Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Leiden, Universitas di Belanda yang Istimewa

Leiden University

Selain negara Inggris, Belanda juga menjadi salah satu negara favorit para pelajar dari Indonesia. Ada berbagai jurusan di Belanda yang menjadi favorit, diantaranya jurusan hukum dan sejarah. Kali ini, Lister akan membahas salah satu universitas terbaik di Belanda versi QS World University Rankings 2021 yaitu Universitas Leiden.

Universitas Leiden, setiap tahun, ada sejumlah 23 ribu mahasiswa memilih kampus ini sebagai tujuan kuliah di Belanda untuk berbagai program sarjana hingga doktor. Tak heran, universitas ini menjadi universitas tertua dan terbaik di Belanda. Jadi, reputasinya sudah tidak diragukan lagi.

Asal Muasal Universitas Leiden

Universitas Leiden didirikan pada tahun 1575 oleh William I, merupakan induk dari 40 institusi riset yang memiliki hubungan dengan banyak pemimpin nasional maupun internasional.

city of leiden with his canals in early morning sun picture

Pada dasarnya, pendirian Universitas Leiden merupakan bentuk hadiah dari pihak Kerajaan kepada kota Leiden karena upaya mereka dalam menahan serangan Spanyol pada saat Perang Delapan Tahun. Sehingga, Leiden University pun menjadi universitas tertua di Belanda.

Unggul dalam hal riset, Leiden University berhasil menarik banyak peneliti berbakat untuk bergabung dengan Leiden. Jika kamu bisa menjadi mahasiswa di sana, peluang untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian sangat terbuka lebar.  Sebagai kampus tertua, tentunya kamu akan menemui pelajar-pelajar hebat dari berbagai negara. Selain itu, iklim dan mood belajar di Leiden begitu tinggi dan banyak orang hebat yang pernah belajar di kota ini.

Atmosfir keilmuan itu bisa dirasakan di Universitas Leiden. Menelusuri universitas tertua Belanda ini, sama halnya menulusuri luasnya cakrawala berpikir. Kita bisa menikmati kehidupan kampus ini dengan penuh riset dan belajar yang begitu tinggi sekaligus bertemu dengan ilmuan-ilmuan hebat di dunia.

Tinggal di sebuah kota yang indah dengan kanal-kanal tuanya, masyarakat yang dinamis, bersahaja, ramah dan melewati hari-harinya dengan passionate. Semua tersaji di Kota Leiden, Belanda. Leiden, tempat yang tepat untuk berpikir, riset dan merancang narasi-narasi besar untuk kemajuan bangsa.

Tempat yang Tepat Untuk Belajar Hukum

Dilansir dari laman www.universiteitleiden.nl, Leiden Law School telah menduduki peringkat ke-32 di QS World University Rankings 2018. Fakultas hukum ini menduduki peringkat terbaik di Belanda dan kedelapan di seluruh Eropa.

Universitas ini berhasil menduduki peringkat ke-24 dari perguruan tinggi dunia.

Di Belanda, Leiden University termasuk kampus terbaik untuk jurusan hukum. Sampai detik ini sudah banyak mahasiswa asing bergabung di Leiden Law School. Ada beberapa program studi yang ada seperti kenotariatan, hukum perpajakan, atau kriminologi.

Kamu berencana melanjutkan studi di Belanda seperti di kota Leiden-Belanda? Yuk Belajar bahasa Belanda dulu di Lister!

Sumber:

Konten ini bersumber dari informasi Tutor Belanda di Lister, Riswan A.Md S.E.

Freepik.com