan hambatan ini, catatlah kosa kata atau kalimat tersebut. Make note, buka kamus, terjemahkan!

Waktunya mencari teman

Cari teman-teman natives, baik dari institut bahasa target ataupun komunitas bahasa asing seperti Listerclub. Seringlah ajak mereka ngobrol. Pelan-pelan, asal terbiasa dan percaya diri. kamu bisa bertanya rekomendasi film, musik, atau apapun itu. Pokoknya, latihan bicara sampai kamu merasa cukup lancar untuk menyampaikan hal-hal dalam pikiran dan tidak menemukan banyak masalah dalam listening.

Beli kamus yang lebih lengkap, kamus adalah investasi

Dan yang terakhir, bila kamu akan mempelajari sastra, sejarah, dan budaya dari bahasa dan negara target, dimana:

  • Kamu akan berhadapan dengan bahasa target dari abad lampau hingga bahasa daerah di negara target.
  • Kamu akan mempelajari mengapa kata benda bahasa target memiliki jenis kelamin.
  • Kamu akan belajar menganalisis bahasa target dalam media sosial, lirik lagu, novel.
  • Kamu akan belajar mengenai fashion, musik, makanan, dan jurnalistik di negara target.
  • Kamu akan membaca cerita klasik bahasa target. Cerita-cerita yang kosa katanya tidak terdengar familiar dan ‘unik’. Ya, bahasa kuno.

Untuk tujuan ini, maka tidak ada cara lain selain tekun belajar, berani mengoreksi diri sendiri, berani bertanya dan berdiskusi pada dosen, serta terus berlatih.

Selamat mencoba!