Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Cara Meningkatkan Listening Skills dengan Cepat

cara meningkatkan listening skills

Kemampuan mendengarkan atau listening skills menjadi hal yang sering ditakutkan mereka yang sedang belajar bahasa Inggris. Alasannya adalah keterbatasan vocabulary dan aksen si pembicara yang membuat perkataannya sulit didengar.

Walaupun begitu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan listening skills dengan cepat. Simak penjelasannya.

Apa itu Listening Skills?

Listening skills adalah kemampuan menerima dan menginterpretasi pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi secara tepat.

Listening adalah kunci komunikasi yang efektif. Tanpa kemampuan ini, pesan yang disampaikan bisa jadi disalahpahami. Maka dari itu, listening menjadi salah satu skills paling penting yang harus kamu miliki.

Cara Meningkatkan Listening Skills

1. Tetapkan Tujuanmu: Menjadi Ahli dalam Berbahasa Inggris

Sebelum mulai, posisikan pikiranmu pada keinginan belajar. Fokuslah pada tujuanmu.

2. Sukai Apa yang Kamu Pelajari: Gunakanlah Bahasa Inggris Sesering Mungkin

Jika kamu menyukai bahasa Inggris, kamu akan lebih mudah mempelajarinya. Kamu bisa melakukannya dengan mendengarkan lagu atau menonton film berbahasa Inggris.

Buatlah pikiranmu terbiasa mendengarkan bahasa Inggris.

3. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan dengan Bahasa Inggris: Menonton Film dan Mendengarkan Lagu

Buatlah pelajaran bahasa Inggris menjadi sesuatu yang menyenangkan. Pilih film yang kamu sukai. Lalu tonton, dengarkan dialognya, dan ulangi hal ini lebih dari satu kali.

Tanpa disadari, kamu akan merasakan dialognya tertanam di kepala dan menambah vocabulary-mu.

4. Ulangi Kembali Lagu atau Film yang Kamu Tonton

Pada tahap ini, kamu tidak hanya meningkatkan kemampuan mendengarkan, tetapi juga kemampuan berbicara. Sementara itu, catatlah vocabulary yang menarik bagimu. Ulangi kembali dialog yang kamu sukai.

5. Jangan Terburu-Buru: Tingkatkan Kemampuanmu Perlahan-Lahan

Menjadi mahir berbahasa Inggris membutuhkan waktu, mulai dari percakapan yang singkat dan sederhana sampai yang rumit dan panjang.

Jangan terburu-buru dalam mempelajarinya, karena hanya akan membuatmu tertekan. Belajarlah dengan senang hati agar kamu sendiri tidak mudah menyerah.