Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Cara Kuliah di Amerika, Kamu Wajib Tahu!

Kuliah ke Amerika

Sebagai seseorang yang belum pernah ke luar negeri, tentu perkara kuliah di luar negeri adalah kondisi yang masih asing dan tidak pernah terbayang sebelumnya. Boro-boro ke luar negeri, bisa kuliah aja sudah syukur!

Mungkin ada sebagian yang masih berpikir seperti itu, tidak salah memang. Namun, dalam era digital seperti saat ini, akses informasi pendidikan semakin mudah terjangkau. Seseorang yang kuliahnya di daerah, sudah tidak kesusahan mencari informasi peluang beasiswa karena adanya teknologi.

Lalu, bagaimana jika kamu bercita-cita melanjutkan studi di Amerika? Sudah tau tata caranya? Jika belum, simak artikel ini sampai akhir ya!

Kuliah di Amerika

Sebagai calon mahasiswa internasional, ada 5 langkah dasar yang harus kamu persiapkan untuk belajar di universitas AS. Apa saja?

Baca juga: Jika Ingin Kuliah di US, 5 Hal Penting Wajib Kamu Persiapkan

Riset Program Studi dan Universitas

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memutuskan program yang akan diikuti diantaranya; associate, bachelor, first-professional, master, advanced intermediate, and research doctorate. Setelah itu, tentukan program studi dan universitas mana yang akan dipilih. Ini seringkali merupakan tugas yang rumit, karena kamu perlu mengetahui banyak informasi untuk membuat pilihan yang baik.

Jika kamu tidak tahu bagaimana melakukannya, kamu dapat mempertimbangkan untuk menghubungi sebuah lembaga konsultan pendidikan yang tersedia di kota kamu. Kantor seperti itu biasanya dapat memberikan saran bagus tentang sekolah yang harus kamu pertimbangkan.

Menyiapkan Beasiswa/Sumber Dana

Pemerintah AS tidak memberikan pinjaman, hibah, atau bantuan beasiswa untuk siswa internasional. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan dana sendiri atau mendaftar beasiswa. Macam-macam beasiswa yang bisa kamu pertimbangan, diantaranya; LPDP, Fullbright, Chevening Scholarship, dan lain-lain.

Menghubungi Kantor Penerimaan Universitas yang Dituju

Setelah memutuskan universitas mana yang menarik dan potensial, langkah selanjutnya adalah menghubungi Kantor Penerimaan di setiap universitas dan meminta aplikasi penerimaan untuk studi pascasarjana. Aplikasi ini akan memberi kamu detail tentang proses di setiap institusi. Sembari menunggu, saatnya kamu mengambil TOEFL iBT atau IELTS dan ujian lainnya yang diwajibkan oleh sebagian besar institusi.

Melengkapi Aplikasi Pendaftaran

Langkah ketiga adalah melengkapi aplikasi dan mengatur agar semua catatan studi dapat dikirim secara aman kepada alamat yang dituju. Biasanya di website universitas tersebut, sudah tertera form application submission yang bisa didownload. Setelah dilengkapi, kamu bisa langsung mengirimkan melalui link form yang tersedia.

Menunggu Pengumuman (LoA)

Langkah terakhir yang sangat membutuhkan kesabaran. Kamu harus menunggu sampai universitas membuat keputusan penerimaan mereka. Ini bisa memakan waktu, jadi bersabarlah (maka alangkah lebih baik jika lakukan lebih awal!).

Ketika pengumuman telah diterima, biasanya kamu akan dikirimi formulir yang disebut I-20, yang merupakan dokumen yang kamu perlukan untuk mendapatkan visa pelajar. Ambil formulir I-20 dari universitas yang kamu inginkan untuk hadir di Kedutaan Besar atau Konsulat AS terdekat. Ambil paspor kamu dan bukti dukungan keuangan (laporan bank, penghargaan beasiswa, dll.). Di sana kamu akan mendapatkan status visa pelajar, yang biasanya berupa visa F-1.

Setelah diwawancarai dan menerima persetujuan, visa akan dicap di paspor. Selamat! kamu siap untuk datang ke AS dan mulai belajar. Buat pengaturan perjalanan lebih awal untuk menghindari hal yang tidak mengenakkan di akhir ya.

Itulah beberapa cara untuk kuliah di Amerika khusus mahasiswa internasional yang berminat ke sana. Tahapan ini juga bisa menjadi referensi kamu. Jangan lupa untuk menyiapkan segala dokumen di awal-awal alias tidak mepet. Sebab, tidak semua dokumen bisa didapat dengan cepat dan dalam waktu singkat. Misalnya, skor IELTS dan atau TOEFL iBT yang memiliki standar minimum tersendiri. Apakah sudah siap?

Lister telah menyiapkan tutor-tutor terbaik dari dalam dan luar negeri yang siap membantu kamu meraih pengalaman belajar bahasa asing, bahasa Inggris, dan test preparation yang menyenangkan. Daftar sekarang!

Kursus IELTS Online
Kursus IELTS Online

Sumber gambar: freepik.com

Ref:

How do I begin if I want to study in America? – https://www.studyusa.com/en/a/182/how-do-i-begin-if-i-want-to-study-in-america

Learn English and Attend College in the U.S. – https://www.usa.gov/study-in-US