10 Makanan Khas Jerman yang Populer, Wajib Dicoba!

makanan khas jerman

Makanan khas Jerman dikenal dengan roti-rotian dan juga dagingnya,  perpaduan daging dan roti khas Jerman tentunya cukup membuat lidah Indonesia kita penasaran. 

Mengetahui makanan khas Jerman membuat kamu bisa mencoba resep dan juga menjadi ide kuliner jika kita lagi berkunjung di Jerman.  Bagaimana sih rasa makanan Jerman? Apa yang khas untuk dicoba ketika kita visit Germany? 

Rekomendasi kursus : Kursus Bahasa Jerman

10 Makanan khas Jerman yang wajib dicoba 

Ngomongin makanan khas Jerman apa sih yang muncul di pikiran kamu?  cek referensi makanan khas Jerman yang terkenal  dan tentu saja lezat berikut ini

1. Bratwurst 

Bratwurst Adalah makanan khas Jerman  yaitu sosis daging babi.  Kebanyakan  masyarakat Jerman menggunakan daging babi atau bisa menggunakan daging sapi muda yang dihaluskan dan dibentuk seperti sosis. 

Bratwurst salah satu makanan Jerman yang terkenal yang memiliki arti brat daging cincang sedangkan wurst berarti sosis. 

makanan khas jerman
Bratwurst | Sumber gambar : Freepict

Bratwurst Atau juga dikenal sosis khas Jerman ini cukup disukai dan menjadi makanan khas di Jerman karena rasanya yang enak dan penyajiannya yang bisa dipadukan berbagai pelengkap. 

Bratwurst  ini merupakan campuran daging (babi maupun sapi)  dengan bumbu rempah yang kental seperti bawang putih dan juga jintan. 

Sama seperti tempe dan tahu di Indonesia, Bratwurst  sudah sangat dekat di masyarakat Jerman.  Bahkan  ada pada berbagai hidangan sehari-hari maupun di festival. 

Mungkin anda suka : 10 Makanan Khas Korea, Sensasi Rasa yang Menggugah Selera

2. Sauerbraten 

makanan khas jerman
Sauerbraten | Sumber gambar : Recipe Atlas

Sauerbraten merupakan makanan tradisional Jerman  yaitu daging sapi yang direndam dalam larutan anggur merah dan cuka untuk kemudian dimarinasi selama 5 sampai 15 hari agar daging empuk.  Kemudian dipanggang dan disajikan bersama saus  dengan pelengkap kentang  atau bisa menggunakan salad.

Makanan ini menjadi makanan khas Jerman yang juga termasuk dalam makanan tradisional yang sekarang cukup populer dan banyak dihidangkan di restoran Jerman. 

Proses pembuatan sampai dengan penyajian Sauerbraten  ini tidak mudah sehingga banyak orang yang membeli dan menikmatinya di restoran atau jika memasak sekaligus dalam jumlah besar. 

. Pretzel 

makanan khas jerman
Pretzel | Sumber gambar : Wikipedia

Apakah kamu pernah melihat  roti khas Jerman yang bentuknya cukup unik dan populer di berbagai film?  namanya adalah pretzel. 

 makanan khas Jerman yaitu roti panggang yang berbentuk  simpul yang memiliki tekstur renyah di luar namun lembut di dalam. 

Sekarang memang banyak tersedia varian pretzel dengan rasa manis dan memiliki warna.  Namun  original pretzel adalah memiliki rasa asin dan juga berwarna coklat khas roti panggang  yang  renyah namun lembut di dalamnya. 

Pretzel merupakan makanan yang dekat dengan masyarakat Jerman,  sebagai camilan pendamping bir  dan juga selalu hadir dalam festival besar di Jerman. Tentu saja Pretzel masuk sebagai makanan Jerman halal yang bisa dicoba! 

4. Black forest

makanan khas jerman
Black forest | Sumber gambar : NYT Cooking

Jika kamu mencari makanan manis untuk dessert maka black forest adalah salah satu Dessert Khas Jerman yang cukup populer  bahkan di dunia. 

Kue black forest merupakan bolu coklat yang dilapisi krim dan juga ada serutan coklat dan cherry yang khas. 

Kenapa dinamakan black forest?  kue ini  memang dikenal berasal dari  daerah black forest Jerman namun penemu resepnya berada di dekat black forest sehingga ia memberi nama kue black forest. 

Di Jerman kamu bisa merasakan rasa asli otentik dari kue black forest ini.  di Jerman kue black forest dikenal dengan nama Schwarzwälder Kirschtorte. 

5. Spätzle 

images
Spätzle | Sumber gambar : Simpli Recipe

Spätzle adalah makanan tradisional dari Jerman yang mirip dengan pasta.  Menggunakan lelehan keju dan bumbu bawang putih membuatnya juga mirip dengan mac and cheese. 

Spätzle menjadi makanan khas Jerman karena sangat umum disajikan dalam hidangan keluarga sehari-hari dipadukan dengan berbagai hidangan yang lain  seperti Sauerbraten dan juga Gulasch. 

Jika kamu mencari referensi makanan Jerman yang mudah dibuat dan bisa dikombinasikan dengan makanan Jerman lainya, maka Spätzle bisa menjadi pilihan. 

Sampai saat ini Spätzle  umum disajikan di berbagai perayaan keluarga,  Festival dan juga menjadi makanan pokok di bagian Jerman Selatan. 

Rekomenasi artikel : 10 Makanan Khas Turki yang Terlezat, dari Pilav hingga Boza

6. Kartoffelpuffer

kartoffelpuffer default
Kartoffelpuffer | Sumber gambar :
Gutekueche.at

Dessert Khas Jerman selanjutnya adalah Kartoffelpuffer. 

Kartoffelpuffer Juga bisa kita kenal dengan istilah potato pancake. Dibuat dengan menggunakan kentang yang diparut dan dicampur dengan  bawang putih,  tepung dan telur kemudian digoreng kering namun lembut di dalam dan disajikan bersama saus apel. 

Kartoffelpuffer  sangat umum disajikan sebagai snack untuk sarapan pagi. Makanan camilan ini banyak ditemukan di berbagai Festival atau pasar malam di Jerman. 

7. Rouladen

download
Rouladen | Sumber gambar : meine-familie-und-ich

Ingin merasakan makanan yang gurih dan empuk dari daging?  kamu bisa mencoba rouladen.  makanan khas Jerman yang terbuat dari irisan daging tipis digulung dan diisi dengan Bacon,  bawang,  acar dan Mustard yang kemudian dimasak dalam saus hingga empuk dan bercita rasa. 

 kamu bisa menikmati Rouladen bersama sayuran ataupun kentang rebus.  makanan ini termasuk dalam makanan  tradisional Jerman yang umum disajikan pada acara Natal Paskah ataupun acara keluarga.  Dibuat pada abad ke-19 yang populer sampai sekarang. 

8. Currywurst 

Makanan yang populer di Jerman lainnya adalah Currywurst yang merupakan  makanan berbahan dasar dari sosis bratwurst yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan saus kari yang berbumbu dan kentang goreng. 

Jika kamu berkunjung di Jerman Currywurst  adalah salah satu makanan yang mudah ditemui di mana saja karena banyak disajikan untuk berbagai kalangan. 

Currywurst  dikenal dengan harganya yang terjangkau dan enak di lidah. Kamu pasti suka! 

9. Schweinshaxe

Makanan khas Jerman lainnya yang layak untuk dicoba adalah Schweinshaxe. Merupakan paha babi panggang Bagian luarnya dikeringkan sampai renyah sementara bagian dagingnya dibuat lembut dan juga. 

Proses penyajian Schweinshaxe Biasa disajikan dengan kuah dari kaldu lemak pemanggangan dan juga bisa menggunakan kubis fermentasi maupun pangsit kentang atau roti. 

Jika kamu mengikuti oktoberfest di Jerman Apa makanan ini pasti akan dengan mudah dijumpai. 

Schweinshaxe Tidak boleh ditinggalkan Jika kamu ingin merasakan masakan Jerman yang autentik dan tradisional juga lezat. 

10. Schnitzel

Jika kamu mengerti Katsu dalam makanan Jepang maka snitzel ini juga mirip dengan katsu.  di mana daging sapi atau babi atau ayam dipipihkan kemudian dilapisi dengan tepung roti dan digoreng hindarannya. 

Makanan pendamping untuk smit sel ini adalah salad kentang,  kentang goreng maupun salak timun dan dipadukan dengan irisan lemon yang segar. 

Schnitzel Merupakan makanan khas Jerman yang dekat dengan masyarakat dan banyak dijumpai di berbagai toko maupun hidangan sehari-hari. Jika kamu mencari makanan jerman halal  maka Snitzel bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Itulah beberapa jenis makanan khas Jerman yang populer dan wajib dicoba  Jika kamu berkunjung di negara Jerman. 

Atau kamu juga bisa membuat hidangan Jerman yang simpel dan dibuat di rumah. Dapatkan kenikmatan masakan Jerman ini! 

Mungkin anda suka : Inilah 10 Makanan Khas Jepang yang Otentik, Wajib Dicoba!

Belum liburan ke Jerman pelajari dulu bahasanya! 

Kamu bisa belajar bahasa Jerman dengan lengkap dan terarah bersama Lister. Tutor terbaik Lister siap membagikan informasi pembelajaran bahasa Jerman untuk membantu kamu lebih fasih dalam komunikasi sehari-hari. 

Ada kursus bahasa Jerman untuk komunikasi dan juga kursus bahasa Jerman untuk persiapan GOETHE. 

Kelas  di lister dilakukan secara online dengan jam belajar yang fleksibel dan juga tutor yang friendly

Ada banyak promo dan juga program cicilan yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan pembelajaran kamu di Lister. 

Kamu bisa Cek Instagram Lister untuk dapatkan informasi promo, insight dan juga hal baru terkait pembelajaran maupun pengetahuan yang menarik. 

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts