Cara Efektif Belajar IELTS di Era Pandemi

https://lister.co.id/ – Perkembangan teknologi mau tidak mau terus membuat perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia. Seperti di sektor ekonomi, sektor pendidikan, hingga sektor kesehatan. Mencantumkan skor IELTS di beberapa lowongan pekerjaan menjadi salah satu contoh pengaruh teknologi informasi sektor ekonomi di bidang bahasa.

Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang tingkatnya setara dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa dasar yang wajib dikuasai oleh calon pelamar pekerjaan. Meski tidak semua pekerjaan membutuhkan kemampuan bahasa Inggris, namun IELTS dinilai penting untuk meningkatkan kinerja pekerjaan nantinya.

Pengertian IELTS

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan sistem tes kemampuan bahasa Inggris bertaraf internasional. Biasanya, tes ini diselenggarakan oleh lembaga dari Australia dan Inggris, seperti Cambridge University, British Council dan IDP Educational Australia. Namun saat ini, penyedia tes IELTS telah tersebar di berbagai negara di dunia.

Tes ini sudah terbentuk sejak tahun 1989 dan terus berkembang dan bertahan hingga saat ini. Tes IELTS biasa dipakai untuk keperluan pendidikan – seperti studi luar negeri, keperluan pekerjaan hingga keperluan imigrasi atau perpindahan tempat tinggal sementara ke luar negeri.

Format Tes IELTS

Tes IELTS tersusun dari empat unsur keterampilan, yakni listening atau tes kemampuan mendengarkan, reading atau tes kemampuan mendengarkan, speaking atau tes kemampuan berbicara, dan writing atau tes kemampuan menulis.

Bentuk Tes IELTS

Terdapat 3 jenis tes IELTS, antara lain:

  1. IELTS Academic – jenis tes ini diperuntukkan untuk peserta yang hendak melanjutkan studi atau ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi di negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Skor dari tes IELTS ini berlaku untuk mendaftar semua level pendidikan, mulai dari program Sarjana hingga program Doktoral. Nilai tes IELTS Academic juga berlaku ntuk bergabung dengan organisasi profesi di negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.
  2. IELTS General Training – jenis tes ini diperuntukkan untuk peserta yang hendak melakukan pelatihan non-akademik atau untuk mereka yang ingin mendapatkan pengalaman kerja melalui program intern atau magang. Juga untuk calon siswa yang akan masuk ke sekolah menengah. Jenis tes ini juga diterima sebagai bukti kompetensi bahasa Inggris di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Selandia Baru.
  3. IELTS Life Skills – jenis tes ini diperuntukkan untuk proses kepindahan atau proses imigrasi ke negara Inggris. Berbeda dengan 2 tes sebelumnya, tes ini hanya menguji kemampuan listening dan speaking dari pesertanya. Tes IELTS Life Skills A1 digunakan untuk mendapatkan visa dengan alasan imigrasi atau pindah negara mengikuti keluarga. Sedangkan, tes IELTS level B1 diperuntukkan mendapatkan status kewarganegaraan secara permanen atau permanent residence.

Rata-rata waktu tes IELTS adalah 2 jam 45 menit, dimana peserta akan mengisi seluruh pertanyaan yang terbagi dalam 4 jenis tes yang telah dijelaskan di atas. Pelaksanaan waktu tes ini dapat berbeda bergantung dari intansi yang melaksanakan tes tersebut. Tes IELTS dapat dibagi menjadi dua sesi, yakni tes listening, writing dan reading akan dilaksanakan dalam waktu yang sama secara berurutan, kemudian tes speaking di sesi waktu yang berbeda.

Hasil tes akan segera diumumkan setelah peserta selesai melakukan tes. Hasil paling sempurna dari tes IELTS adalah mencapai angka 9, dimana peserta tersebut benar-benar menguasai semua bidang yang diujikan. Untuk peserta yang melakukan tes dengan tujuan bersekolah di luar negeri, angka minimal kelulusan tes IELTS berkisar dari 6,0 sampai 7,0 bergantung pada intansi terkait.

Untuk melakukan satu kali tes IELTS, peserta diharuskan membayar sebesar 2,5 juta sampai 2,6 juta rupiah, bergantung pada instansi yang menyelenggarakan serta perbedaan daerahnya.

Dengan harga yang cukup menguras kantong, tentu sangat disayangkan apabila mengalami kegagalan di tiap tes nya. Tidak semua masyarakat memiliki budget atau dana yang cukup untuk melakukan tes IELTS berulang kali.

Sudah banyak lembaga pendidikan bahasa asing yang menyediakan jasa IELTS preparation atau mempersiapkan diri menuju tes IELTS dengan kisaran harga yang bervariasi. Biasanya, calon peserta tes akan hadir di kelas-kelas tertentu guna menerima materi persiapan tes dan melakukan konsultasi dengan para pengajar.

Namun, cara ini cukup susah dilakukan untuk mereka yang memiliki waktu luang yang terbatas di sela-sela pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Tapi jangan khawatir, ternyata masih ada lembaga pendidikan bahasa asing yang dapat menyesuaikan sistem belajar mengajar dengan kebutuhan waktu dari para peserta didiknya.

baca juga

Mempersiapkan Tes IELTS bersama Lister

Lister sebagai one stop learning platform menghadirkan berbagai jasa bimbingan bahasa asing untuk mereka yang ingin mengembangkan kemampuan bahasa mereka, salah satunya persiapan tes IELTS.

Lister hadir dengan fasilitas dan layanan yang sangat memanjakan peserta didiknya, dimana kita dapat menyesuaikan jadwal tatap muka mengikuti waktu luang yang kita miliki. Selain itu, program belajar mengajar yang dilakukan secara online memberi kita kesempatan untuk belajar dimana saja dan kapan saja.

Melalui aplikasi Zoom, para peserta didik akan melakukan tatap muka dengan para tutor guna menghadirkan kualitas belajar mengajar secara maksimal. Kurikulum mengacu pada kurikulum internasional, yakni CEFR, juga menjadi nilai tambah untuk memakai layanan Lister dalam meningkatkan persiapan tes IELTS kita.

Selain pembelajaran secara online, modul pembelajaran Lister juga sangat mudah dipahami dan diaplikasikan oleh para peserta didik. Lister sendiri menggunakan buku-buku cetakan internasional sebagai acuan, seperti Macmillan, Cambridge University Press, Oxford University Press, dan Pearson & Longman.

Lister akan terus memantau dan membimbing peserta didik melalui program leveling, dimana terdapat evaluasi secara rutin dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan para peserta didik. Tutor akan memastikan bahwa setiap peserta akan lolos dengan nilai yang memuaskan.

Selain itu, Lister menyediakan sistem belajar intensif di tiap hari Senin higga Kamis setiap minggunya guna meningkatkan pemahaman para peserta didik mengenai materi yang ada. Tidak hanya itu, Lister menyediakan tim TI yang terus bersiaga selama 24 jam untuk menyelesaikan masalah mengenai materi dari para peserta didik.

Lembaga pendidikan Lister juga menyediakan kelompoksharing, dimana masing-masing peserta didik dapat berbagi mengenai kesulitan dan kendala mereka dalam memahami materi ataupun yang berkaitan dengan kendala bahasa yang mereka alami.

Belajar bahasa asing bersama Lister dan tutor native speaker terbukti meningkatkan rasa percaya diri para peserta didik dalam menguasai bahasa asing. Terlebih untuk mereka yang sedang mempersiapkan tes IELTS, dapat berkomunikasi dengan baik antara tutor dengan para peserta didik dapat menambah kepercayaan diri.

Untuk mengakses layanan persiapan tes IELTS, Anda dapat langsung mengunjungi laman website Lister dan mengontak narahubung yang tersedia melalui email dan aplikasi WhatsApp. Dalam laman tersebut juga tersedia testimoni dari para murid yang telah menikmati langsung layanan dan hasil yang memuaskan selama belajar dengan Lister.