Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Budaya Literasi Tak Sekadar Membaca, Ini Penjelasannya

budaya literasi

Tahukah kamu, menurut survei PISA yang dirilis OECD pada 2019, tingkat literasi Indonesia berada di nomor 62 dari 70 negara. Hal ini menunjukkan budaya literasi di Indonesia masih rendah.

Namun sudahkah kamu tahu apa itu literasi? Literasi ternyata tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca, lho. Berikut penjelasannya lebih lengkap.

Apa itu Literasi?

Literasi adalah kecakapan dalam mengakses, menggunakan, dan memahami sesuatu dengan cerdas lewat sejumlah kegiatan, termasuk di antaranya membaca, melihat, menyimak, menulis, atau berbicara. Ada pula yang mengartikan literasi secara sederhana sebagai kecakapan membaca dan menulis.

Secara luas, literasi berarti melek aksara. Literasi yang dimaksud di sini bermacam-macam, yakni mulai dari literasi komputer, virtual, matematika, dan lain-lain.

Tujuan Literasi

Setelah memahami penjelasan tentang literasi, mungkin kamu sudah memiliki gambaran terkait tujuan literasi. Untuk lebih lengkapnya, ada di penjelasan berikut ini.

1. Menambah pengetahuan dengan cara membaca informasi yang bermanfaat.

2. Menambah tingkat pemahaman dalam menyimpulkan informasi yang dibaca.

3. Menambah kecakapan seseorang dalam mengkritisi suatu karya tulis, termasuk tulisan akademis.

4. Menumbuhkan budi pekerti dalam diri seseorang.

5. Menambah nilai kepribadian seseorang.

6. Mengembangkan budaya literasi di tengah masyarakat.

7. Menambah kualitas penggunaan waktu seseorang.

Jenis-Jenis Literasi

Saat ini istilah literasi sudah dimaknai secara jamak. Namun secara sederhana literasi merujuk kepada kemampuan membaca dan menulis. Berikut ini beberapa jenis literasi.

1. Literasi Dasar

Literasi dasar berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, menyimak, bahkan berhitung. Tujuannya adalah mengoptimalkan kemampuan seseorang dalam aspek-aspek tersebut.

2. Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengerti dan membedakan karya tulis fiksi dan non-fiksi. Jenis literasi ini berkaitan pula dengan kemampuan menggunakan katalog, menggunakan indeks, serta memahami informasi saat menulis karya penelitian.

3. Literasi Media

Literasi media berkaitan dengan kemampuan mengetahui dan membedakan berbagai jenis media. Contohnya media cetak dan media elektronik.

4. Literasi Teknologi

Literasi teknologi berkaitan dengan kemampuan mengetahui dan membedakan berbagai macam teknologi. Contohnya mampu menggunakan internet.

5. Literasi Visual

Literasi visual berkaitan dengan kemampuan menginterpretasikan dan memaknai informasi dalam bentuk gambar atau secara visual.

kelas bahasa asing Lister
kelas bahasa asing Lister